contoh surat peringatan

Contoh surat peringatan memiliki peranan penting di dalam dunia kerja. Surat peringatan adalah sebuah surat teguran terhadap kesalahan yang dilakukan karyawan atau pegawai dalam sebuah perusahaan terkait.

Ada banyak macam contoh surat peringatan yang dikeluarkan oleh atasan kepada karyawan dan juga pegawai yang melakukan kesalahan.

Surat peringatan biasanya dibuat mengikuti kesalahan pegawai atau karyawan yang dilakukan terhadap sebuah perusahaan.

Sedangkan fungsi surat peringatan adalah pernyataan teguran atau pengawasan terhadap kinerja karyawan. Selain itu surat peringatan juga diartikan sebagai teguran agar tidak melakukan kesalahan yang berulang-ulang.

Sebagian orang telah menyadari bahwa surat peringatan hanya dapat dikeluarkan oleh pihak manajemen perusahaan yang secara khusus diberikan kepada pegawai kantor, karyawan yang secara sengaja maupun tidak sengaja melanggar aturan dan kontrak kerja yang telah disepakati.

Sehingga contoh surat peringatan ini akan dapat digunakan sebagai konsep untuk manajemen perusahaan.

Seperti yang telah penulis sebutkan diatas bahwa ada banyak macam jenis surat peringatan yang dibuat dalam masing-masing perusahaan. Berbeda masalah yang dilakukan maka berbeda pula bentuk isi surat peringatan tersebut.

Nah setelah penulis jelaskan diatas tadi, yuk simak macam-macam contoh surat peringatan dibawah ini.

Agar tidak panjang lebar, yuk simak contoh surat peringatan yang baik dan benar berikut ini:

1. Contoh Surat Peringatan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Sebagai salah satu pegawai negeri sipil juga akan mendapatkan surat peringatan secara resmi yang dikeluarkan oleh kantor pemerintahan jika melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan para aparatur negara.

Salah satu contohnya adalah melanggar aturan atau kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintahan di dalam undang-undang.

Berikut contoh surat peringatan pegawai negeri sipil yang baik dan benar untuk dijadikan referensi.

Surat Peringatan PNS

PEMERINTAH KOTA BEKASI

DINAS KETENAGA KERJAAN

Jl. Kalimalang 1 No. 18

SURAT PERINGATAN

Nomor: 19/29937/12980928

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Menyatakan surat peringatan ini kepada:

Nama                                    : Rudi Irawan

NIP                                         : 88298198

Jabatan                                : Staff

Bersamaan dengan peraturan tentang tata tertib kedisiplinan Kota Bekasi, maka dengan ini pemerintah kota memberikan surat peringatan atas pelanggaran administratif.

Terkait pelanggaran yang dilakukan sengaja tidak melaksanakan tugasnya atau tidak masuk kerja tanpa keterangan selama 5 hari berturut-turut.

Berikut syarat dan ketentuan yang tertera dalam surat peringatan:

  1. Masa surat peringatan ini berlaku hingga 7 hari kedepan terhitung dari surat penerbitan surat resmi oleh dinas pendidikan Kota Bekasi.
  2. Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam undang-undang tentang pelanggaran administrasi oleh pegawai negeri sipil UU No 98 / Ketenagakerjaan/ 299238. Maka yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi berupa pemotongan gaji sebesar 10% di bulan Oktober 2020.

Demikian kami sampaikan surat peringatan ini agar dapat diperhatikan secara jelas. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Bekasi, 18 Oktober 2020

Mengetahui

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi

2. Contoh Surat Peringatan Pertama Karyawan Kontraktor

Sebagai perusahaan kontraktor, biasanya telah tertulis sistem kerja yang diatur dengan kontrak kerja dalam waktu tertentu.

Biasanya surat peringatan ini akan diberlakukan kepada kontraktor apabila dalam waktu yang telah dibuat untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan tidak mengikuti syarat dan ketentuan yang telah disepakati.

