contoh poster

100 Contoh Poster Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Narkoba Paling Berkesan

contoh poster

Contoh Poster biasanya mudah sekali dijumpai di tempat-tempat umum. Ada banyak macam pembahasan yang dituangkan pada gambar poster, pasti kamu udah menyadarinya kan?

Poster dibuat lalu dipajang untuk mengajak orang-orang agar dapat melakukan hal yang bersifat positif sesuai dengan apa yang diminta oleh pembuat poster tersebut.

Bisa juga sebagai pengingat akan kesadaran masyarakat pada problematika yang sedang dihadapi saat ini.

Selain itu, poster juga bisa dikatakan sebagai media pengingat dan pembangun kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup, narkoba, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain.

Poster merupakan karya seni dalam bentuk desain grafis, yang memuat dan menggabungkan antara gambar berbentuk ilustrasi dan gabungan antara huruf, berbentuk kalimat yang bersifat mengajak (ajakan), mengingatkan dan juga bisa dengan kalimat larangan.

Jadi poster merupakan salah satu sarana yang bisa digunakan sebagai media publikasi. Sehingga poster notabenenya bisa dipajang dinding dan harus ditempat yang ramai (mencari perhatian).

Nah, di sini penulis akan menjelaskan perihal apa saja yang berkaitan dengan poster.

Apa Itu Poster?

Poster merupakan karya seni dalam bentuk desain grafis, yang memuat dan menggabungkan antara gambar berbentuk ilustrasi dan gabungan antara huruf, berbentuk kalimat yang bersifat mengajak, mengingatkan dan juga bisa dengan kalimat larangan.

Tujuan Membuat Poster

Orang yang membuat poster,  tentu saja memiliki tujuan dan maksud atas pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain, melalui selembaran poster yang telah dipublikasikan itu.

Agar  masayarakat dapat membaca dan mengerti atas informasi yang ingin kita sampaikan kepada mereka.

Tujuannya tergantung dari apa yang diinginkan kamu sebagai si pembuat. Bisa untuk media informasi yang bersifat mengumumkan, strategi marketing bisnis dan lain-lain.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan, Via Email Terbaru dan Terlengkap 2020

Syarat Membuat Poster

Penasaran kan apa aja syarat saat kamu mau membuat poster? Berikut ini, ada beberapa syarat membuat poster agar terihat kece dan menarik perhatian orang:

1. Perhatikan Bahasa Penulisan

Poin penting, kamu harus perhatikan tulisan dalam pembuatan poster, seperti menggunakan bahasa yang baku dan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh orang lain.

Usahakan sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan  Bahasa Indonesia).

2. Menarik

Selanjutnya, poster harus dibuat semenarik mungkin. Maksud menarik di atas mulai dari mencocokan warna dengan apa yang akan ditulis, lalu tak lupa mencocokan dengan gambar juga ya.

Supaya apa yang kamu tampilkan mampu menarik minat kepada para pembaca poster tersebut.

3. Desain Poster

Apalagi di zaman sekarang banyak poster yang begitu menarik mulai dari kombinasi gambar, warna dan tulisan.

Orang  liat desainnya aja udah suka ditambah isi tulisan yang simple tapi langsung ngena ke hati kan orang akan dengan mudahnya akan mengingat pesan yang disampaikan tersebut.

4. Media Poster

Sebaiknya kamu menggunakan media dari bahan yang awet serta tidak mudah rusak dan sobek. Pillihlah bahan yang tebal (kualitas oke) agar tidak mudah rusak.

Sayang kalau poster yang kamu pajang ke bawa angin lalu rusak. Pasti kamu bakal sedih. Makanya perhatikan ya medianya.

5. Ukuran Poster

Nah, ukuran poster harus kamu sesuaikan dengan jumlah kata. Jangan sampai poster kamu tulisannya kepanjangan sampai memenuhi poster tanpa ada gambar.

