contoh surat cerai

7 Contoh Surat Cerai Nikah Siri Talak, Gugat di Pengadilan Agama yang Baik dan Benar

contoh surat cerai

Contoh surat cerai akan aku bahas di sini. Perlu kamu ketahui, bahwasanya pernikahan tidak selalu berjalan dengan mulus.

Pasti ada saja kasus pernikahan yang kandas ditengah jalan alias cerai. Maka dari itu, orang yang akan bercerai harus mengurus surat cerai.

Surat cerai yaitu surat yang isinya menyatakan bahwa kedua belah pihak (suami dan istri) telah sepakat untuk memutuskan berpisah atau bercerai.

Sebelum aku membahas lebih lanjut, aku mau kasih tahu dulu mengenai beberapa poin penting yang perlu kamu cantumkan dalam menyusun surat cerai.

Kemudian akan di lanjut dengan contoh surat cerai. Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Beberapa Poin Penting yang Perlu Kamu Cantumkan

Surat cerai tidak boleh dibuat asal-asalan. Karena surat cerai ini termasuk ke dalam jenis surat resmi. Di mana surat resmi itu harus dibuat sesuai format penulisan PUEBI.

Maka dari itu, kamu perlu mencantumkan beberapa poin penting. Penasaran apa saja poin penting yang harus di cantumkan? Langsung saja ya simak penjelasan aku di bawah ini.

9 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor Terbaru yang Baik dan Benar

  •  Nama Surat

Pada bagian ini kamu harus mencantumkan nama surat tersebut, seperti “Surat Pernyataan Cerai”. Jadi, surat harus memakai nama tidak boleh langsung ke bagian isi.

  • Identitas Pihak Pertama

Maksud dari identitas pihak pertama di sini yaitu identintas diri dari pihak yang meminta berpisah atau bercerai. Misalnya, pihak laki-laki yang meminta bercerai terlebih dahulu.

  • Identitas Pihak Kedua

Identitas pihak kedua di sini yaitu pihak yang memberi cerai. Misalnya, pihak perempuan sudah menyetujui permintaan dari pihak pertama.

  • Isi Surat Cerai

Bagian isi surat cerai ini tentang pernyataan bahwa kedua belah pihak telah sepakat untuk bercerai.

  • Penutup

Pastinya kamu sudah tahu kan, bagian penutup ini bisa berisi tentang pernyataan lainnya dan ucapan terima kasih.

  • Saksi-Saksi

Kamu perlu mencantumkan beberapa orang sebagai bukti dalam proses perceraian kamu. Guna untuk memperkuat dalam pengajuan cerai.

  • Bubuhkan Materai

Dalam surat cerai kamu diwajibkan menggunakan materai 6000 yang nantinya perlu kamu tanda tangani.

Macam-macam Contoh Surat Cerai Resmi

Di sini aku mau kasih contoh surat cerai yang bisa kamu jadikan referensi. Ternyata contoh surat cerai ada beberapa macam.

Pastinya kamu sudah penasaran kan? Langsung saja ya simak dengan baik contoh surat cerai di bawah ini, supaya kamu bisa memahaminya.

1. Contoh Surat Cerai Sederhana

contoh surat cerai

Contoh surat cerai sederhana sering kali dicari oleh orang sebagai bahan referensi. Di mana contoh surat cerai ini harus dibuat dengan baik dan benar tidak boleh asal-asalan.

Contoh surat cerai sederhana ini dibuat untuk memudahkan kamu dalam membuatnya. Karena tidak semua Pengadilan Agama menyediakan pusat layanan dalam membuat surat cerai. Maka dari itu, aku di sini akan kasih contoh surat cerai sederhana. Yuk, simak langsung.

Contoh Surat Pernyataan

Bogor, 2 Juni 2020

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

1. Nama                                       : Bima Arya Syahputra

Tempat/ Tanggal Lahir          : Kuningan, 23 Desember 1990

Pekerjaan                                  : Wirausaha

Agama                                       : Islam

Alamat                                     : Kelurahan Setia Budi No.23 RT/RW 02/09 Kecamatan Cisarua Kabupaten Kuningan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

2. Nama                                       : Whilvin Desi Purnamasari

Tempat/ Tanggal Lahir            : Padang, 22 Agustus 1992

Pekerjaan                                  : Ibu Rumah Tangga

Agama                                       : Islam

Alamat                                      : Kelurahan Setia Budi No.23 RT/RW 02/09 Kecamatan Cisarua Kabupaten Kuningan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua

Bahwa dengan ini kedua belah pihak, pihak pertama maupun pihak kedua telah sepakat untuk bercerai atau mengakhiri sebagai Suami Istri dan kedua belah pihak tidak memiliki hubungan dalam bentuk apapun. Terkecuali hubungan dengan Anak Kandung.

