contoh teks ceramah

6+ Contoh Teks Ceramah Agama Islam Beserta Dalilnya

Contoh Teks Ceramah agama islam beserta dalilnya mempunyai versi yang berbeda-beda, karena setiap orang yang memberikan ceramah memiliki gayanya masing-masing. Ada yang menggunakan bahasa arab, bahasa formal, bahasa sunda, dan masih banyak lagi.

Ceramah agama islam juga sering dibawakan untuk hal penting seperti khutbah jumat. Materi pembahasan ceramah atau pidato juga bukan hanya tentang keagamaan saja.

Banyak tema yang bisa disampaikan dalam isi teks ceramah atau khutbah seperti, tentang menuntut ilmu, tentang bencana alam, tentang isra mi’raj dan lain tema lainnya.

Di dalam isi teks ceramah atau khutbah biasanya lengkap beserta dalil dan beserta hadisnya. Materi ceramah juga bisa kamu dengarkan secara langsung dari media secara langsung seperti TV, di masjid atau video-video di youtobe.

Contoh teks ceramah ini bisa kamu jadikan contekan dalam membuat ceramah yang singkat dengan berbagai tema. Sebelum kamu tampil di depan umum untuk menyampaikan isi ceramah, kamu harus memahami terlebih dahulu cara membuat teks ceramah.

Simak contoh teks ceramah berikut ini:

Penulisan Teks Ceramah yang Benar

Contoh teks ceramah ini terdiri dari beberapa paragraph yang isinya mengandung informasi pengetahuan atau ajakan kepada khalayak umum yang mendengarkan (bisa siapa aja). Agar lebih jelasnya, kamu pahami terlebih dulu ciri-ciri teks ceramah berikut ini:

Ciri-ciri Teks Ceramah

Contoh Teks Ceramah – Ada beberapa ciri khusus yang harus kamu siapkan sebelum menyampaikan isi teks ceramah. Berikut ini ciri-ciri teks yang wajib ada:

  • Isi teks ceramah yang disampaikan harus paham dengan materi yang sudah dibuat.
  • Isi teks ceramah harus disesuaikan dengan tema yang sesuai.
  • Bahasa yang digunakan dalam isi teks ceramah adalah bahasa indonesia yang mudah dipahami. Boleh menggunakan bahasa arab.
  • Isi teks ceramah harus berisi informasi yang bertujuan untuk memberi nasihat, ajakan, menghibur, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Isi teks ceramah harus beserta hadisnya dan beserta dalilnya.

Hal Penting Yang  Harus Ada Dalam Kegiatan Ceramah

Contoh Teks Ceramah – Sebelum memulai ceramah, hal penting yang harus ada dalam kegiatan ceramah diantaranya:

1. Penceramah

Ini adalah hal pertama yang harus ada sebelum kegiatan ceramah adalah penceramah. Sebab jika tidak ada penceramah maka kegiatan tersebut tidak akan pernah ada.

Penceramah yaitu orang yang memberikan materi ceramah atau khutbah atau pidato yang disampaikan kepada pendengar. Seorang penceramah mesti orang yang paham ilmu agama, dihormati, atau memiliki pengalaman yang tinggi.

Ketika kamu ingin menjadi seorang penceramah, hal penting yang harus kamu lakukan yaitu melatih diri untuk menyampaikan isi teks ceramah yang telah disiapkan. Agar kamu tidak merasa canggung saat berhadapan dengan orang-orang yang mendengarkan.

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H Terbaru dan Terlengkap 2020

2. Pendengar Ceramah

Kegiatan ceramah akan selalu berkaitan dengan pendengar ceramah (audiens). Maka dari itu, pendengar ceramah harus ada saat kegiatan ceramah dimulai.

Pendengar ceramah adalah orang yang menerima informasi, nasehat dan materi dari penceramah.

