ucapan selamat hari raya idul fitri

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H Terbaru dan Terlengkap 2020

ucapan selamat hari raya idul fitri

Ucapan selamat hari raya Idul Fitri adalah kata-kata yang sering diucapkan seluruh umat Islam setelah melaksanakan ibadah puasa.

Meskipun Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya disebabkan pandemi virus corona yang mewajibkan kita untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Namun, tali silahturahmi kepada keluarga dan kerabat harus tetap terpelihara. Kurang dari 10 hari lagi akan semua umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Persiapan apa yang kamu siapkan saat hari itu tiba?

Pastinya kita tetap berbahagia merayakan hari kemenangan ini. Meskipun jauh dari saudara, yang kamu butuhkan adalah kata-kata ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Berikan ucapan terbaik kamu kepada orang terdekat mu sekarang. Sebagai contoh, simak ulasan berikut ini:

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Arab

ucapan selamat hari raya idul fitri

Banyak ucapan selamat hari raya Idul Fitri yang biasanya digunakan dalam mengungkapkan permohonan maaf kepada sesama saudara muslim. Namun, bagaimana cara mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri yang berbau islami?

Sejak dahulu di zaman Rasulullah Salallahu Alaihi Wa Sallam, ucapan selamat hari raya Idul Fitri merupakan ungkapan suka cita atas kemenangan dalam menjalankan ibadah Puasa Ramadhan.

Berikut ucapan selamat Idul Fitri dalam Bahasa Arab

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

Artinya:

“Semoga Allah menerima amal kami dan kalian”

Lantas bagaimana jawaban muslim lainnya?

Ucapan hari raya Idul Fitri yang digunakan oleh para sahabat Nabi saaat mereka bertemu di hari raya yakni Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

Lantas, bagaimana jawaban muslim lainnya setelah mendengar ucapan “Taqabbalallu Minna Wa Minkum”?

Seorang ulama pernah ditanya mengenai perihal ucapan di hari raya Idul Fitri dan juga Jawabannya. Imam tersebut merujuk pada hadist yang berisi kisah yang diriwayatkan oleh Abu Umamah.

Kisahnya mengenai penduduk Syam yang saling bertemu di hari raya Idul Fitri. Mereka mengucapkan ucapan hari raya Idul Fitri dengan hal yang diperbolehkan.

Namun, mengucapkan ucapan selamat tertentu sebenarnya tidak terlalu dianjurkan. Hanya saja, ketika orang lain mengucapkan kepada kita, dianjurkan untuk membalasnya.

Jawaban dari ucapan hari raya Idul Fitri juga sama dengan yang diucapkan kepada kita. Jawaban yang diucapkan adalah “Taqabbalallu Minna Wa Minkum” juga. Jadi, keduanya saling mendoakan.

6+ Contoh Teks Ceramah Agama Islam Beserta Dalilnya

Ucapan dan Kata-kata Selamat Hari Raya Idul Fitri

ucapan selamat hari raya idul fitri

  1. Kata maaf adalah pengakuan atas kesalahan dan memaafkan adalah penghargaan terhadap pengakuan kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir batin.
  2. Maaf memang tidak mampu mengubah masa lalu, tapi mampu mengubah masa depan. Selamat hari raya idul fitri 1441 H. Mohon maaf lahir batin.
  3. Ramadhan telah berlalu, fajar kemenangan telah menyambut. Membawa sinar terang kedamaian dan kesucian. Menebarkan berkah di hari yang fitri. Selamat hari raya idul fitri 1441 H/2020. Mohon maaf lahir batin.
  4. Dalam beningnya hati ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon  dimaafkan atas segala kesalahan. Selamat hari lebaran mohon maaf lahir batin.
  5. Tidak ada pemberian yang paling sempurna selain kata maaf darimu. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  6. Tidak ada pemberian yang paling indah dan paling mulia selain diberikan maaf darimu. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin
  7. Semoga di hari yang fitri ini, segala dosa dilebur dan kita menjadi suci kembali. Jika ada kata-kata dan perbuatan yang membekas luka, mohon dimaafkan. Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin.
  8. Di hari kemenangan ini, ijinkan aku memohon maaf atas khilaf yang pernah aku lakukan kepadamu. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  9. Keindahan ramadhan tetap bersinar seiring datangnya hari fitri. Minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin.
  10. Salah kata pernah terucap, salah sikap pernah terungkap, kembali fitrah selalu diharap. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir bathin.
  11. Orang yang paling mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain. Bersihkan diri sucikan hati di hari yang fitri. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.
  12. Dalam beningnya hati ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon dimaafkan segala kesalahan. Selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir batin.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dengan Pantun

ucapan selamat hari raya idul fitri

1. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri (Pintu Maaf Terbuka Meski Tidak Berjabat)

