contoh surat pembaca

contoh surat pembaca

Contoh surat pembaca akan sering dijumpai dalam media surat kabar seperti di koran. Namun sebagian orang tidak paham akan pentingnya surat pembaca.

Meskipun penggunaan surat di era saat ini sudah berkurang, hal ini tidak mengurangi peminat surat pembaca. Buktinya masih banyak yang mencari contoh surat pembaca di internet.

Surat pembaca ditujukan bukan untuk perorangan melainkan khalayak ramai. Surat ini berfungsi sebagai media untuk menyampaikan saran, kritik, pujian atau informasi penting lainnya.

Setelah itu surat pembaca akan dicetak untuk dipajang di majalah dinding atau tempat umum lainnya.

Sebelum masuk ke contoh surat pembaca, yuk pahami cara membuat surat pembaca yang baik dan benar.

Cara Membuat Surat Pembaca

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat surat pembaca yang baik dan benar, Yuk simak!

  • Susunan Kalimat

Di dalam surat pembaca wajib mencantumkan alamat tujuan. Hal ini bertujuan agar dapat diketahui kepada siapa surat tersebut ditujukan.

  • Gaya Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam membuat surat pembaca mempunyai karakter yang berbeda-beda. Ada yang karakternya menyindir, mempertanyakan, menghimbau, bahkan ada yang membuat surat pembaca dalam bentuk puisi.

  • Sopan Santun

Meskipun sifatnya menyindir, surat pembaca harus menerapkan bahasa sopan santun. Hal ini untuk menghindari rasa sakit hati kepada yang ditujukan.

Langkah-langkah Menulis Surat Pembaca

Berikut ini penulis uraikan tata cara membuat surat pembaca yang baik dan benar. Agar lebih mudah dipahami, yuk simak!

10 Contoh Daftar Riwayat Hidup

  • Menentukan permasalahan, usul atau saran yang disampaikan

Sebagai penulis surat, fokus terhadap permasalahan yang akan dijadikan tema, memberi solusi, menyebutkan pandangan pro dan kontra serta wacana alternatif.

  • Menentukan Hal-hal penting

Membuat surat pembaca harus ditulis secara singkat dan padat. Surat pembaca yang akan dicetak hanya memuat 3-5 paragraf. Asalkan tulisan jelas dan tidak berbelit-belit.

  • Menulis Dengan Format

Format terdiri dari judul, pembukaan, isi surat dan identitas lengkap pengirim.

  • Menyunting Surat

Jika surat telah selesai dibuat, cobalah untuk tidak membaca ulang sebelum dikirim ke media cetak.

  • Mengirim Surat

Ada baiknya untuk melihat kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam surat. Biasanya redaksi media massa meminta agar dapat melampirkan kartu identitas yang masih berlaku.

Setelah memahami cara membuat surat pembaca, penulis akan memberikan contoh-contoh surat pembaca yang paling sering digunakan khalayak umum.

Dari sekian banyak contoh surat pembaca, berikut yang paling sering digunakan yaitu, surat pembaca tentang lingkungan sekolah, surat pembaca tentang lingkungan masyarakat, surat pembaca tentang taman sekolah, dan surat pembaca tentang lingkungan rumah

Contoh Surat Pembaca

Surat pembaca biasanya difungsikan sebagai cara agar informasi tersampaikan dengan baik. Hal ini bisa terjadi dalam lingkungan sekolah yang berkaitan dengan murid, guru hingga kepala sekolah.

Berikut ini contoh surat pembaca singkat tentang lingkungan sekolah:

1. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Menyampaikan Keluhan

contoh surat pembaca

 

Surat Pembaca

Kepada Yth

Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Rawamangun

Assalamualaikum Warahmautullahi Wabarakatuh

Saya selaku Osis Sma Negeri 2 Rawamangun ingin menyampaikan tawaran yang diajukan oleh toko peralatan percetakan dan Fotocopy yang sedang melakukan promosi pembukaan cabang.

Toko tersebut ingin menawarkan kepada siswa/i SMA Negeri 2 Rawamangun kelas XII yang mana sebentar lagi akan melaksanakan ujian nasional akan memberikan secara gratis paket alat tulis pensil 2B.