Pendengar dalam kegiatan ceramah terdiri dari dua yaitu:

  • Bersifat umum biasanya tidak dibatasi oleh, umur, usia, dan lain-lain.
  • Khusus biasanya ada batasan seperti pendengar wanita sesama penceramah wanita, penceramah laki-laki sesama pendengar laki-laki..

Peran audiens dibeberapa kegiatan ceramah biasanya diperkenankan untuk menyampaikan tanggapan, pertanyaan dan lainnya (sesuai dengan tema ceramahnya)

Salah satu jenis ceramah yang melakukan interaksi dengan pendengar (audiens), misalnya: ceramah seminar dan pengajian.

3. Materi Ceramah

Materi ceramah tentu adalah hal penting yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Materi dalam kegiatan ceramah adalah pembahasan yang akan disampaikan oleh penceramah.

Penceramah harus menyusun materi dengan baik agar materi yang disampaikan mudah dipahami. Materi ceramah berupa ajaran-ajaran keagamaan yang sesuai dengan aturan atau pedoman agama yang mereka anut.

Materi ceramah merupakan salah satu kunci sukses tidaknya suatu kegiatan ceramah tersebut. Pendengar yang merasa terdorong, terenyuh dengan suasana dan respon terhadap informasi menjadi salah satu bukti bahwa materi tersebut sangat bagus.

Metode Penyampaian Ceramah

Contoh Teks Ceramah – Maksud dari metode ceramah yaitu cara atau teknik penceramah dalam menyampaikan materi, informasi dan nasehat yang akan diberikan kepada pendengar.

Ada beberapa metode yang sering kali digunakan oleh penceramah diantaranya:

1. Menghafal Teks Ceramah

Menghafal teks ceramah merupakan teknik ceramah dengan menghafalkan materi yang akan dibawakan. Metode ini sangat membutuhkan daya ingat kuat dan persiapan yang matang agar dalam menyampaikan ceramah berjalan dengan lancar.

2. Membaca Naskah Teks Ceramah

Metode ini sudah sering kita jumpai secara umum dibeberapa ceramah yang ada. Metode ini terdapat catatan dan naskah, sehingga seorang penceramah akan lebih mudah dalam menyampaikan materinya. Jika lupa penceramah akan melihat kembali catatannya.

3. Improve

Improve yaitu metode ceramah yang tidak ada persiapannya sama sekali. Metode ini sering digunakan oleh penceramah yang sudah memiliki keahlian. Sehingga ia hanya mengungkapkan kalimat-kalimat yang muncul secara spontan.

4. Ekstemporan

Ekstemporan merupakan metode ceramah yang akan menuliskan catatan-catatan penting saja dalam menyampaikan ceramahnya. Hal ini dilakukan oleh penceramah untuk memudahkan dalam menyampaikan sistematika materi ceramah. Dan memberikan gambaran secara jelas.

5. Media Ceramah

Berbagai macam media ceramah yang dibutuhkan untuk membantu kelancaran sebuah acara.

Media ceramah adalah alat yang digunakan oleh seorang penceramah dalam menyampaikan materi kepada audiens.

Di era modern sekarang alat yang digunakan untuk kegiatan ceramah tidak hanya dilakukan secara langsung, akan tetapi dapat melalui media sosial dan elektronik.

Kemudahan cara penyampaikan informasi ceramah ini harus diikuti oleh para penceramah dalam memberikan materi yang valid, membangun, serta memotivasi.

Sedangkan sebagai pendengar, perlu diperhatikan informasi-informasi yang benar guna menghindari kesalahan dalam menangkap informasi yang diberikan oleh penceramah.

18 Contoh Surat Dispensasi Terbaru Lengkap Untuk Dinas dan Mahasiswa

Struktur Membuat Teks Ceramah

Saat akan menyampaikan ceramah, kamu harus mengetahui dulu struktur membuat teks ceramah agar ceramah bisa disampaikan dengan baik. Diantaranya:

1. Pendahuluan

Penting sekali buat kamu sebelum kamu memberikan isi ceramah kamu perlu melakukan pembukaan terlebih dahulu.