Maka, surat peringatan pertama yang dikeluarkan oleh pihak terkait apabila perusahaan tersebut melakukan pelanggaran terhadap pihak lain.

Agar mudah dipahami, simak contoh surat peringatan pertama untuk karyawaran kontraktor berikut ini.

Surat Peringatan Pertama

DINAS KOTA PEKANBARU

Jl. Arengka II No 19

Pekanbaru, 18 Oktober 2020

Nomor                  : 119/THB/Kontraktor

Lampiran             :

Hal                          : Peringatan 1 (Keterlambatan Kerja)

Kepada Yth,

Direktur Utama PT. Caltex Indonesia

Jl. Marpoyan No. 8 Pekanbaru

Contoh Surat Pesanan Barang

Dengan hormat,

Sehubungan dengan kerjasama dan dimulainya pekerjaan untuk pembangunan jalan utama pemerintah Kota Pekanbaru. Dalam peraturan yang ada dalam kontrak kerja no. 199278/293. Yang mestinya tanggal 20 Oktober seharusnya pekerjaan telah selesai. Namun dari tanggal yang ditetapkan oleh PT. Caltex Indonesia mengalami keterlambatan kerja selama 2 minggu.

Maka kami menghimbau agar dapat melakukan perbaikan kinerja demi tercapainya kesepakatan kontrak kerja yang telah disepakati bersama. Agar tetap berjalan baik dan saling menguntungkan untuk semua pihak. Sehingga kami mengeluarkan surat ini untuk menghimbau agar PT. Caltex Indonesia mempercepat kerja agar dapat selesai akhir bulan Oktober. Sudilah kiranya agar surat peringatan ini diperhatikan dengan sebaik-baiknya. Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

Pemerintahan Dinas Kota Pekanbaru

Yanto Akmaludin

3. Contoh Surat Peringatan Karyawan

Surat peringatan tidak hanya bergantung pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan saja. Namun Surat peringatan juga berfungsi untuk pemanggilan kepada yang bersangkutan.

Surat peringatan ini hanya akan berlaku selama tiga kali pemanggilan dengan kesalahan yang dilakukan berulang-ulang sebanyak tiga kali pula.

Simak contoh surat peringatan untuk karyawan berikut ini.

Surat Peringatan Untuk Karyawan

PT.Ganda Persada

Jl. Riau No 19 Pekanbaru

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)

Nomor: 18/29739/2892793

Contoh Surat Peminjaman Barang

Adapun surat peringatan dibawah ini:

Nama                                    : Nana Suparna

NIP                                         : 289289389270

Jabatan                                : Staff IT

Sebagaimana dengan peraturan tentang kedisiplinan kerja. Bahwa saudara yang bersangkutan telah melanggar peraturan pasal 6 ayat 1 dalam peraturan perusahaan ketenaga kerjaan yang menyatakan wajib melaksanakan tugas 5 hari dalam seminggu. Maka perkara saudara karena tidak masuk kerja selama 5 hari berturut-turut tanpa alasan maka akan dikenakan sanksi berupa surat peringatan atau (SP-1).

Bersama dengan pernyataan surat peringatan ini maka saudara akan diminta untuk hadir pada hari senin tanggal 19 Oktober 2020 untuk mendapatkan pengarahan oleh bagian SDM Perusahaan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih, Kami berharap agar dapat dipahami sebaik-baiknya.

Direktur PT. Ganda Persada

Mutiara Hanung Ningrum

4. Contoh Surat Peringatan Guru

Selain untuk pegawai dan karyawan, surat peringatan juga digunakan untuk guru yang tidak melakukan tugas dengan baik atau melakukan pelanggaran yang tidak sesuai dengan ketentuan yang dibuat sekolah.

Jika guru yang melakukan pelanggaran sehingga harus diberikan sanksi pelanggaran disiplin guru. Nah agar lebih mudah dipahami simak contoh surat peringatan guru berikut ini.