Jika lemari tak sempat berjabat
Jika ada kata menusuk hati
semoga pintu maaf masih terbuka
selamat hari raya Idul Fitri

2. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri (Barang Antik)

Barang antik jangan dimakan
Disimpan baik oleh pengantin
Saya cantik mohon dimaafkan
Maaf tulus lahir dan batin

3. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri (Cahaya Lilin)

Mati lampu saat bermain
ruangan gelap ku pasang lilin
Minal aidin wal faidzin
mohon maaf lahir dan batin

4. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri (Pergi)

Pergi ke Surabaya bersama ayah
Jalan ke bandung membeli liontin
Jika selama ini saya banyak salah
Mohon dimaafkan lahir dan batin

5. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri (Ketupat)

Makan ketupat dibelah rata
Ketupat dimakan bersama-sama
Tak terasa lebaran sudah tiba
Mohon dimaafkan segala salah san sangka

6. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri (Daun Kelapa)

Daun ketupat dari kelapa
Kelapa muda enak rasanya
Satu syawal sudah hampir tiba
Mohon maaf atas salah dan dosa

7. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri (Bunga Mawar)

Bunga mawar indah berseri
Pancaran merah menyejukkan hati
Pesan dikirim untuk utusan diri
Kami ucapkan Selamat hari raya Idul fitri

Ucapan Selamat Idul Fitri Paling Romantis

1. Doa dan Cinta

Menyatukan kasih, merajut cinta, berdasarkan ikhlas, disertakan doa. Semasa hidup bersimbah khilaf dan dosa, berharap dibasuh oleh maaf. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.

2. Dunia dan Cinta

Ada cinta di atas dunia, cinta berasal dari yang Maha Esa. Pemilik hati yang penuh cinta jagalah api cinta dunia dengan kata maaf sebagai perantara. Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

3. Yang tercinta

Bumi boleh lupa berputar
Mentari boleh lupa menyinari
Burung boleh lupa bernyanyi
Angin boleh lupa berhembus
Namun aku tak akan lupa
Mengirim ucapan untuk yang tercinta
Selamat bergembira di hari Idul Fitri yang ceria

4. Perasaan

Ada kalimat yang tak perlu disampaikN
Ada juga perasaan yang tidak perlu diungkapkan
Tapi orang sepertimu tak akan pernah terlupakan
Selamat Idul Fitri, Selamat Lebaran!

5. Memaafkan

Harta yang paling berharga adalah sabar. Teman setia adalah amal. Ibadah paling indah adalah ikhlas. Identitas paling tinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memafkan. Mohon maaf atas segala khilaf, sahabat!

6. Ucapan Tulus dari hati

Aku memang tak pandai berpuisi, jadi langsung saja ke yang inti. Dengan tulus ikhlasdari sanubari, aku ucapkan selamat Idul Fitri!

7. Setiap Manusia Banyak Berbuat Salah

Burung camar terbang tinggi, tak setinggi kesalahan padamu. Dihari yang fitri aku mohon dibukakan pintu hati. Mohon dimaafkan segala kesalahan ku padamu. Selamat hari raya Idul Fitri! Minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir batin.

Ucapan Selamat Idul Fitri untuk Orang Tua

1. Ananda

Saat lidah tak mampu berucap dan hari keras membatu
Saat menyambut hari kemenangan, Ananda meminta maaf atas segala kesalahan dan khilaf. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

2. Remaja

Andai waktu terulang, takkan terulang masa kenakalan remaja yang sudah ku buat. Kini semua ku sadari, maka maafkanlah aku atas segala kesalahan ku. Mohon maaf lahir dan batin.

3. Kata dan Doa

Ayah Ibu aku sadar dalam sujudmu selalu mendoakan aku. Namun, apa daya maaf dan kasih di Idul Fitri ini hanya bisa ku hantarkan lewat kata dan doa.

4. Kekeliruan

Mata telah salah melihat
Mulut telah salah berucap
Hati kadang salah menduga
Dengan niat tulus suci dan ikhlas
Mohon maaf lahir dan batin

5. Angkuh

Betapa sulit merendahkan diri untuk melukai kesombongan dan keangkuhan. Meskipun sulit, lepaskanlah aku dari hal itu, akui segala salah dan khilaf. Permohonan maaaf dengan tulus dan ikhlas untuk orang tua, selamat hari raya Idul Fitri.

Semoga dengan ucapan selamat Idul Fitri diatas. Segala salah dan khilaf dapat dimaafkan. Selamat menyambut hari raya Idul Fitri 1441 H/2020.

Selamat merayakan hari kemenangan bagi umat muslim. Semoga dihari yang fitri, hati kembali suci dan bersih dari dosa yang telah lampau.