Pembuka dalam ceramah, pidato atau khutbah meliputi salam pembuka, ucapan hormat dan rasa syukur.

Kata pengantar dalam ceramah meliputi kalimat pengantar yang digunakan untuk masuk kedalam inti dalam materi ceramah atau topik ceramah.

2. Isi Ceramah

Saat kamu sudah memasuki tahap isi ceramah, kamu bisa langsung menyampaikan ceramah dengan syarat sebagai berikut:

  • Inti pada isi ceramah yang meliputi paparan, informasi, materi, nasehat yang membuat fokus dalam pembicaraan penceramah.
  • Gagasan yang ada dalam ceramah meliputi ide yang akan disampaikan kepada audiens, kemudian dikembangkan kedalam beberapa sub-topik.

3. Penutup

Setelah kamu memasuki bagian penutup ini, kamu harus bisa memberikan kepada audiens:

  • Simpulan ceramah yaitu kesimpulan dari materi (point-point) yang disampaikan kepada pendengar dapat berupa pesan maupun arahan (singkat, padat, dan jelas).
  • Ucapan permintaan maaf kepada pendengar terkait cara penyampaian maupun hal-hal lain saat pelaksanaan ceramah.
  • Tak lupa gunakan salam penutup.

Setelah kamu mengetahui penjelasan-penjelasan di atas, Kamu tentu paham dengan konsep teks ceramah yang harus kamu tulis.

Nah, berikut ini contoh teks ceramah singkat bahasa Indonesia lengkap dengan temanya.

Contoh Teks Ceramah Terbaru 2020

Sebelum kamu menulis teks ceramah ini. Pastikan tema yang kamu butuhkan benar-benar kamu paham. Jika isi ceramah mengantung tema agama Islam, kamu harus menulis teks ceramah beserta dalilnya.

1. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Isra Mi’raj

contoh teks ceramah

Kegiatan Isra Mi’raj tidak hanya diselenggarakan di masjid saja. Bisa juga diselenggarakan di sekolah. Berikut ini contoh teks ceramah singkat tentang Isra Mi’raj di sekolah:

Buat kamu yang sedang mencari contoh teks ceramah singkat bertemakan Isra’ Mi’raj.Berikut ini penulis berikan contoh teks ceramah bertemakan “Isra’ Mi’raj”

Contoh Teks Ceramah
Isra’ Mi’raj

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati dan banggakan seluruh hadirin yang ada di lingkungan  sekolah ini sekaligus saya cintai.

Hari  ini aktifitas belajar kita diganti dengan mendengarkan tausiyah dengan tema yang berkaitan isra miraj. Kalian sudah tahu kan apa itu Isra Mi’raj?

Anak-anak peserta didik yang saya sayangi dan banggakan. Israj Mi’raj bukan hanya sekedar perjalanan  Nabi Muhammad SAW dalam menembus langit tujuh dan arsy.

Tapi perjalanan Isra Mi’raj adalah sebuah pembelajaran yang sangat jelas yang ingin Allah tunjukkan kepada kita semua  sebagai umatnya.

Jika dikaitkan dengan pendidikan bahwa Isra Mi’raj ini adalah ketetapan substansi alam semesta yang Maha Agung.

Kecepatan Nabi  Muhammad  SAW dalam menembus langit dapat dijelaskan dengan hukum fisika. Artinya peristiwa ini bukan cerita dongeng dan menjadi budaya.

Pentingnya pengembangan ilmu agama dan pendidikan menjadi sinyal kuat atau petunjuk dari tuhan bahwa umat manusia akan selamat jika ingin membaca seluruh isi dan alam semesta ini.

Anak-anak dan para hadirin yang saya muliakan. Mari kita belajar untuk tetap menjaga dan mewarisi acara seperti ini dengan hal positif.

Aktifitas yang menambah keimanan kita kepada Allah dan menambah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan dalam kehidupan sepanjang masa.

Saat ini dunia dan isinya mengalami perubahan dalam  segala sendi dan substansi.