Surat Peringatan Untuk Guru

SMK Singa Perbangsa

Jalan Singa Perbangsa, Kabupaten Karawang

Nomor                                  : 88287937

Perihal                                  : Peringatan

Lampiran                             : –

Kepada Yth                         : Mrs Netty Spd

Guru Mapel                        : Bahasa Inggris

Di tempat

Kepada saudara yang kami hormati Ibu Netty Spd, kami selaku kepala Sekolah SMK Singa Perbangsa ingin menyampaikan surat peringatan pertama. Hal ini memiliki keterkaitan dengan pelanggaran disiplin yang sering dilalaikan yakni tidak masuk dikelas sesuai jam mata pelajaran berlangsung tanpa keterangan. Pelanggaran ini membuat terhambatnya proses pembelajaran mata pelajaran fisika di SMK Putra Bangsa.

Bersama dengan surat peringatan pertama ini kami mohon agar dapat dipahami dengan sebaik-baiknya. Kami harap Mrs Netty dapat masuk dan mengajar kembali seperti biasa keesokan harinya. Namun apabila pelanggaran ini masih terjadi lagi sehingga pihak sekolah akan meningkatkan status peringatan kepada Mrs Netty.

Sekian surat peringatan ini kami buat dengan sebaik-baiknya. Mohon digunakan dengan sebijaksana mungkin. Atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kepala Sekolah SMK Singa Perbangsa

Amiruddin Kappa M.P.d

5. Contoh Surat Peringatan Pelanggaran Kinerja

Sebagai perusahaan besar biasanya menggunakan surat peringatan untuk menegur atau memberi sanksi kepada salah seorang pegawai yang gagal dalam mencapai target.

Tentunya surat peringatan ini diberikan secara bertahap sebagai tanda peringatan. Hal ini bermaksud untuk mengingatkan agar karyawan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Nah, berikut ini contoh surat peringatan karyawan yang melakukan pelanggaran yang tidak mencapai target.

Surat Peringatan Pelanggaran Kinerja

PT. Batu Akik

Jl. Batu Akik 3 No 19 Padang Sumatera Barat

Telp: 082080908

Email: batuakik@gmail.com

SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)

Nomor: 7827937/HRD 797938

Contoh Surat Penagihan

Dengan ini kami ingin menyampaikan surat peringatan kepada:

Nama                                                    : Junjun Wijaya Kusuma

Jabatan                                                : Sales Marketing

Bersama dengan surat peringatan ini agar terwujudnya sistem kerja yang disiplin dan produktifitas, maka kami dari pihak PT. Batu Akik menyampaikan kepada saudara diatas telah melakukan pelanggaran tata tertib tentang kedisiplinan kerja.

Berdasarkan laporan evaluasi bahwa saudara yang bersangkutan telah mengalami penurunan daya kinerja sehingga menimbulkan kerugian pada produksi perusahaan. Hal ini sesuai kesepakatan yang telah disepakati bahwa pelanggaran penurunan performa kerja saudara maka dikenakan sanksi pemotongan gaji sebesar 20%.

Sekian kami sampaikan surat peringatan ini. Semoga surat ini dapat diperhatikan dengan sebagaimana mestinya agar dapat dijadikan landasan untuk meningkatkan kinerja saudara pada hari berikutnya.

Dengan hormat,

Kepala HRD PT. Batu Akik

Surya Ganda Lintang

6. Contoh Surat Peringatan Pembayaran

Surat peringatan tidak hanya berlaku untuk karyawan dan pegawai saja, biasanya juga berguna untuk melakukan pembayaran.

Berikut contoh surat peringatan pembayaran sederhana yang benar untuk dijadikan referensi.

Surat Peringatan Pembayaran

Makassar, 19 Oktober 2020

Nomor                  : 19/98/TB

Lampiran             : –

Perihal                  : Teguran Pembayaran

Kepada Yth,

Staff Manager PT.  Batu Alam Indonesia

Jl. Karya Bakti No. 82

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami sampaikan mengenai tanggungan biaya yang dalam tunggakan pembayaran batu alam perusahaan sebesar Rp 89.000.000,- dengan nomor faktur : 9921/80 Kg beserta salinan yang kami cantumkan dalam lampiran surat ini.

