tabungan haji

tabungan haji

Tabungan haji bisa menjadi solusi bagi umat muslim yang mempunyai cita-cita pergi ke Tanah Suci. Karena tabungan haji ini berbeda dengan tabungan biasa.

Nah, langsung saja di sini aku mau bahas pengertian tabungan haji, konsep tabungan haji, keunggulan tabungan haji, syarat tabungan haji dan 8 bank dengan fitur tabungan haji terbaik. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Tabungan Haji

Tabungan haji yaitu cara mengumpulkan dana secara Syariah bagi kamu yang ingin berangkat haji tapi mengalami kesulitan terutama masalah keuangan.

Jadi, intinya pada saat nasabah membuka tabungan haji, maka ia akan dibantu oleh lembaga keuangan terpercaya. Sehingga nasabah tersebut akan merasakan keamanan yang lebih saat menabung nanti.

Rukun Umroh

Konsep Tabungan Haji

Konsep tabungan haji yang terdapat di berbagai bank sebenarnya hampir sama saja. Jadi, nasabah bisa menggunakan fasilitas yang tersedia untuk menyetor ke rekening tabungan haji tersebut.

Perlu kamu ketahui, bahwa syarat pendafataran haji yaitu harus memiliki dana tabungan minimal sebesar Rp 25.000.000,00.

Nah, pada saat tabungan calon jamaaah sudah mencapai total yang sudah disebutkan di atas, maka pihak bank akan memberikan informasi kepada nasabah supaya cepat mendaftarkan diri ke Departemen Agama setempat untuk mendapatkan nomor antrian.

Keuntungan Mengikuti Program Tabungan Haji

tabungan haji

Tabungan haji memiliki beberapa keunggulan yang akan membuat kamu untung. Karena tabungan haji ini berbeda dengan tabungan biasa.

Nah, berikut ini keunggulan tabungan haji yang perlu kamu ketahui dengan baik. Yuk, langsung simak selengkapnya!

1. Bebas Biaya Administrasi

Hampir semua tabungan haji di Indonesia menyediakan gratis biaya administrasi bulanan atau biasa disebut dengan bebas potongan.

Hal ini jelas berbeda dengan tabungan pada umumnya, yang biasanya akan ada potongan sebesar Rp 5.000,00 (Lima Ribu Rupiah) sampai dengan kurang lebih Rp 25.000,00 (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah).

2. Bebas Riba

Perlu kamu ketahui, bahwa prosedur dan pelaksanaan tabungan haji dilaksanakan menurut syariat Islam. Maka dari itu, tabungan haji tidak menggunakan skema bunga tabungan.

Maksud skema bunga tabungan di sini yaitu tidak ada bunga saat menabung. Berbeda dengan tabungan biasa pastinya memiliki skema bunga, sehingga bisa dikatakan riba. Sedangkan untuk tabungan bebas dari riba dan hal ini sudah terbukti.

Doa Khatam Quran

3. Gratis Biaya Pembukaan Rekening

Di dalam tabungan kamu akan digratiskan biaya pembukaan rekening. Jadi nanti kamu tinggal mempersiapkan setoran awal saja.

Berbeda dengan tabungan biasa, kamu akan dikenakan biaya pembukaan rekening. Ada yang harus membayar pembukaan rekening sebesar Rp 50.000,00 dan lain-lain. Intinya tergantung pihak bank nya.

4. Gratis Pembayaraan Asuransi

Perlindungan asuransi adalah kebutuhan para calon jamaah haji. Sebab aktivitas perjalanan saat melakukan ibadah haji sangat berat resikonya.

Maka dari itu, dibutuhkan asuransi. Asuransi haji ini sudah ditetapkan menurut syariat Islam. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi tentang isu melanggar ajaran agama.

5. Setoran Tabungan Murah

Nah, di dalam tabungan setorannya sangatlah beragam. Hal ini tergantung tiap bank nya. Namun biasanya pihak bank akan menawarkan setoran dengan nominal yang terbilang murah.

Murah di sini mulai dari Rp 5.000,00. Jadi intinya, setoran tabungan ini tidak seperti setoran tabungan biasa.

Perbedaan Haji dan Umroh

Syarat Membuat Tabungan Haji

tabungan haji

Syarat membuka tabungan haji diberbagai bank sebagai berikut. Yuk, Langsung simak selengkapnya di bawah ini dengan baik ya!