Tantangan akan terimplimentasinya ajaran syariah islam menjadi sangat berat. Namun dengan mendekatkan diri kepada Allah swt lah yang dapat membuat umat manusia tetap berada dalam lingkaran yang aman dan penuh berkah.

Kuncinya adalah manusia tetap menjalani kehidupan yang sebagaimana diatur dan diajarkan dalam syariat islam.

Perjalanan nabi pada Isra Mi’raj merupakan kejadian keagamaan yang wajib dijadikan dasar dan motivasi bahwa kebesaran Allah melampaui apapun yang ada di muka bumi dan segala isinya.

Oleh sebab itu sifat sombong dan dengki tiada guna (harus dihindari).

Anak-anak didik yang saya cintai. Mari tingkatkan lagi ibadah kita dan rasa patuh kita terhadap Allah.

Agar apa yang di cita-citakan dalam hidup kalian dapat terwujud. Tiada upaya yang dapat kita lakukan sebagai manusia selain belajar dan membelajarkan diri menjadi umat yang paling bermutu dan unggul.

Demikian pidato ini semoga kelak kita akan dipertemukan dalam tempat yang sebaik-baiknya dalam jannah yang penuh dengan kemuliaan. Aamin, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8 Contoh Surat Penunjukan kerja Bendahara, Pelaporan Pajak Perusahaan

2. Contoh Teks Ceramah Singkat Lucu

contoh teks ceramah

Buat kamu yang sedang ingin mencari contoh teks ceramah singkat dengan tema lucu dan menarik.

Berikut penulis berikan contoh teks ceramah contoh Ceramah Singkat paling lucu di bawah ini.

Ceramah enggak harus melulu dibawakan dengan serius. Adakalanya penceramah membawakan ceramah dengan cara yang lebih menyenangkan misalnya menyelipkan humor di sela-sela materi ceramah agar pendengar ga bosan.

Berikut ini contoh teks ceramah singkat dan lucu:

CONTOH TEKS CERAMAH

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

Salam hormat saya untuk seluruh hadirin dan tamu yang telah meringankan langkahnya dengan penuh perjuangan untuk datang dalam acara yang istimewa ini.

Tentunya saya secara pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi menyelenggarakan acara ini.

Di dalam agama Islam, shalat merupakan kewajiban dan merupakan tiang agama. Pasti kalian juga mengetahui ini bukan?

Siapa yang shalat tepat waktu pastinya akan mendapat pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Tapi sayangnya banyak orang yang shalat aja malas-malasan, bahkan ada yang sampai menjelang masuk waktu shalat berikutnya baru buru-buru ambil wudhu dan langsung shalat, itu sama saja dengan melalaikan kewajiban.

Saya punya cerita tentang shalat nih:

Ada sebuah cerita tentang shalat. Di suatu desa terpencil, tepat pukul 9 pagi, terdengarlah suara adzan dari masjid utamanya.

Sontak orang-orang di desa terkejut dan saling menunjukkan ekpresi bingung. Ada apa gerangan, kenapa jam segini sudah adzan.

Kalau Subuh pastinya sudah lewat, tapi kalau adzan zuhur tidak mungkin karena ini terlalu cepat. Apakah Muadzimnya ngigau atau lagi lupa daratan.

Lalu berbondong-bondonglah warga desa mendatangi masjid setelah adzan itu selesai berkumandang.

Kemudian salah seorang bertanya kepada Muadzim: “kenapa bapak adzan?  bukannya belum waktunya shalat zuhur.

Dengan tertawa si muadzim menjawab: “nah bapak itu tahu kalau belum Adzan zuhur? tapi ketika adzan pas di jamnya kenapa tidak pernah datang tepat waktu”.

Semua penduduk terdiam. Mungkin sadar kalau mereka sudah mengabaikan perintah Allah. Lalu si Muadzim kembali berkata: “kalau bisa sih setiap adzan itu bapak dan ibu langsung kesini dan shalat berjamaah, biar dapat pahala”.