Pemilik toko tersebut menyarankan agar menyerahkan fotocopy kartu pelajar paling lambat tanggal 15 Oktober 2020. Apabila Bapak menyetujui penawaran ini, kami akan membuat surat resmi untuk dibagikan kepada siswa/i kelas XII.

Kami mohon kepada Bapak untuk menjawab surat ini secepatnya. Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ketua Osis SMA Negeri 2 Rawamangun

Rizki Abadi

2. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Menyampaikan Kritikan

contoh surat pembaca

Bukan hanya berisikan informasi, surat pembaca juga dapat digunakan sebagai bukti kekecewaan dalam suatu permasalahan.

Berikut contoh surat pembaca kritikan dalam suatu universitas:

Surat Pembaca

Kepada Yth

Kepala Jurusan Program Study Bahasa Indonesia

Universitas Jakarta

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saya selaku pengusaha minuman mengaku sangat kecewa terhadap panitia penyelenggara acara pentas seni di Universitas Jakarta yang digelar pada tanggal 15 September 2020.

Contoh Poster Pendidikan

Dimana saya menyetujui proposal sponsor yang diserahkan oleh penyelenggara anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jakarta.

Tercantum di proposal, saya diberi penawaran untuk menyediakan minuman sebanyak 700 buah dengan harga murah. Kemudian pihak penyelenggara berjanji akan memasang banner berisikan nama usaha saya di acara tersebut.

Sangat mengecewakan, di hari acara tersebut tidak ada banner berisikan nama usaha saya seperti yang dijanjikan di proposal.

Saat karyawan saya berusaha meminta penjelasan tidak ada titik terang yang diberikan, dimana banyak alasan yang disampaikan oleh pihak penyelenggara.

Sejak awal akan dipasang nanti, buktinya belum dipasang sampai acara tersebut berlangsung. Ada sebuah alasan yang disampaikan bahwa tidak ada perintah dari ketua pelaksanana untuk pemasangannya.

Maka disini saya minta kerjasamanya kepada Bapak kepala jurusan selaku penanggung jawab di acara tersebut.

Jika dianjurkan untuk datang ke universitas, saya siap bertemu dengan panitia dan penanggung jawab.

Demikian surat ini saya buat untuk menyampaikan kekecewaan saya, semoga mendapat tanggapan yang baik dari panitia dan Bapak kepala jurusan. Besar harapan saya untuk dapat diselesaikan secara baik.

Atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Saya

Juanda Wanti

3. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Menyampaikan Pujian

contoh surat pembaca

Surat pembaca bertujuan untuk memberi pujian dalam lingkungan sekolah. Hal ini disampaikan saat salah seorang pihak kepala sekolah membuat kebijakan baru yang disepakati secara bersamaan sehingga pantas diapresiasi.

Surat Pembaca

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat pihak sekolah SMA Negeri 1 Rawamangun

Selamat atas terpilihnya Bapak Putra Kusuma sebagai kepala sekolah baru. Sejujurnya, semenjak dua bulan setelah kepemimpinan bapak ada perubahan yang disarakan oleh anak-anak kami di sekolah.

Saya juga mengagumi ketika bapak menetapkan program baru yang berisikan tentang kegitatan menghafal Al-Quran setiap 1 jam sebelum masuk kelas dan diitambah dengan sholat Dhuha.

Contoh Surat Penagihan

Program tersebut memberi dampak positif kepada anak-anak kami, sehingga mereka tidak hanya mendapatkan ilmu dunia saja melainkan akhirat juga.

Semoga program tersebut berjalan sebagaimana mestinya dan bapak bisa meningkatkan kebijakan-kebijakan baru yang lebih baik lagi.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian bapak kami ucapkan terimakasih dan sehat selalu.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Kami

Wali Murid

Herman Juntak

4. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Sekolah Menyampaikan Saran

Surat pembaca juga dapat digunakan untuk menyampaikan kritik dan juga saran yang terjadi dalam lingkungan sekolah.

Berikut ini contoh surat pembaca dalam memberikan saran yang baik dan benar:

Contoh Surat Pindah Sekolah

Surat Pembaca

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 9 Rawamangun

Dalam waktu dekat ini SMA Negeri 9 Rawamangun akan mengadakan acara ulang tahun sekolah yang ke 41 tahun. Menurut saya sekolah baiknya mencoba merayakannya dengan cara yang berbeda.