Oleh karena itu kedua pihak mengakui surat pernyataan ini sebagai bukti cerai yang sah sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku.

Demikian surat pernyataan cerai ini dibuat atas kerelaan dan kesadaran dari kedua belah pihak tanpa paksaan dari siapapun juga. Surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Yang Membuat Pernyataan

Pihak Pertama                                                                          Pihak Kedua

Materai 6000                                                                            Materai 6000

Bima Arya Syahputra                                                               Whilvin Desi Purnamasari

Saksi Pihak Pertama                                                                Saksi Pihak Kedua

1. Larasati Anggraeni……………….                                          1. Intan Dwi Listiani………..

2. Dadang Hermansyah…………..                                          2. Yana Septiana…………….

3. Lilis Lisiawati………………………                                           3. Susanti Afrianati…………

2. Contoh Surat Cerai Gugat

contoh surat cerai

Surat cerai gugat yaitu surat yang isinya tentang gugatan yang diajukan oleh suami atau istri ke Pengadilan Agama sesuai dengan tempat kediaman tergugat.

Biasanya orang yang menggugat cerai dikarenakan karena masalah mereka memang sudah tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Maka dari itu, pilihan satu-satunya hanya berpisah atau bercerai. Guna kebahagian kedua belah pihak.

Nah, di sini aku akan bahas tentang contoh surat gugat yang baik dan benar sehingga bisa kamu jadikan referensi. Yuk, langsung simak contoh surat cerai gugat.

Bogor, 12 Mei 2020

Kepada:

Yth. Ketua Pengadilan Agama Bogor

di Tempat

Perihal              : Gugatan Perceraian

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang bertanda tangan di bawah ini atas:

Nama             : Gheri Kusuma Pradana binti Suharto

Umur              : 35 Tahun

Agama            : Islam

Pendidikan   : S1

Pekerjaan     : Wirausaha

Alamat          : Jl. Otto Dinata, No. 121, RT 02 RW 09, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor

Selanjutnya disebut sebagai Penggugat;

Dengan ini mengajukan gugatan penceraian terhadap:

Nama              : Dwi Tirta Sari bin Suciati

Umur               : 30 Tahun

Agama            : Islam

Pendidikan   : S2

Pekerjaan      : Dosen

Alamat           : Jl. Otto Dinata, No. 121, RT 02 RW 09, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor

Selanjutnya disebut sebagai Tergugat;

Adapun gugatan ini Penggugat ajukan berdasarkan hal-hal sebagai berikut:

1. Bahwa pada tanggal 10 Juni 2010 telah dilangsungkan perkawinan antara Penggugat dengan Tergugat yang dilaksanakan menurut hukum dan sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam. Perkawinan tersebut telah dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, sebagaimana tercatat dalam Akta Nikah No 39279329283928398293, tertanggal 10 Juni 2010;

2. Bahwa perkawinan yang sudah terjadi antara Penggugat dan Tergugat dilangsungkan berdasarkan kehendak kedua belah pihak dengan tujuan membentuk rumah tangga yang sakinah,mawaddah warahmah yang diridhoi oleh Allah Swt;

3. Bahwa setelah menikah, Penggugat dan Tergugat tinggal di rumah kediaman bersama di Jl. Otto Dinata, No.121, RT 02 RW 09, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor;

4. Bahwa selama masa perkawinan, Penggugat dan Tergugat telah berkumpul sebagaimana layaknya suami-istri dan sudah dikarunai 3 orang anak masing-masing bernama:

  • Putri Sri Astuti, perempuan lahir pada tanggal 23 Mei 2013
  • Lesika Prianti, perempuan lahir pada tanggal 07 Januari 2015
  • Muhammad Rizki Al-Faruq lahir pada tanggal 2 Februari 2018