Dia tertawa sambil menuju kamarnya.

Simpulan dari cerita di atas, bisa jadi bukti kalau sebenarnya banyak orang muslim yang mengerti soal kewajiban shalat yang benar seperti apa.

Tapi dalam praktiknya tidak bisa maksimal. Semoga Anda tak termasuk dalam golongan demikian.

Sekian ceramah singkat saya. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada salah kata. Saya akhiri ceramah ini. Bilahitopik walhidayah wassalamualaikum warahmatullohi wabarokatuh.

3. Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Menuntut Ilmu: Agama Ilmu

contoh teks ceramah

Buat kamu yang sedang mencari contoh teks ceramah tentang menuntut ilmu agama.

Berikut ini penulis berikan contoh teks ceramah singkat tentang ilmu agama. Silahkan lihat contoh di bawah ini.

CONTOH TEKS CERAMAH

Assalamualaikum Warahmatullahi.Wabarakatuh.

Kepada kaum muslimin dan muslimat, kepada pemirsa TV Rodja dan pendengar Radio Rodja yang saya sayangi dan mudah-mudahan dirahmati oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Alhamdulillah kita harus banyak bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang Allah karuniakan kepada kita dan kita bersyukur diberikan nikmat Islam.

Saya di sini akan memberikan ceramah singkat, yaitu tentang kita yang harus mengetahui bahwa agama Islam ini adalah agamailmu. Sebab kita tidak akan tahu tentang agama ini kecuali dengan ilmu.

Yang pertama, dengan wahyu Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mendapatkan wahyu dari Allah subhanahu wa ta’ala. Allah turunkan Al-Qur’an selama 23 tahun.

Kemudian Nabi menyampaikan kepada para sahabat Radhiyallahu ‘Anhum Ajma’in, kemudian sahabat menyampaikan kepada Tabi’in, sampai akhirnya kepada kita.

Kita perlu belajar tentang agama ini. Karena pada hakikatnya manusia mempunyai sifat bodoh, tidak tahu agama.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan di dalam surah Al-Ahzab, surah 33 ayat 72, Allah berfirman:

إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَن يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنسَانُ ۖ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا ﴿﴾٧٢

Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat dzalim dan amat bodoh,” (QS. Al-Ahzab[33]: 72)

Allah menyebutkan di dalam surat Al-Ahzab ayat 72 ini bahwa manusia sangat dzalim dan sangat bodoh.

Kalau manusia sangat dzalim, manusia sangat bodoh, maka dia harus belajar tentang agama ini.

Supaya hilang kebodohan. Begitu juga dia harus mentauhidkan Allah, supaya hilang kedzaliman. Karena kalau kita sudah bicara soal keadilan.

Keadilan yang paling adil adalah tauhid. Sedangkan kedzaliman yang paling dzalim adalah syirik. Maka manusia disuruh belajar.

Yang pertama kali belajar tentang agama ini. Karena manusia dilahirkan dalam keadaan tidak tahu apa-apa, jahil. Allah menyebutkan:

جَهُولًا

Bodoh, nggak ngerti apa-apa manusia ini.

Tidak ada seorangpun yang dilahirkan dalam keadaan dia berilmu. Dia harus belajar.

Jadi kita harus memperbaiki cara beragama kita dengan dalil. Ilmu ini maksudnya kita belajar ilmu syar’i, Al-Qur’an dan Sunnah menurut pemahaman Salafush Shalih.

Karena banyak kita lihat umat Islam yang tidak belajar, tidak ngaji, tidak menuntut ilmu.

Mereka sibuk dengan dunianya, sibuk dengan kerja, dengan dagangan, dengan usaha, dengan kuliah dan yang lain. Tapi agama mereka tidak mempelajari.

