contoh surat tanda terima

10 Contoh Surat Tanda Terima Pembayaran Lengkap dengan Format Penulisan

Contoh surat tanda terima merupakan surat penting dalam kegiatan serah terima, bisa dari perusahaan kepada perusahaan lain atau perusahaan kepada pembeli.

Tanda terima tersebut dibutuhkan dalam bentuk apa saja, contoh sederhananya adalah “nota”. Sedangkan untuk barang berharga lainnya dalam jumlah besar tidak menggunakan nota lagi, melainkan surat tanda serah terima.

Surat tanda serah terima tersebut menjadi peranan penting sebagai bukti dalam transaksi jual beli barang.

Dengan adanya surat ini, kamu pemilik barang akan dapat mempertanggungjawabkan apabila sewaktu-waktu barang tersebut mengalami kerusakan sehingga dapat diproses kembali.

Seperti apa contoh surat tanda terima yang di sahkan? Simak ulasan berikut ini:

Pengertian Surat Tanda Terima

Contoh Surat Tanda Terima – Surat tanda terima adalah sebuah tanda bukti yang dikirim oleh lembaga atau instansi bahwa telah terjadi transaksi penerimaan barang atau jasa yang diberikan.

Namun, dokumen ini sangat berbeda dengan kwitansi. Lantas, apa perbedaan kwitansi dengan surat tanda terima?

Perbedaannya yaitu surat tanda terima dapat dilihat dalam penyerahan sebuah tanda terima produk bahwasannya sudah dikirimkan kelokasi yang dituju.

Sedangkan kwitansi yaitu sebuah tanda bukti yang bersifat sah dalam transaksi pembayaran yang dilakukan.

100 Contoh Poster Tentang Pendidikan Paling Lengkap

Fungsi Surat Tanda Terima

Contoh Surat Tanda Terima – Surat tanda terima berfungsi untuk mencegah terjadinya kesalah pahaman atau menghindari kekeliruan yang mungkin akan terjadi dan menguntungkan kedua belah pihak.

Secara umum, surat tanda terima dapat menjadi bukti kuat yang disepakati antara penjual dan pembeli sehingga tidak dapat diganggu gugat.

Komponen-komponen Surat Tanda Terima Perusahaan

Contoh Surat Tanda Terima – Sebelum membuat surat tanda terima, masing-masing perusahaan atau kantor mempunyai format yang berbeda-beda.

Komponen-komponen surat tanda terima ini harus kamu terapkan pada surat tanda terima yang kamu buat. Simak komponen surat tanda terima berikut ini:

  • Identitas dari perusahaan seperti simbol dari pihak perusahaan, nama, alamat dan telepon/email.
  • Keterangan waktu yang lengkap dengan bulan, tanggal dan tahun.
  • Jenis barang / layanan yang ditawarkan.
  • Total harga barang / layanan yang ditawarkan dengan keterangan meliputi, PPN (jika diperlukan) dan juga diskon harga (jika ada).
  • Terakhir penetapan metode pembayaran yang digunakan oleh pihak penerima barang, baik secara kredit ataupun tunai dan melalui proses transfer dan lain sebagainya.

14 Contoh Surat Penagihan Sesuai Kebutuhan Terbaru di Tahun 2020

1. Contoh Surat Tanda Terima Pembayaran Pelunasan Barang

Contoh Surat Tanda Terima

Contoh Surat Tanda Terima – Saat kamu bekerja di sebuah perusahaan ataupun instansi, kamu sudah memahami cara kerja surat tanda terima ini.

Sebab, format penulisan surat tanda terima ini terbilang cukup mudah dikarenakan sudah banyak contoh surat tanda terima yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

Agar lebih jelasnya simak contoh surat tanda terima lengkap berikut ini:

PT. SALES PRODUK BEAUTY

PARFUM – MAKEUP – LULUR

Jl. Singaparna No. 19. Jakarta Selatan

Telp 021992812; Fax. 021128128

SURAT TANDA TERIMA

Nomor: 345/TK/9/2019

Pada hari Senin, 28 April 2020, Kami yang bertanda tangan di bawah ini, telah menerima sejumlah uang sebagai bukti pembayaran pelunasan barang sebesar Rp. 10.500.000 (sepuluh juta lima ratus ribu rupiah) yang didapatkan dari PIHAK KEDUA>