5. Bahwa kebahagiaan yang di rasakan Penggugat setelah berumah tangga dengan Tergugat hanya berlangsung sampai 2019, ketentraman rumah tangga Penggugat dengan Tergugat mulai goyah setelah antara Penggugat dengan Tergugat terjadi perselisihan dan pertengkaran secara terus menerus sejak bulan Mei tahun 2019 sampai dengan saat ini, yang penyebabnya antara lain;

  • Istri berselingkuh dengan pria lain sejak bulan Mei 2019
  • Istri sudah jarang berada di rumah dengan alasan sibuk kerja
  • Istri sudah tidak pernah mengurus anak
  • Istri sudah memutuskan untuk memilih pria lain

6. Bahwa puncak dari percecokan antara Penggugat dan Tergugat terjadi pada bulan November tahun 2019 yang menyebabkan antara Penggugat dan Tergugat telah pisah rangjang/rumah, di mana Penggugat/Tergugat pergi dan kembali ke rumah orang tuanya. Sehingga sejak percecokan itu terjadi Penggugat dan Tergugat sudah tidak pernah lagi menjalin hubungan sebagaimana layaknya suami istri;

7. Bahwa atas permasalahan dan kemelutan rumah tangga yang dihadapi, Penggugat telah mencoba memusyawarahkan dengan keluarga Penggugat dan Tergugat untuk mencari penyelesaian dan demi menyelamatkan perkawinan, namun usaha tersebut tidak membuahkan hasil.

8. Bahwa ikatan perkawinan antara Penggugat dan Tergugat sebagaimana yang diuraikan di atas sudah sulit dibina untuk membentuk suatu rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rahmah sebagaimana maksud dan tujuan dari suatu perkawinan, sehingga lebih baik diputuskan untuk bercerai;

9. Bahwa berdasarkan hal-hal yang disebut di atas permohonan Penggugat untuk mengajukan gugatan perceraian terhadap Tergugat atas dasar pertengkaran yang terjadi terus menerus dan tidak mungkin hidup rukun dalam suatu ikatan perkawinan, telah memenuhi unsur pasal 19 huruf (f) peraturan pemerintah, No. 9 Tahun 1975 Jo. Pasal 116 huruf (f) dan (h) Kompilasi Hukum Islam, sehingga berdasarkan hukum untuk menyatakan gugatan cerai ini dikabulkan;

10. Bahwa untuk memenuhi ketentuan Pasal 84 ayat (1) undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 yang diubah oleh Undang-undang No.3 Tahun 2006 tentang Peradilan Agama serta SEMA No. 28/TUADA-AG/X/2002 tanggal 22 Oketober 2002 memerintahkan panitera Pengadilan Agama untuk mengirimkan salinan putusan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap kepada Kantor Urusan Agama di tempat tinggal Penggugat dan Tergugat untuk dicatat dalam register yang tersedia untuk itu;

11. Bahwa Penggugat dan Tergugat sanggup membayar biaya perkara;

Berdasarkan dalil dan alasan-alasan di atas, maka dengan ini Penggugat memohon kepada Ketua Pengadilan Agama Bogor.

Majelis Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini untuk menentukan hari persidangan, kemudian memanggil Penggugat dan Tergugat untuk diperiksa dan diadili, selanjutnya putusan yang amarnya sebagai berikut:

PRIMAIR:

1. Mengabulkan gugatan Penggugat untuk seluruhnya;

2. Menjatuhkan talak ba’in sughraa Tergugat (Dwi Tirta Sari bin Suciati) terhadap Penggugat (Gheri Kusuma Pradana binti Suharto);

3. Memerintahkan panitera Pengadilan Agama Bogor untuk mengirimkan salinan putusan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap kepada Kantor Urusan Agama di tempat tinggal Penggugat dan Tergugat dan Kantor Urusan Agama tempat perkawinan Penggugat dan Tergugat untuk dicatat dalam register yang tersedia untuk itu;

4. Membebankan biaya perkara sesuai hukum;

SUBSIDAIR:

Atau apabila Pengadilan Agama berpendapat lain mohon putusan yang seadil-adilnya;

Demikianlah gugatan ini diajukan, atas perhatian dan dikabulkannya gugatan ini, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaraatuh.