Soal dunia, mereka tahu -kata Allah- tapi mereka lalai tentang akhirat. Allah menyebutkan dalam surah Ar-Rum ayat 7:

يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِّنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الْآخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ ﴿﴾٧

Mereka tahu tentang apa yang tampak dari kehidupan dunia, tetapi mereka lalai dari akhirat.” (QS. Ar-Rum[30]: 7)

Dunia mereka tahu. Tentang berbagai disiplin ilmu dunia mereka tahu. Tentang masalah keuangan, tentang masalah teknologi dengan segala macamnya mereka tahu. Tapi tentang agama tidak tahu.

100 Contoh Poster Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Narkoba Paling Berkesan

Manusia Wajib Belajar Agama

Semua manusia wajib belajar agama. Nabi bersabda Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah)

Kalau kita lihat tentang Islam kita, rata-rata kaum muslimin yang ada ini Islamnya KTP.

Padahal nikmat Islam ini adalah nikmat yang luar biasa, lebih baik dari dunia dan seisinya. Sekarang kita harus menjaga iman kita, jaga keislaman kita.

Dengan apa kita menjaga? Dengan apa kita mensyukuri nikmat Islam ini? Yaitu dengan kita belajar agama. Kalau kita tidak belajar agama, bagaimana kita tahu tentang agama Islam? Kita tidak akan tahu.

Dan kita ingat bahwa Allah setiap hari memberikan waktu kepada kita 24 jam. 24 jam Allah berikan waktu kepada kita, 1.440 menit.

Tinggal kita berusaha bagaimana dalam sehari itu mempelajari agama 1 jam (60 menit), atau 2 jam (120 menit), dari 1.440 menit yang Allah berikan kepada kita.

Masa kita ngga ada waktu? Tidak mungkin kita tidak memiliki waktu!

Tinggal kita bagaimana mengatur waktu kita untuk belajar agama ini, sehingga kita paham tentang agama. Harus kita belajar!

Agama ini Dalil

Kalau disebutkan ilmu, tentu dengan dalil. Agama ini dalil. Kita tidak boleh ikut-ikutan dalam beragama. Kalau kita lihat kaum muslimin, mereka seperti yang Allah sebutkan.

Mereka sangatlah dzalim. Untuk dunia, mereka kejar. Mereka belajar, mereka teliti, mereka lihat kitab-kitabnya, mereka pelajari, mereka ingin buktinya sesuatu itu benar atau tidak.

Itu ketika mereka belajar ilmu pengetahuan. Tapi kalau soal agama, kita lihat kaum muslimin, mereka ikut-ikutan, tidak pernah bertanya dalilnya apa?

Ketika ada kyai atau ustadz atau guru mengajarkan sesuatu kepada dia, dia ikut-ikutan.

Nah, sekarang tinggal kita meluangkan waktu untuk belajar agama ini agar kita memahami agama, bisa mengamalkan amal shalih dengan ikhlas dan ittiba’, agar tidak dimasukkan ke dalam surga.

Itu yang kita tuju sebagai seorang mukmin dan mukminah.

Demikian materi ceramah dari saya. Karena waktunya sangat terbatas.

Mudah-mudahan yang saya sampaikan bermanfaat untuk saya untuk antum sekalian. Mohon maaf bila ada salah kata. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Kejujuran

contoh teks ceramah

Buat kamu yang sedang mencari contoh teks ceramah agama islam tentang kejujuran.

Berikut ini penulis berikan contoh teks ceramah yang bertemakan tentang kejujuran . Silahkan lihat contoh teks ceramah di bawah ini.

CONTOH TEKS CERAMAH

Assalamualaikum warahmatullahi.wabarakatuh.

Puji dan syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan berjuta nikmat kepada kita.

Shalawat beserta salam senantiasa dilimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para Nabi dan Rasul dan menjadi teladan bagi kita selaku ummatnya.

Ada beberapa sifat dari sosok Nabi Muhammad SAW yang perlu diteladani, yaitu: sifat jujur dan amanah.

Sebelum beliau diangkat menjadi Nabi dan Rasul, beliau pernah mengikuti pamannya untuk berdagang ke berbagai daerah di tanah Arab.