Sebagai bentuk pelunasan pembayaran pembelian barang yaitu 100 unit produk kecantikan yang terdiri dari, parfum, makeup dan lulur. Persetujuan ini akan disetujuan dan ditandantangani langsung oleh PIHAK KEDUA :

Nama                                    : Achmad Zaenuri Ramadhan

NIK                                         : 2928273481927

Alamat                                  : Jl Perum Waringin Blok c29 Kecamatan Pulo Gadung Kelurahan Ramayana Jakarta Timur

Demikian surat tanda terima ini saya buat dengan sebaik-baiknya, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Serta digunakan sebagai tanda bukti bahwa pembelian yang dilakukan oleh PIHAK KEDUA telah lunas dibayarkan serta akan diproses pengirimannya.

Pengiriman akan dilakukan oleh pihak ekspedisi tercepat sehingga akan memakan waktu 2-4 hari. Semua biaya yang menyangkut dengan ekspedisi akan menjadi tanggung jawab kami.

Terkait informasi pengiriman akan kami kabarkan setelah nomor resi pengiriman. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.

Jakarta Selatan, 27 April 2020

Penerima,

Kasir PT, Sales Produk Beauty

Sri Waluyo Handayani

2. Contoh Surat Tanda Terima Pembayaran DP Rumah

Contoh Surat Tanda Terima

Contoh Surat Tanda Terima – Sebelum melakukan transaksi pembayaran rumah, akan ada surat tanda terima pembayaran yang telah disahkan oleh masing-masing pihak. Sebab, surat tanda terima pembayaran DP rumah merupakan tanda persetujuan dari pihak developer dengan pembeli.

Surat ini akan difungsikan sebagai jaminan bahwa pembeli telah memberikan uang DP yang dibayarkan di awal. Serta dapat dijadikan surat ganti kepemilikan rumah yang asli. Karena, di dalam surat tanda terima pembayaran rumah mencantumkan informasi penting.

6+ Contoh Teks Ceramah Agama Islam Beserta Dalilnya

Agar lebih jelasnya, simak contoh surat pembayaran DP rumah berikut ini:

PT. SELEKSI DEVELOPER

Jl. Pramuniaga Jaya No. 119, Ramamangun Jakarta Timur

Website : www.seleksideveloper.com

Email : adminseleksi.kontak@gmail.com

SURAT TANDA TERIMA

Nomor. 10/FJ/DPP/VIII/2020

Pada hari senin, 24 April 2020. Kami yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan bahwa kami telah menerima sejumlah uang sebagai biaya awal pembayaran sebesar Rp 45.000.000 (empat puluh lima juta rupiah) di dapatkan dari PIHAK KEDUA.

Sebagai bentuk persetujuan pembelian rumah yang beralamatkan di Citra Kebun Mas Komplek C No. 8A. Persetujuan ini akan ditandatangani langsung oleh PIHAK KEDUA yang bernama : Dhimas Andrea

Alamat                  : Jl Semarang Piksi No. 291, Jatinegara Jakarta Selatan

NIK                         : 12122929039348

Pekerjaan           : Pegawai Negeri Sipil

Demikian surat tanda terima ini dibuat sebenar-benarnya agar dipergunakan sebagaimana mestinya. Serta surat tanda terima ini dapat menjadi bukti konkrit atas pembelian rumah yang dimaksud.

Jakarta. 24 April 2020

Yang Menerima,

Samsuardi Nainggolan

3. Contoh Surat Tanda Terima Pembayaran Mobil Bekas

Contoh Surat Tanda Terima

Contoh Surat Tanda Terima – Membeli barang bekas juga menggunakan surat tanda terima pembayaran agar transaksi menjadi lebih resmi. Segala macam pembelian barang bekas wajib disertakan dengan surat tanda terima pembayaran.

Disini aku akan mencontohkan surat tanda terima mobil bekas. Surat tanda terima ini akan diberikan kepada pelanggan setelah melakukan pelunasan pembayaran. Bedanya, surat ini tidak memakai kop, cukup dengan pernyataan dan nama jelas pihak pertama dan pihak kedua.