Hormat kami,

Penggugat

Materai 6000

Gheri Kusuma Pradana binti Suharto

3. Contoh Surat Cerai Nikah Siri

contoh surat cerai

Masih ada banyak orang yang memilih untuk bercerai supaya bisa menikah siri. Padahal nikah bukanlah suatu perkara yang selalu digampangkan. Karena ketika kamu sudah memutuskan untuk nikah maka kamu harus siap dengan lika-liku dalam rumah tangga.

Nikah siri bisa diartikan sebagai nikah yang dilakukan dengan adanya wali. Dan nikah siri adalah nikah yang sah secara agama. Tetapi alangkah baiknya jika nikah siri juga di urus di Pengadilan Agama.

Nah, di sini aku mau kasih contoh surat cerai nikah siri yang bisa kamu jadikan referensi. Langsung saja ya simak dengan baik.

Jakarta, 23 September 2020

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:

1. Nama                                   : Muhammad Sumaryadi

Tempat/ Tanggal Lahir      : Lampung, 22 Januari 1989

Pekerjaan                                : Pedagang

Agama                                      : Kristen

Alamat                                     : Kelurahan Babakan Lebak No.22 RT/RW 02/09 Kecamatan Cikini Kota Jakarta Selatan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

2. Nama                                      : Rani Pujiyasih

Tempat/ Tanggal Lahir         : Jakarta, 23 Mei 1992

Pekerjaan                                 : Ibu Rumah Tangga

Agama                                      : Kristen

Alamat                                    : Kelurahan Babakan Lebak No.22 RT/RW 02/09 Kecamatan Cikini Kota Jakarta Selatan

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua

Bahwa dengan ini kedua belah pihak, pihak pertama maupun pihak kedua telah sepakat untuk bercerai atau mengakhiri sebagai Suami Istri dan kedua belah pihak tidak memiliki hubungan dalam bentuk apapun. Terkecuali hubungan dengan Anak Kandung.

Oleh karena itu kedua pihak mengakui surat pernyataan ini sebagai bukti cerai yang sah sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku.

Demikian surat pernyataan cerai ini dibuat atas kerelaan dan kesadaran dari kedua belah pihak tanpa paksaan dari siapapun juga. Surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Yang Membuat Pernyataan

Pihak Pertama                                                                         Pihak Kedua

Materai 6000                                                                          Materai 6000

Muhammad Sumaryadi                                                           Rani Pujiyasih

Saksi Pihak Pertama                                                                Saksi Pihak Kedua

1. Yuni Rosiana…………..……….                                    1. Mia Fujiastuti…………….

2. Ilham Firmansyah…………..                                         2. Jojo Johansah…………….

3. Jajang Kusuma………………..                                     3. Dania Putri……..…………

4. Contoh Surat Cerai yang Baik dan Benar

Perceraian memang hal yang paling menyakitkan. Tetapi perceraian juga merupakan jalan terbaik yang bisa diambil untuk menyelesaikan perkara rumah tangga. Untuk itu banyak orang yang melakukan perceraian.

Nah, di sini aku akan kasih contoh surat cerai yang baik dan benar supaya bisa kamu jadikan referensi. Langsung simak dengan baik ya contoh surat cerai berikut ini.

11+ Contoh CV (Curriculum Vitae) Agar Diterima Kerja

Sumedang, 2 April 2020

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:

1. Nama                                    &nbsnbsp; : Livvany Mutiara Karlina

Tempat/ Tanggal Lahir         : Sumedang, 2 Januari 1995

Pekerjaan                            : Guru

Agama                                       : Islam

Alamat                                     : Kelurahan Ciseke Besar No.12 RT/RW 02/09 Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama

2. Nama                                      : Riki Setia Budi

Tempat/ Tanggal Lahir         : Jakarta, 2 Juni 1992

Pekerjaan                                 : Wirausaha

Agama                                      : Islam

Alamat                                     : Kelurahan Ciseke Besar No.12 RT/RW 02/09 Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua

Bahwa dengan ini kedua belah pihak, pihak pertama maupun pihak kedua telah sepakat untuk bercerai atau mengakhiri sebagai Suami Istri dan kedua belah pihak tidak memiliki hubungan dalam bentuk apapun. Terkecuali hubungan dengan Anak Kandung.

Oleh karena itu kedua pihak mengakui surat pernyataan ini sebagai bukti cerai yang sah sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku.