Dengan demikian kami juga mengingatkan kembali agar pelunasan dilakukan pada waktu yang telah disepakati bersama agar tidak mengalami kesulitan di waktu yang akan datang. Adapun laporan biaya yang akan dilampirkan bersamaan dengan surat peringatan ini.

Mohon kiranya untuk dapat dipahami oleh perusahaan dan bapak pimpinan agar segera melunasi tunggakan tersebut sebelum jatuh tempo. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Suep Negoro

Manager Keuangan

7. Contoh surat Peringatan Organisasi

Selain perusahaan dan juga instansi, surat peringatan juga dapat digunakan untuk pemberitahuan OSIS yang berada dalam lingkungan sekolah.

Pada umumnya surat peringatan ini hanya dapat dikeluarkan oleh pembina OSIS tersebut. Hal ini menandakan bahwa ada peringatan bagi anggota yang melakukan kesalahan.

Berikut ini contoh surat peringatan untuk organisasi internal (OSIS) sederhana yang bisa dijadikan referensi.

Surat Peringatan Untuk Organisasi

SMA Negeri 10 Jakarta

Organisasi Siswa Intra Sekolah

Alamat: Jalan mahasiswa No 11 Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur

SURAT PERINGATAN ANGGOTA

No. 007/OSIS/SMA NEGERI 10/2020

Contoh Surat Pindah

Lampiran                             : 2 Lembar

Perihal                                  : Surat Peringatan 1

Yth,

Saudara Riko Pardede

Di tempat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bersama surat ini kami ingin menyampaikan bahwa saudara yang bersangkutan dinyatakan telah melanggar ketertiban disiplin dalam peraturan organisasi sekolah sebagaimana yang ditetapkan. Dengan kesalahan tidak hadir saudara dalam acara-acara penting sekolah. Sehingga kami memberikan peringatan kepada saudara. Apabila telah dilaksanakan rapat dengan pembina OSIS atas pelanggaran untuk ketigakalinya dalam rapat OSIS yang telah digelar pada hari sabtu 17 Oktober 2020 kemarin.

Maka dinyatakan bahwa saudara yang bersangkutan atas

Nama                                    : Riko Pardede

Kelas                                     : X IPA 4

Jabatan                                : Sekretaris OSIS

Tidak hadir dalam mengikuti rapat sebagaimana mestinya. Maka dari itu kami memberikan sanksi tegas kepada saudara agar tidak mengulangi kembali peristiwa ini di waktu yang akan datang. Demikian surat pemberitahuan ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipahami sebagaimana mestinya. Semoga menjadi bahan acuan serta saudara dapat menjalani tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan sekolah. Atas perhatian saudara kami ucapkan terima kasih banyak.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta, 19 Oktober 2020

Ketua OSIS SMA NEGERI Pembina OSIS SMA NEGERI

Yongkou Kaido                                                                                  Ahmad Zainuri

NIP: 18928930370

8. Contoh Surat Peringatan Pertama (1) untuk Perusahaan Distributor

Sebagai perusahaan distributor juga dapat mengeluarkan surat peringatan untuk karyawan yang tidak disiplin.

Berikut contoh surat peringatan pertama untuk karyawan distributor yang melakukan pelanggaran ringan.