Surat Tanda Terima Pembayaran Mobil Bekas

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                    : Anggara Dewantoro Masberto

NIK                                         : 19283719003

Pekerjaan                           : Pegawai Swasta

Alamat                                  : Jl. Kepulauan 9 No. 110, Jakarta Selatan

Menyatakan bahwa saya telah menerima sejumlah uang guna pembayaran mobil sebesar Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah) dari PIHAK KEDUA :

Nama                    : Andrizon Saefullah Azzam

NIK                         : 192878092874009

Pekerjaan           : Wirausaha

Alamat                  : Jl. Sumedang Indramayu No. 91 Kabupaten Cileungsi

Surat ini dinyatakan sebagai tanda bukti penerimaan pembayaran terhadap mobil Isuzu Panther dengan plat B 2403 WHO atas nama Anggara Dewantoro Masberto.

Segala bentuk perawatan serta pengurusan surat izin sudah dapat ditangani oleh Bapak Andrizon Saefullah Azzam. Sehingga kedepannya, Bapak dapat mengurus mobil ini dengan baik.

Demikian surat tanda terima ini telah dibuat dengan sebenar-benarnya dan harap dipergunakan sebagaimana mestinya. Surat ini dapat menjadi bukti bahwa pembelian yang dilakukan adalah SAH sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Jakarta, 27 April 2020

Yang Menerima

Andrizon Saefullah Azzam

18 Contoh Surat Dispensasi Terbaru Lengkap Untuk Dinas dan Mahasiswa

4. Contoh Surat Tanda Terima Dokumen

Contoh Surat Tanda Terima – Sejumlah dokumen yang dibutuhkan biasanya akan dikirim menggunakan jasa pengantar atau kurir. Surat ini dibuat sebagai bentuk tanda terima akan penerimaan dokumen telah sampai pada pihak yang disepakati.

Biasanya dokumen yang dimaksud akan bersifat penting, seperti dokumen Sertifikat Tanah ataupun dokumen kesepakatan antar kantor. Maka, biaya yang dikeluarkan juga akan menjamin keamanan dokumen tersebut.

Surat Tanda Terima Dokumen

PT. KERTASINDO.TBK

Jl. Kebudayaan No. 112, Cikarang Timur

Website: www.kertasindo.com

Email: kertasindo.info@gmail.com

SURAT TANDA TERIMA

Nomor.92/GA/STT/VII/2020

Sehubungan dengan adanya pembelian beberapa property yang kami lakukan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan telah menerima dokumen yang diberikan oleh PT. Adira Jaya.

Dokumen yang dimaksud adalah surat persetujuan kerjasama jual beli properti berbentuk ruko 20 lantai yang beratasnamakan Sutris Hendra. Ruko yang beralamat di jalan Cipta Karya No.33, Cikarang Timur akan dibeli atas:

Nama                    : Sutris Hendra

NIK                         : 18273927003

Pekerjaan           : Pegawai Swasta

Alamat                  : Jl. Keramaian Sangat 8 No. 29 Cikarang Barat

Sehubungan dengan pembayaran atas property diatas yang telah disebutkan, maka dengan ini kami lampirkan pula kwitansi pembayaran terhadap Bapak Sutris Hendra senilai Rp. 1.000.000.000 (satu miliar rupiah)

Adapun saya lampirkan juga tanda pembelian awal yang telah diberikan sebagai barang bukti atas transaksi diatas. Sehingga tidak terjadi kekeliruan di masa mendatang.

Demikian tanda terima ini dibuat sejelas-jelasnya agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Dan semoga kerjasama ini akan terus berjalan dengan baik. Terima kasih.

Cikarang, 27 April 2020

Yang Menerima

Hendra Purwanto Sadam

5. Contoh Surat Tanda Terima Barang Pinjaman

Surat tanda terima ini berfungsi untuk peminjaman barang dari pihak satu ke pihak lainnya. Surat tanda terima barang pinjaman ini dberlakukan jika barang yang dipinjam termasuk barang yang mempunyai nilai jual tinggi.

Sesudahnya jika barang tersebut dikembalikan, maka harus ada surat tanda terima pengembalian barangnya. Agar masing-masing pihak pertama ke pihak kedua akan memperolah kerjasama dan kesepakatan yang baik.