Karena kejujuran beliau serta amanah yang digengam dari pamannya tersebut, maka beliau menjadi pedagang yang sukses dengan banyak pelanggan yang mengaguminya.

Sifat jujur Nabi SAW terkenal ke berbagai daerah, sehingga kehadirannya pun telah dinanti banyak pembeli.

Karena itulah, paman beliau sangat menyayanginya dan mempercayakan semua dagangan untuk dijual dan dipimpin oleh Beliau.

Dalam Alqur’an pun Allah SWT memperlihatkan bagaimana sifat jujur Rasulullah dengan diberi gelar sebagai suri tauladan yang sangat baik.

Hatinya tidak pendendam melainkan selalu penyayang baik itu kepada anak kecil maupun orang tua.

Sifat jujur mesti diterapkan bukan hanya diucapkan, karena kejujuran adalah modal yang sangat perlu dijaga jika ingin menjadi seorang yang sukses seperti Nabi SAW.

Jika tidak dimulai dari sejak kecil dengan menerapkan sifat jujur, maka akan sulit untuk dirubah ketika dewasa.

Karena itulah pendidikan jujur mesti diterapkan sejak dini kepada anak baik itu di rumah, sekolah, ataupun di lingkungan.

Perilaku jujur ini mesti dimulai dari orang tua, dengan memberikan contoh berbuat jujur kepada anak-anaknya.

Jika semua orang sudah menerapkan rasa jujur dalam kehidupan sehari-harinya, maka Negara ini akan maju. Tidak akan ada koruptor, penjahat, dan sifat jelek lainnya, karena masyarakat semuanya menjungjung tinggi nilai kejujuran dalam kehidupannya.

Wasalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Teks Ceramah Bahasa Sunda Lucu

Buat kamu yang ingin mencari contoh teks ceramah bahasa Sunda dengan tema lucu.

Berikut penulis berikan contoh teks ceramah menggunakan bahasa Sunda dengan tema Lucu. Lihat contoh di bawah ini.

Buat kamu yang sedang mencari referensi contoh teks ceramah dengan tema lucu menggunakan bahasa Sunda.

Berikut ini contoh teks ceramah dalam bahasa Sundalucu yang dibacakan oleh anak SD dengan tema kemerdekaan.

CONTOH TEKS CERAMAH

Assaalamualaikum Warahmatullahi.Wabarakatuh

Sateuacana, hayu urang bareng-bareng panjatkeun puji sareng syukur ka Gusti Allah SWT. Anu tos maparinkeun rahmat-Na ka urang sadaya, dugi urang tiasa kempel di acara dinten ieu.

Hadirin anu dipikahormat ku simkuring, Bapak Kapala Sakola, Bapak/Ibu guru anu dipikahormat, sareng rerencangan simkuring anu dipikacinta.

Dinten ieu alhamdulilah urang tiasa kempel sareng patepang raray dina urutan meriahkeun hari kamerdekaan Indonesia.

Urang periyogi ka uninga, yen di zaman baheula teh seueur pisan pangorbanan para pejuang dina ngabelaan kamerdekaan nagara Indonesia.

Matak ku kituna, urang salaku warga nagara Indonesia generasi penerus bangsa, sareng kedah neruskeun perjuangan para pahlawan urang.

Carana nyaeta diajar sing giat jeung ngawujudkeun cita-cita urang pikeun ngajadikeun kahirupan bangsa Indonesia.

Tepi sabenerna, seuer keneh hal-hal anu tiasa dilakukeun ku urang sadaya sebagei generasi muda dina rangka ngeusian kamerdekaan Indonesia.

Contona ngajauhkeun diri urang tina pangaruh narkoba, jauhkeun diri urang tina pergaulan bebas, tawuran anu ngabahayakeun nyawa, jeung sajabana anu mawa pangaruh buruk jang diri urang.