CV. HUSNI MUBAROK

DISTRIBUTOR

Jl. Aman RT 09/RW 02 Desa Bangor Kec. Kayu Sekaki Kab. Kampar

Kode Pos 191919 Hp: 08992892793

SURAT PERINGATAN

No 101/HRD-SP/CV. HUSNI MUBAROK/XII/2020

Contoh Poster

Surat peringatan ini ditujukan kepada

Nama                                    : Jaya Gundala

Jabatan                                : Staff Pemasaran

Sehubungan dengan perilaku tidak disiplin Saudara sebagai karyawan CV. HUSNI MUBAROK yang mempunyai kewajiban sepenuhnya untuk mematuhi dan mengikuti peraturan serta disiplin dalam sebuah pekerjaan yang berlaku di kantor. Maka dengan ini kami selaku pihak divisi sumber daya manusia (SDM) memberi peringatan kepada saudara Jaya Gundala yang menjabat sebagai Staff Pemasaran atas pelanggaran yang dilakukan dalam aturan perusahaan sebagai berikut:

  1. Sering tidak masuk kerja selama 3 hari berturut-turut
  2. Sering mendapatkan pengaduan dari pelanggan tentang kepuasan pelanggan

Demikian surat ini kami tujukan kepada saudara selama menjadi karyawan CV. Husni Mubarok. Mohon agar tidak mengulangi hal yang serupa dikemudian hari.

Kampar, 19 Oktober 2020

CV. Husni Mubarok

Wahyudi Susanto

Supervisor Manager Operasional

9. Contoh Surat Peringatan 2

Surat Peringatan kedua biasanya dikeluarkan saat salah seorang karyawan melakukan pelanggaran yang terbilang cukup berat.

Sehingga diharuskan untuk diberi sanksi yang cukup berat pula. Ini terjadi karena kesalahan yang dilakukan telah melampaui aturan yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

Agar lebih jelasnya simak contoh surat peringatan kedua di bawah ini.

DISTRIBUTOR

Jl. Aman RT 09/RW 02 Desa Bangor Kec. Kayu Sekaki Kab. Kampar

Kode Pos 191919 Hp: 08992892793

SURAT PERINGATAN

No 101/HRD-SP/CV. HUSNI MUBAROK/XII/2020

Surat Peringatan ini ditujukan kepada yang bersangkutan atas

Nama                                    : Budi Mulyo

Jabatan                                : Staff Pemasaran

Surat peringatan ini dibuat berdasarkan bukti yang terjadi dan menjelaskan bahwa saudara Budi Mulyo selaku Staff Pemasaran telah melakukan salah satu kesalahan berupa:

  1. Tindakan Indislipiner yang berupa tidak hadir dalam meeting selama 3 kali berturut-turut sepanjang bulan Oktober 2020.

Sebagai seorang karyawan Saudara Budi Mulyo selaku Staff Pemasaran disarankan untuk dapat mematuhi aturan yang telah dibuat oleh CV. Husni Mubarok dan bersedia untuk hadir diruang meeting setiap diadakan oleh kantor, serta tidak diperkenankan untuk meninggalkan lokasi meeting sebelum berakhir sesuai peraturan kerja yang telah ditetapkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Tujuan dari pemberitahuan surat peringatan ini sebagai berikut:

Surat peringatan ini dibuat untuk pengarahan dan peringatan kepada saudara Budi Mulyo untuk dapat mengikuti peraturan kerja yang telah ditetapkan sesuai aturan yang berlaku.

Pemberian sanksi dari kantor sebagai berikut:

Sehubungan dengan tindakan indisipliner yang saudara Budi Mulyo lakukan, maka pihak CV. Husni Mubarok memberikan hukuman berupa larangan untuk menggunakan fasilitas kantor yang terdiri dari:

  1. Dilarang menggunakan fasilitas kendaraan inventaris CV. Husni Mubarok.
  2. Dilarang menggunakan fasilitas tempat tinggal (mess) CV. Husni Mubarok.

Hukuman yang diberikan mulai berlaku periode tanggal 20 Oktober 2020 sampai dengan 20 November 2020.

Demikian surat peringatan ini diterbitkan untuk menjadi acuan sebagai perubahan sikap dan perilaku ke arah yang lebih disiplin lagi agar saudara Budi Mulyo dapat memperhatikan dan segera memperbaiki kinerja saudara selam berada di kantor CV. Husni Mubarok. Atas perhatian saudara kami ucapkan terima kasih.