  • Pertama, kamu harus mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Kedua, kamu harus melampirkan fotokopian identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk, SIM atau paspor.
  • Ketiga, kamu harus melampirkan fotokopi NPWP.
  • Keempat, kamu harus melakukan setoran awal sebesar Rp 50.000,00.
  • Kelima, akan ada biaya penutupan rekening gratis jika telah tercapai. Dan apabila belum mencapai setoran maka akan dikenakan biasa sebesar Rp 50.000,00.
  • Keenam, biaya pergantian buku tabungan akibat rusak akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,00.

Nama-nama Bank Dengan Fitur Tabungan Haji Terbaik 2020

tabungan haji

Kalau kamu ingin bergabung mengikuti fitur tabungan haji, berikut ini penulis sebutkan 8 nama bank dengan fitur tabungan haji terbaik selama tahun 2020.

1. Bank Syariah Mandiri (BSM)

Bank Syariah Mandiri atau biasa disebut dengan BSM, yaitu tabungan mabrur. Maksud tabungan mabrur di sini yaitu tabungan dalam mata uang rupiah untuk membantu pelaksanaan ibadah haji dan umroh.

Bank Syariah Mandiri ini dibuat berdasarkan prinsip dengan akad Mudharabah Muthlaqah. Tabungan ini hanya diperuntukan untuk orang yang sudah berusia 17 tahun ke atas.

Selain itu, tabungan ini hanya untuk orang yang sudah berniat menunaikan ibadah haji dan umroh saja.

Tabungan ini menetapkan setoran awal minimal Rp 100.000,00. Kemudian, mengenai saldo minimal untuk di daftarkan ke Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu sebesar Rp 25.100.000.

Mengenai pembatalan keberangaktan yang diakibatkan meninggal dunia sebelum terdaftar di SISKOHAT, maka pewaris hak atas tabungan haji dan umroh tersebut akan diserahkan kepada ahli waris.

2. Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI)

Bank Rakyat Indonesia Syariah ini sering disebut BRI Syariah. Tabungan haji BRI Syariah adalah simpanan yang menggunakan akad bagi hasil sesuai prinsip Syariah.

Tabungan BRI Syariah menentukan setoran awal minimum Rp 50.000. Dan di tabungan BRI Syariah ini harus ada saldo yang mengendap minimum Rp 50.000.

Nah, dalam tabungan BRI Syariah ini para nasabah tidak diberi kartu ATM. Hal ini dilakukan supaya tidak ada dana yang bisa ditarik sewaktu-waktu.

Dan di tabungan BRI Syariah ini para nasabah akan diberikan gratis asuransi jiwa dan kecelakaan, pemotongan zakat (akan dilakukan secara otomatis dari bagi hasil yang didapatkan) dan akan mendapatkan administrasi tabungan gratis.

Doa Zakat Fitrah

3. Bank Muamalat

Tabungan haji bank Muamalat yaitu tabungan iB hijrah haji yang merupakan layanan perbankan Syariah Muamalat dengan menggunakan akad Wadiah.

Jadi, tabungan ini hanya bisa dicairkan untuk digunakan dalam perjalanan haji dan umroh saja.

Tabungan bank Muamalat ini tidak menggunakan setoran awal maupun saldo minimum. Dan biaya penutupan rekening juga digratiskan.

Keunggulan lainnya dari tabungan bank Muamalat ini bisa dilakukan secara online. Sehingga setoran bisa dilakukan melalui conter teller, e-Banking maupun transfer terjadwal baik harian maupun bulanan.

Selain itu, tabungan bank Mualamat ini terbilang mudah. Karena nasabah bisa memilih dan mengatur jumlah setoran serta jangka waktu menabung sesuai paket yang sudah tersedia.

4. Bank CIMB Niaga Syariah

Tabungan haji CIMB Niaga Syariah mempunyai sistem setoran rutin tiap bulannya. Jadi, di sini nasabah bebas menentukan jangka waktu tabungan dan jumlah setoran rutin setiap bulannya di sesuaikan dengan tahun keberangkatan ibadah haji dan umrohnya.

Perlu kamu ketahui, kalau mau membuka tabungan di bank CIMB Niaga Syariah ini diwajibkan mempunyai tabungan transaksional CIMB Niaga dalam 1 CIF yang dapat dijadikan rekening sumber dana pendebatan.