Hayu urang sami-sami ngalakukeun hal positive atau aya mangpaatna jang diri urang, misalna nyieun prestasi di sakola, seueur maca buku nu berguna, diajar sing bener di sakola, jeung sajabana.

Rupina mung sakitu pidato ti simkuring, hapunten saupami dina biantara ieu aya cariosan anu salah atawa kirang merenah dina hate aranjeun.

Wassalamualaikum Warahmatullahi.Wabarakatuh.

6. Contoh Teks Ceramah Bulan Rajab

Buat kamu yang sedang mencari referensi contoh teks ceramah dengan tema Bulan Rajab.

Silahkan lihat contoh teks ceramah di bawah ini:

CONTOH TEKS CERAMAH
BULAN RAJAB

Assalamu’alaikum Warahmatullahi. Wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirobbil‘alamin

Washolatuwassalamu ’ala asrofil anbiyai walmursalin

Wa ‘ala ‘alihi wshobihi ajmain, ammaba’du.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak wakil Kepala Sekolah. Serta Bapak dan Ibu guru juga rekan-rekan saya sekalian yang saya hormati dan saya cintai.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat, taufiq dan hidayah-NYa kepada kita sekalian.

Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang dengan yang kita harapkan syafaat-Nya besok di yaumil qiyamah. Amiin.

Marhaban Ya Rajab. Bulan Rajab adalah bulan yang mulia dan agung, penuh barokah dan hikmah.

Ibadah pada bulan ini dilipatgandakan oleh Allah, doa-doa diijabah, dan pintu taubat dibuka lebar-lebar, siap menerima siapapun juga yang hendak bertaubat kepada Allah SWT.

Seperti yang diriwayatkan oleh Ali Imam Ibnu ‘Askir dari Abu Ummah RA bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ada lima malam yang tidak akan ditolak doa didalamnya, malam pertama bulan Rajab, malam nisfu sya’ban, malam jum’at, malam Idul fitri dan malam Idul Adha”.

Dan cukup kiranya sebagai kemuliaan bulan ini dimana Allah ta’ala menjadikannya salah satu dari empat bulan yang dinamakan Asyhurul hurum (bulan yang terhormat).

Mengenai Asyhurul hurum ini Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan kepada kita bahwa empat bulan tersebut adalah DzulQo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Allah telah mengkhususkan empat bulan, dimana Allah menjadikannya penuh kemulyaan, dosa dosa dibulan ini lebih besar daripada bulan lainnya, begitu pula amal sholeh dan pahala.

Diantara kemuliaan yang ada di dalam bulan Rajab adalah terkabulkannya doa hamba didalamnya, terutama pada malam pertamanya.

Di bulan Rajab dianjurkan untuk istighfar dan bertaubat kepada Allah, meminta maaf sepenuh hati kepada hadirat illahi, agar benar benar diampuni dan didekatkan kepada-Nya.

Selain istighfar, ibadah yang dianjurkan dilakukan di bulan Rajab adalah berpuasa, Paling sedikit puasa di bulan Rajab satu hari, yakni dihari pertama, puasa dalam bulan rajab hukumnya sunnah, sebagaimana dalam bulan-bulan mulya lainnya.

Ibadah lain yang dianjurkan adalah membaca sholawat .

Ada lagi satu Amalan yang hendaknya kita ikuti dari Rasulullah SAW, yaitu berdoa di bulan Rajab.

Demikian dari saya, semoga uraian ini bermanfaat, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

وَبِااللهِ تَوْفِقْ والْهِدَيَة وَالرِّضَا وَ الْعِنَايَة

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kesimpulan dari contoh teks ceramah diatas intinya adalah penyampaian pesan dengan tujuan untuk memberikan nasehat, petunjuk maupun petuah-petuah kepada pendengar agar membawa seseorang berubah ke arah yang lebih baik.

Yang paling penting adalah menggunakan bahasa indonesia atau bahasa arab sesuai keinginan kamu. Apapun materi yang kamu bawakan harus dilengkapi beserta hadis dan beserta dalilnya