Demikian surat pernyataan cerai ini dibuat atas kerelaan dan kesadaran dari kedua belah pihak tanpa paksaan dari siapapun juga. Surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Yang Membuat Pernyataan

Pihak Pertama                                                                         Pihak Kedua

Materai 6000                                                                           Materai 6000

Livvany Mutiara Karlina                                                          Riki Setia Budi

Saksi Pihak Pertama                                                                Saksi Pihak Kedua

1. Imam Fauzan…………..……….                                     1. Iman Nurfatoni…………….

2. Winda Aprilianti…..…………..                                        2. Sakti Hendrayan…………….

3. Doris Putri……..………………..                                     3. Rian Suhendar……..…………

5. Contoh Surat Cerai Secara Kekeluargaan

Pengajuan cerai biasanya sudah disepakati secara kekeluargaan. Maksud dari kekeluargaan ini supaya bisa berjalan dengan baik tanpa harus saling menyalahkan. Karena biasanya perceraian yang tidak secara kekeluargaan akan berdampak keributan.

Maka dari itu alangkah baiknya melakukan perceraian secara kekeluargaan saja. Dan pihak  dari Pengadilan Agama akan memproses kasus perceraian ini dengan baik.

Nah, di sini aku mau kasih contoh surat cerai secara kekeluargaan yang bisa kamu jadikan referensi. Langsung simak dengan baik ya. Supaya kamu bisa langung memahaminya.

PENGADILAN NEGERI JAKARTA

PUTUSAN

No. Reg Perkara: 353/PD.A.S/2020/PN.JKT

PERKARA PERCERAIAN

DEMI KEADILAN YANG BERDASAR

KETUHANAN YANG MAHA ESA

Pengadilan Negeri Jakarta sudah memberi keputusan seperti tersebut di bawah ini dalam hal perkara perdata:

Nama                                : Eggar Riswanto

Usia                                   : 40 Tahun

Pekerjaan                       : Wiraswasta

Jenis Kelamin               : Laki-Laki

Alamat                             : Jl. Sukarno No.23 RT/RW 04/09 Jakarta Pusat

Agama                             : Islam

Kebangsaan                  : Indonesia

Selanjutnya disebut sebagai

PENGGUGAT

M E L A W A N:

Nama                                : Wulan Purnamasari

Usia                                   : 35 Tahun

Pekerjaan                       : Ibu Rumah Tangga

Jenis Kelamin               : Perempuan

Alamat                              : Jl. Sukarno No.23 RT/RW 04/09 Jakarta Pusat

Agama                               : Islam

Kebangsaan                    : Indonesia

Selanjutnya disebut sebagai

TERGUGAT

TENTANG DUDUKNYA PERKARA

Menimbang, bahwa penggugat dalam surat gugatannya yang telah terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakartapada Tanggal 23 Maret 2020, di bawah nomor register: 353/PD.A.S/2020/PN.JKT telah mengajukan gugatan yang pada pokoknya sebagai berikut:

1. Bahwa Penggugat adalah suami sah dari Tergugat

2. Bahwa pada mulanya kehidupan rumah tangga antara Penggugat dan Tergugat berlangsung harmonis, namun kemudian sering terjadi perdebatan prinsip sehingga tidak bisa didamaikan lagi.

PRIMAIR

1. Mengabulkan gugatan Penggugat seluruhnya,

2. Menyatakan bahwa perkawinana antara Tergugat dan Penggugat putus karena perceraian dengan segala akibat hukumnya.

HAKIM KETUA:

Aris Mustofa, SH.MH

NIP. 38287423428482374823

6. Contoh Surat Cerai dari RT

Surat cerai juga bisa kamu dapatkan dari RT sebelum ke Pengadilan Negeri. Maka dari itu, peran RT sangatlah penting. Karena RT juga bisa membantu proses perceraian kamu dengan baik.

Nah, di sini aku mau kasih contoh surat cerai dari RT yang baik dan benar sekaligus bisa kamu jadikan referensi. Langsung saja simak dengan baik ya contoh surat cerai berikut ini.