Kampar, 19 Oktober 2020

Diterima dan disetujui oleh, Mengetahui

Sukma Jaya

Direktur Utama Manager HRD

10. Contoh Surat Peringatan 3

Contoh surat peringatan ketiga ini biasanya dikeluarkan saat karyawan melakukan pelanggaran atau kesalahan yang fatal bagi perusahaan terkait. Sehingga perusahaan harus memberikan sanksi yang berat pula.

Biasanya akibat yang diterima karyawan bisa saja diputuskan kontrak atau kerjasama yang dibangun sebelumnya. Hal ini wajar saja dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk mengurangi kerugian yang dialaminya.

Nah, seperti apa contoh surat peringatan ketiga tersebut? Simak contoh surat peringatan ketiga dalam perusahaan distributor berikut ini.

DISTRIBUTOR

Jl. Aman RT 09/RW 02 Desa Bangor Kec. Kayu Sekaki Kab. Kampar

Kode Pos 191919 Hp: 08992892793

SURAT PERINGATAN

No 101/HRD-SP/CV. HUSNI MUBAROK/XII/2020

Contoh Teks Ceramah

Surat Peringatan ini diberikan kepada:

Nama                                    : Intan Maya Sari

Jabatan                                : Staff IT

Surat pernyataan ini dibuat berdasarkan hasil dari rekapitulasi daftar hadir karyawan perusahaan yang mengetaui adanya indikasi perilaku indisipliner yang ditujukan kepada saudari Intan Maya Sari selaku staff IT CV. Husni Mubarok yang mana telah melakukan pelanggaran tidak masuk kantor selama lebih dari 10 hari sejak bulan Oktober 2020.

Sebagai seorang pegawai mestinya saudari Intan Maya Sari harus mematuhi tata tertib kerja serta bersedia untuk datang pada waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan yaitu pukul 07.30 WIB.

Surat peringatan ini disampaikan untuk arahan sekaligus peringatan terhadap saudari Intan Maya Sari agar bersedia mematuhi aturan dan tidak melakukan kesalahan yang bisa merugikan perusahaan.

Sehubungan dengan tindakan indisipliner tersebut, maka dari itu pihak perusahaan akan memberikan sanksi kepada saudari Intan Maya Sari berupa larangan dalam menggunakan fasilitas kantor kendaraan dan peralatan elektronik milik perusahaan. Sanksi tersebut berlaku semenjak dikeluarkannya surat peringatan ini.

Dihimbau kepada saudari bahwa CV. Husni Mubarok hanya memberikan surat peringatan sekali dan jika dikemudian hari saudari masih melakukan kesalahan yang serupa, maka CV. Husni Mubarok akan memutuskan hubungan kerja dengan saudari.

Demikian surat ini dikeluarkan untuk menjadi bahan perhatian dan perintah untuk saudari.

Kampar, 19 Oktober 2020

Mengetahui,

Bandot Elang Wiranto

Direktur Utama Manager HRD

Itulah macam-macam contoh surat peringatan yang dapat digunakan dalam perusahaan. Dari beberapa contoh diatas dapat disimpulkan bahwa surat perintah merupakan surat pemberitahuan terhadap suatu masalah dari masing-masing pihak terkait.

Contoh Surat Pengaduan

Meskipun jenis surat terlihat berbeda-beda, namun isi pesan mempunyai sifat yang sama. Sifat rahasia membuat surat peringatan diartiken sebagai bentuk peringatan atau warning.

Hal ini bisa saja terjadi dalam sebuah organisasi, sekolah ataupun perusahaan yang menyangkut dengan karyawan, pegawai yang telah terikat kontrak kerja.

Sehingga peringatan tersebut harus ditindaklanjuti sebagai bentuk perhatian dan ketaatan karyawan terhadap peraturan perusahaan.

Semoga dapat dipahami dengan baik. Terutama dapat digunakan untuk referensi ya.

Related Posts