Tabungan CIMB Niaga Syariah ini tidak memiliki ketentuan mengenai setoran awal, namun harus melakukakn setoran rutin setiap bulannya minimal IDR 100.000.

Dan di dalam tabungan haii CIMB Niaga syariah ini kamu digratiskan biaya administrasi bulanan, biaya administrasi gagal debat sebesar Rp 2.500 perbulannya dan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo sebesar Rp 50.000.

5. Bank BNI Syariah

Tabungan haji bank BNI Syariah yaitu tabungan akad Mudharabah atau Wadiah yang digunakan sebagai saranan mendapatkan kepastian porsi berangkat menunaikan ibadah haji baik reguler maupun khusus.

Tabungan BNI syariah ini sangat memudahkan nasabah dalam mendapatkan porsi keberangkatan haji. Sebab sistem BNI syariah langsung terhubung dengan SISKOHAT.

Dan di dalam tabungan BNI Syariah ini nasabah akan mendapatkan bebas biaya pengelolaan rekening bulanan dan biaya penutupan rekening. Tapi ini khusus tabungan rupiah saja. Tidak termasuk dalam USD.

Selain itu, nasabah yang memiliki saldo di atas Rp 5.000.000,00 maka akan mendapatkan fasilitas asuransi kecelakaan diri.

6. Bank BCA Syariah

Tabungan haji BCA yaitu tabungan berdasarkan prinsip bagi hasil Mudharabah Mutlaqah dari BCA Syariah.

Di Dalam tabungan BCA Syariah ini ada ketentuan dalam setoran awal sebesar Rp 100.000,00 dan untuk setoran selanjutnya minimal Rp 50.000,00.

Selain itu, fasilitas yang disediakan oleh tabungan BCA Syariah, yaitu setoran terjadwal. Maksud setoran terjadwal di sini adalah setoran yang sudah kamu jadwalkan setiap buan dan akan dipotong secara otomatis.

Kemudian, cara membuka rekening di tabungan BCA Syariah sangat lah mudah. Jadi, para calon nasabah harus Warga Negara Indonesia, memiliki identitas berupa Kartu Tanda Penduduk atau paspor dan NPWP.

Sejarah Air Zam zam

7. BTN Syariah

Tabungan haji BTN Syariah adalah produk tabungan untuk merencanakan ibadah haji atau umroh berdasarkan prinsip Syariah yang menggunakan akad Mudharabah Mutlaqah.

Jadi, Mudharabah Mutlaqah adalah kerjasama antara dua pihak dengan keuntungan dan kerugian dibagi menurut nisbah.

Tabungan BTN Syariah ini mempunyai ketentuan seperti menetapkan setoran awal IDR 100.000,00 dan akan ada saldo yang mengendap sebesar IDR 100.000,00.

Sedangkan minimum setoran selanjutnya yaitu IDR 100.000,00.

Selain itu, tabungan BTN Syariah ini memberikan fasilitas gratis biaya admin, namun kalau ada pergantian buku akan dikenakan biaya Rp 10.000,00 dan untuk biaya penutupan rekening Rp 25.000,00.

Metode pemberian kartu debit BTN syariah ini pada saat nasabah akan berangkat haji atau umroh. Jadi, kalau nasabah belum berangkat maka kartu debit tidak akan diberikan.

8. Bank Danamon Syariah

Di dalam tabungan haji Danamon Syariah ini para nasabah bisa melakukan setoran rutin tiap bulannya mulai dari Rp 300.000,00 sampai dengan Rp 5.000.000,00.

Tabungan Danamon Syariah juga menyediakan fasilitas gratis biaya administrasi bulanan, biaya gagal debit dan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo.

Jadi, intinya kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya tersebut.

Dan persyaratan dalam pembukaan rekening di tabungan Danamon Syariah ini juga sangat mudah, hanya perlu menjadi Warga Negara Indonesia dan punya Kartu Tanda Penduduk saja.

Demikianlah pembahasan dari aku tentang tabungan haji. Untuk info tabungan haji dari bank Mandiri Syariah dan lainnya bisa kamu cari di google ya.

Sebab di google banyak jenis tabungan haji yang bagus. Semoga bermanfaat.

Related Posts