Saya ingin memberikan saran agar sekolah mengadakan acara bakti sosial ke sejumlah yayasan / panti asuhan. Selama acara bakti sosial tersebut dilengkapi kegiatan lainnya seperti makan bersama dan bermain bersama.

Dari tiap-tiap kelas wajib mengunjungi 1 yayasan / panti asuhan, sehingga murid-murid dapat bersosial dengan anak-anak di panti asuhan, bukan hanya sekedar berdonasi saja.

Demikian saran yang dapat kami sampaikan terkait inovasi dalam acara ulang tahun sekolah. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan di acara rapat antar kepala sekolah dan OSIS selanjutnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hormat Saya

Junaedi Anjun

5. Contoh Surat Pembaca Tentang Pelayanan Buruk Bank

Seperti yang telah kamu ketahui, ada beberapa bank di Indonesiayang menyediakan layanan baik dan adapula yang buruk.

Namun disaat mendapatkan pelayanan yang buruk, akan sangat menjengkelkan pastinya. Inilah yang harus kamu lakukan disaat hal itu terjadi. Yuk simak referensi berikut ini!

Saya selaku pengguna baru pada Bank Internasional dimana nomor kartu saya 9279201709292 yang merasa kecewa terhadap pelayanan yang diberikan.

Pihak bank menyebutkan bahwa kartu saya akan dikirim ke alamat kantor saya pada tanggal 1 Oktober 2020.

Namun dihari berikutnya ada pemberitahuan bahwa kartu saya diretur dengan keterangan saya telah resign sehingga nama tidak terdaftar. Padahal saya telah menuliskan nama dan alamat kantor dengan benar.

Rekan kerja saya pun sudah saya tanyakan perihal kurir yang mengantar tetapi tidak ada kurir yang datang menemui saya.

Saya telah mencoba mengubungi pihak bank internasional untuk keterangan lebih lanjut. Alasan yang diberikan tidak jelas.

Semoga dengan surat ini saya kirim pada liputan6.com, informasi mengenai kartu saya dapat diketahui dengan jelas. Besar harapan saya kepada pihak bank yang bersangkutan untuk memberikan alasan yang baik dan segera menyelesaikannya.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih kepada pihak liputan6.com, dimana media tersebut telah menerbitkan surat pembaca berisi keluhan saya ini.

Hormat Saya

Muhammad Sarbeni

6. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Masyarakat Mengenai Keluhan Layanan Publik

Layanan publik yang digunakan setiap harinya juga tidak luput dari kesalahan seperti kendaraan umum.

Pelayanan yang tidak memuaskan tersebut akan menimbulkan kekesalan dalam diri, sehingga ada baiknya untuk menuangkan dalam bentuk surat pembaca.

Berikut contoh surat pembaca tentang lingkungan masyarakat terkait keluhan layanan publik yang bisa dijadikan referensi:

Saya berkeingingan untuk pergi ke kampung halaman di Cirebon pada tanggal 30 September 2020 menggunakan jasa transportasi umum.

Saat itu saya berangkat dari terminal tanjung priuk yang lokasinya memang tak jauh dari rumah saya.

Setiba di terminal pukul 10.00 pagi dimana waktu tersebut merupakan 15 menit sebelum keberangkatan, meskipun dalam keadaan cukup ramai antrian hingga berdesak-desakan.

Selang waktu 5 menit waktu yang saya habiskan mengantri tiket, saya langsung bersiap untuk menuju kendaraan yang akan berjalan sebentar lagi.

Sambil menunggu kendaraan umum tersebut, saya melihat jam di gawai saya hingga tepat pukul 10.15 kendaraan tersebut belum juga berangkat. Harusnya kereta tersebut sudah berangkat pukul 10.15.

Contoh Surat Peminjaman Barang

Saat saya tanyakan petugas disekitar terminal ternyata benar hal itu sering terjadi namun tidak ada kejelasan dari pihak loket yang bertugas.