Inilah yang membuat orang menjadi tidak tertarik dengan poster kamu. Jadi, tulisannya cukup singkat aja asal jelas ya.

Ciri-Ciri Poster

contoh poster

Ada beberapa ciri-ciri poster yang harus kamu kenali terlebih dulu ya. Berikut ini ciri-ciri poster yang perlu diketahui:

  • Bentuk Poster

Poster memiliki bentuk. Pembuatan bentuk poster harus berisi inti pesan yang hanya boleh ada huruf dan gambar aja baik itu pada media kertas yang memiliki ukuran besar.

  • Aplikasi Poster

Poster bisa kamu aplikasikan dengan cara menempelkan poster (yang telah kamu buat) tersebut pada bagian dinding di tempat umum dan disarankan pada permukaan dinding yang datar.

  • Merancang

Maksud merancang di atas yaitu desain. Sebaiknya, poster yang dibuat menggunakan warna yang mencolok, serta kontras yang kuat.

  • Kata-kata

Nah, penggunaan kata-kata pada poster sebaiknya menggunakan kata singkat, padat, jelas. Supaya engga bikin rancu buat orang yang membacanya.

  • Ilustrasi

Gunakan gambar ilustrasi supaya memperjelas dari makna tulisan yang disampaikan. Hingga orang yang membaca tidak perlu mikir tentang gambarannya karena sudah ada contohnya.

Aturan Membuat Poster

  • Gunakan gambar yang sesuai dengan tema yaa. Biar nyambung gitu deh.
  • Pilih gambar yang mencolok, serta pilih gambar yang dapat dikombinasikan dengan kontras warna, lalu kaitkan dengan ide gambar yang akan dibuat. Coba kamu lihat contoh poster unik yang mudah digambar, yang bisa kamu jadiin refrensi.
  •  Kata-kata yang digunakan pada poster harus efektif, biar mudah untuk diingat pembaca.
  • Gunakan font yang enak dibaca (jangan aneh-aneh), serta gunakan ukuran font yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil (standar), yang pasti enak, dan nyaman pada saat dibaca oleh orang lain.

Cara Membuat Poster

Ini kan yang kamu tunggu dari tadi? Yaa kamu harus cara-cara membuat poster. Perhatikan dulu mulai dari :

  • Ketentuan penyajian gambar,
  • Ketentuan konsep,
  • Ketentuan tulisan slogan (yang akan kamu cantumkan pada poster nantinya), dan lain-lain.

Paling terpenting yaitu harus menarik dan bagus saat dilihat oleh orang-orang. Berikut empat cara membuat poster agar bisa menarik minat para pembaca, akan poster yang akan kamu buat.

1. Tentukan Tujuan dan Topik yang akan Kamu Sampaikan

Ingat, sebelum kamu memulai membuat poster, pastikan dulu kalau kamu udah tentuin pokok pikiran, tentang apa yang akan kamu bahas pada poster tersebut.

Contoh: Kamu  ingin menyampaikan sebuah gagasan apa, lalu informasi tertentu kepada orang lain, atau kamu sekedar hanya ingin membuatnya sebagai media promosi porduk kamu aja.

Jadi pas awal buat, kamu  harus perlu melakukan sebuah riset serius atas apa yang akan kamu tuangkan pada poster itu.

Lalu pada hal bagian gambar, kata-kata, desain gambar dan pada saat peletakan gambar poster yang ingin kalian publikasikan, mau ditempel di mana.

Nah, semua harus di planning lebih dulu yaa. Supaya poster kamu baik dan menarik.

2. Gunakan Kalimat Singkat dan Bisa Mensugeti Pembaca

Pada umumnya para pembaca poster hanya para pejalan kaki dan pengendara (mobil dan motor) saja, sehingga sedikit sekali yang mau untuk membaca sampai selesai dan belama-lama.