Jika terjadi kerusahakan pada barang yang dipinjamkan, maka pihak yang meminjam bisa dimintai pertanggungjawabkan untuk memperbaiki barang yang rusak atau menggantinya.

11+ Contoh Surat Lamaran Kerja Paling Ampuh Diterima Kerja

Surat Tanda Terima Barang Pinjaman

PT. Saturday Apparel

Jl. Soekarno-Hatta No. 118 Jakarta Selatan

Website: www.Saturday.com

Email: Saturday.info@gmail.com

SURAT TANDA TERIMA

Nomor.19/GA/STT/VII/2020

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan sudah menerima 5 unit Apple dari:

Nama                    : Dhimas Anggara Saputro

NIK                         : 18736280009

Pekerjaan           : Pegawai Swasta

Alamat                  : Jl. Kedondong 18 No. 192, Jakarta Barat

Sudah diterima dalam kondisi baik serta sudah melewati proses pengecekan barang terlebih dahulu. Apple tersebut akan kembali kami kirimkan.

Serta akan dilampirkan juga surat pengembalian barangnya pada tanggal 29 April 2020. Semoga kerjasama antara sesama relasi ini akan selalu berjalan dengan baik.

Demikian surat ini kami buat sejelas-jelasnya dan sesingkat-singkatnya. Harap surat tanda terima ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dikemudian hari. Terima kasih.

Jakarta, 29 April 2020

Yang Menerima,

Sandra Dewi Rahmana

6. Contoh Surat Tanda Terima Barang Inventaris Kantor

Surat tanda terima ini dibuat oleh seseorang yang mempunyai kedudukan tinggi sebagai bentuk tanda penerimaan barang inventaris kantor yang diberikan kepada pihak tersebut.

Surat tanda terima ini akan dilakukan sebagai surat persetujuan penerimaan investaris untuk dicatat rincian penerimaan barang-barang yang sudah diberikan kepada orang tersebut.


8 Contoh Surat Penunjukan kerja Bendahara, Pelaporan Pajak Perusahaan

Surat Tanda Terima Barang Inventaris Kantor

PT. Laksamana Chao

Jl. Soekarno-Hatta No 19, Jakarta Selatan

Website: www.laksamanachao.com

Email: laksamanachao.info@gmail.com

SURAT TANDA TERIMA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, menyatakan dan membuat surat tanda terima ini sebagai bukti jelas bahwa saya yang:

Bernama              : Satria Baja Hitam

NIK                         : 1938237008

Jabatan                : Manager Pemasaran

Alamat                  : Jl. Kebayoran 8 No. 172, Jakarta Selatan

Adapun barang inventaris kantor yang saya terima adalah sebagai berikut:

1 Mobil Avanza dengan plat B 1212 UHT

1 Rumah di kawasan perumahan kantor Blok C4 No.9

Selanjutnya barang itu akan saya gunakan sebaik-baiknya untuk keperluan kantor. Setelah penandatanganan surat ini, maka semua tanggung jawab serta perawatan atas barang-barang inventaris akan menjadi tanggungan saya.

Sebagai pertanggungjawab, setiap pengeluaran biaya perawatan akan saya perinci agar bisa diproses melalui staf bendahara kantor. Setelahnya akan saya konfirmasikan ke bagian keuangan.

Segala bentuk penggunaan serta biaya perawatan akan selalu saya laporkan pada setiap bulannya agar tidak terjadi kekeliruan. Dan untuk surat kepemilikan rumah, sudah saya terima dan akan diserahkan kembali ke bagian administrasi agar dapat diproses.

Demikian surat tanda terima ini saya buat dengan jelas dan sebenar-benarnya. Dan agar dapat dipergunakan sebaik-baiknya dikemudian hari. Terima kasih.

Jakarta, 27 April 2020

Yang Menerima,

Manager Pemasaran PT. Laksamana Chao

Itulah contoh surat tanda terima berbagai tujuan. Sebenarnya, surat tanda terima berlaku untuk berbagai kebutuhan seperti sertifikat tanah, laporan polisi, pembayaran, gaji dan lain sebagainya.

surat tanda terima dibuat dalam bentuk dokumen, surat dan proposal atau bisa juga dibentuk menjadi PDF.

Semoga menjadi lebih bermanfaat.