Kendaraan umum baru berangkat pukul 11.00 menjelang siang, tentu hal ini menjadi hal buruk yang pernah saya rasakan.

Pelayanan ini benar-benar membuat saya kecewa karena waktu terbuang juga cukup banyak. Saya berharap kepada pihak pemerintah setelah surat ini saya diterbitkan, mohon agar dapat menjelaskan atau menemukan solusi yang terbaik.

Mengingat terminal tanjung priuk merupakan terminal besar, harusnya melakukan pembenahan.

Hormat Saya

Ricky Sitajam

7. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Masyarakat  Mengenai Keresahan

Lingkungan masyarakat yang aman dan nyaman akan membuat siapapun yang menempatinya akan merasa betah. Namun, terkadang hal ini justru dilanggar oleh beberapa oknum nakal seperti premanisme.

Biasanya warga akan merasa resah untuk melaporkan, sehingga saya membuat surat pembaca bahwa tidak perlu takut karena akan dilindungi undang-undang.

Berikut contoh surat pembaca tentang lingkungan masyarakat mengenai keresahan lingkungan yang bisa dijadikan referensi.

Yth Kepala Kepolisian Tanjung Priuk

Selamat Sore,

Saya selaku warga daerah tanjung priuk yang belakangan ini merasakan keresahan saat keluar rumah. Semua ini karena maraknya pelaku premanisme di daerah saya.

Contoh Surat Niaga

Dimana mereka sering melakukan pemalakan kepada setiap warga yang lewat, bahkan sampai melukai korbannya.

Disebutkan oleh beberapa korban bahwa mereka dalam kondisi setengah sadar / mabuk. Bahkan hal ini juga terjadi kepada wanita yang lewat. Sehingga orang tua yang lewat menjadi resah karena perlakuan pemalakan tersebut.

Warga sekitar pernah mencoba memperingatkan namun mereka nekad mengeluarkan senjata tajam.

Saya harap setelah surat ini diterbitkan kepastian dan solusi dapat dilakukan.

Hormat Saya

Warga Tanjung Priuk

8. Contoh Surat Pembaca Tentang Lingkungan Masyarakat Mengenai Pelayanan Toko Online

Diera digital seperti saat ini banyak hal yang dapat dilakukan secara online termasuk urusan belajar mengajar. Begitu juga yang diterapkan oleh pengusaha untuk memanfaatkan digital sebagai media jualan online.

Hal ini seringkali menimbulkan keresahan terkait penipuan ataupun kualitas pelayanan lainnya. Namun tidak perlu khawatir, karena surat pembaca dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Berikut ini contoh surat pembaca perihal kualitas buruk pelayanan toko Online yang dapat dijadikan referensi:

Saya berniat untuk menyampaikan keluhan saat berbelanja online di Doktor Kesehatan. Dimana pembelian 50 pcs produk kecantikan secara online dengan invoice KS.12.19892938928 tanggal 1 Oktober 2020.

Di dalam iklan menerangkan bahwa pengiriman hingga sampai di jakarta adalah 2 hari kerja.

Namun sampai saat ini tanggal 6 oktober 2020 belum sampai juga, akhirnya saya komplain via telepon dan akhirnya 50 pcs baru akan diterima tanggal 15 Oktober 2020. Pihak Dokter Kesehatan merasa bersalah karena kurang teliti dengan alasan pesanan terlalu banyak.

Akhirnya pihak Dokter Kesehatan menjanjikan ganti rugi uang sebesar 50% sebagai permintaan maaf, tetapi barang tidak dikirim.

Saya sangat kecewa dimana kekurangan tersebut. Namun tetap saja saya masih menunggu etikad baik dari dokter kesehatan.

Rudi Wiranto

Rawamangun – Jakarta Timur

Itulah macam-macam contoh surat pembaca yang bisa dijadikan bahan referensi. Setelah memahami cara membuat contoh surat pembaca, akan lebih mudah proses pembuatan surat pembaca.

Sebaiknya menggunakan bahasa yang jelas dalam membuat surat pembaca ini. Agar dapat dipahami oleh semua kalangan dan pastikan tidak bertele-tele sehingga menimbulkan pembaca merasa bosan dengan surat pembaca yang Anda buat ini.

Related Posts