SURAT PERNYATAAN CERAI

Yang bertanda tangan di abwah ini menerangkan bahwa sesungguhnya:

1. Nama                          : Riki Almubarak

Usia                               : 39 Tahun

Pekerjaan                      : Wiraswasta

Jenis Kelamin             : Laki-Laki

Alamat                          : Jl. Junjunan No.13 RT/RW 04/09 Sukabumi

Agama                           : Islam

Kebangsaan                : Indonesia

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA

2. Nama                         : Wulan Purnamasari

Usia                              : 30 Tahun

Pekerjaan                     : Ibu Rumah Tangga

Jenis Kelamin             : Perempuan

Alamat                         : Jl. Junjunan No.13 RT/RW 04/09 Sukabumi

Agama                          : Islam

Kebangsaan               : Indonesia

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

Bahwa dengan ini kedua belah pihak, baik PIHAK PERTAMA maupun PIHAK KEDUA telah sepakat untuk bercerai atau mengakhiri hubungan sebagai suami istri dikarenakan tidak ada keharmonisan lagi dalam rumah tangga oleh sebab itu, kedua belah pihak tidak lagi memiliki hubungan dalam bentuk apapun kecuali hubungan anak kandung.

Oleh karena itu kedua belah pihak mengakui atas kerelaan dan kesadaran kedua belah pihak tanpa ada paksaan dari siapapun juga untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yang membuat pernyataan

PIHAK PERTAMA                                                                                 PIHAK KEDUA

Materai 6000                                                                                      Materai 6000

Riki Almubarak                                                                                   Wulan Purnamasari

SAKSI-SAKSI:

  1. Sinta Wanti (……………………)
  2. Nana Suparna (……………….)
  3. Asep Sulaeman (……………..)

Diketahui oleh

Pejabat Kepala Desa Junjunan

Sulistio Hartono

NIP.736742364237642734

7. Contoh Surat Cerai dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memang bahasa Internasional, maka sudah tak aneh lagi jika ada surat yang dibuat menggunakan bahasa Inggris, seperti surat cerai ini.

Karena sewaktu-waktu kamu pasti akan membutuhkan surat cerai dalam Bahasa Inggris untuk dijadikan referensi, dan jaga-jaga bila nanti ada pasangan yang berasal dari luar negeri butuh surat cerai dalam bahasa Inggris.

Nah, di sini aku akan kasih contoh surat cerai dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Langsung saja simak ya contoh surat cerai berikut ini.

11+ Contoh Surat Lamaran Kerja Paling Ampuh Diterima Kerja

Kuningan, 23 Mei 2020

STATEMENT OF DIVORCE

The undersigned, in truth, state that:

1. Name                          : Bahrul Alamsyah

Place/Date of Birth    : Kuningan, 23 Desember 1990

Job                                : Enterpreneur

Religion                        : Islam

Address                         : Jl. Desa Mandirancan, No. 23 RT/RW 03/09 Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan

Hereinafter referred to as party I

2. Name                          : Novi Panca Aldiani

Place/Date of Birth    : Kuningan, 22 November 1994

Job                                 : Housewife

Religion                        : Islam

Address                        : Jl. Desa Mandirancan, No. 23 RT/RW 03/09 Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan

Hereinafter reffered to as the party II

That with this, both parties, both party I and party II have agreed to divorce or terminate the relationship as husband and wife and or both parties no longer have any relationship whatsoever. Except the relationship with biological children.

Therefore, both parties recognize this statement as proof of legal divorce in accordance with applicable legal provisions.

Thus this divorce letter was made out the willingness of the hearts of both parties without coercion from anyone to use it properly.

Who made the divorce statement

Party I                                                                                                  Party II

Stamp 6000                                                                                         Stamp 6000

Bahrul Alamsyah                                                                                 Novi Panca Aldiani

Witnesses Party I                                                                   Witnesses Party II

  1. Ahmad Rindoni……………..                                               1. Rita Yuningsih………
  2. Wika Merianti………………                                                 2. Ayu Rosita……….
  3. Nalar Ayu Anisa…………….                                                 3. Al Ghajali Ramdani……..

Demikianlah pembahasan dari aku tentang contoh surat cerai Nikah Siri Talak, Gugat di Pengadilan Agama yang bisa kamu jadikan referensi.

Buat kamu yang ingin doc contoh surat cerai nikah lainnya bisa kamu langsung download di google. Semoga pebahasaan dari aku bermanfaat ya.

Related Posts