Nah, kamu perlu membuat sebuah contoh kalimat efektif yang simple untuk dibaca, meski dalam durasi yang singkat hanya beberapa detik saja.

Intinya, kalau kamu memberikan bahasa yang singkat, maka pesan yang kamu tulis dapat tersampaikan pada pembaca dengan sempurna.

Jangan sampai kalimat yang singkat yang kamu buat itu berkesan ambigu, yang pada akhirnya akan membuat orang yang membacanya menjadi bingung.

Buatlah kalimat langsung yang dapat, mensugesti orang lain, supaya orang tersebut mau atau melakukan sesuatu pesan, yang ditulis dalam poster tersebut.

3. Gunakan Gambar yang Menarik

Ketahui ya, gambar adalah media penyampaian pesan yang sangat efektif, sehingga bisa kamu lihat dalam penggunaan gambar pada poster.

Biasanya menggunakan proposisi yang lebih besar dari pada tulisan.

Lalu, saat penggunaan gambar, gunakanlah warna yang mencolok karena jenis semacam ini dapat mengundang perhatian pembaca, supaya tertarik untuk membacanya.

4. Penggunaan Media yang Tepat

Maksudnya adalah media dinding yang akan kamu gunakan, baik struktur dinding dan juga suasana sekitar dinding sebagai media tempel antara poster dengan dinding.

Kamu perlu pastikan dulu dinding yang digunakan berbentuk datar tidak berlubang, supaya dapat menempel dengan baik antara dinding dan contoh poster.

Kemudian pilihlah tempat yang strategis yang sering dilalui banyak orang.

Contoh: pasar atau tempat perbelanjaan lainnya yang ramai sebagai tempat berkumpul orang (pokoknya tempat ramai).

Macam-macam Contoh Poster Beragam Tema

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa poster memiliki berbagai macam variasi.

Berikut ini contoh poster yang akan dibahas:

1. Contoh Poster Pendidikan

contoh poster

Kamu sudah tahu kan bahwa contoh poster ada yang membuat pembahasan tentang pendidikan. Dan pastinya kamu sering temui poster pendidikan seperti ini saat kamu masih dibangku TK sampai sekarang ini.

Poster pendidikan adalah sebuah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf yang sifatnya mendidik dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

Poster pendidikan sangat banyak contohnya, misalnya: poster pendidikan berkarakter, lingkungan hidup serta kalimat poster pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris dan masih banyak lagi.

Yuk, kita lihat contoh poster pendidikan di bawah ini dan ketahui maksud pesan dari poster tersebut.

  • “Semakin Cerdas Maka Akan Semakin Bermanfaat”

Perlu kamu ketahui, bahwa kata-kata dalam poster di atas memang sangat simple, namun memiliki makna sangat mendalam loh.

Nah, maksud pesan tulisan contoh poster di atas yaitu, semakin banyak ilmu yang kita serap dan mengamalkannya kepada orang lain, maka kita akan menjadi orang yang bermanfaat.

  • “Carilah Ilmu Setinggi Langit”

Maksud tulisan poster ini agar para pelajar tidak malas dan berhenti untuk mencari ilmu. Di mana pun kita berada, ilmu haruslah kita cari.

Jangan jadikan jarak sebagai penghalangan, namun jadikan sebagai tantangan. Dan jangan beranggapan kalau kamu tidak butuh menggali ilmu lagi (merasa sudah cukup).

  • “Prestasiku untuk Masa Depan, Aku untuk Indonesiaku”

Contoh poster ini memiliki karakter yang sangat kuat.maksud contoh poster ini memberikan pesan bahwa prestasi yang kamu raih untuk Indonesia sebagai generasi penerus bangsa.

  • “Karakter Mereka Masa Depan Indonesiaku”

Maksud tulisan di atas, bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada kamu sebagai pembaca tentang nilai-nilai pendidikan yang menjadi tujuan pendidikan berkarakter di suatu sekolah.

  • “Education is Not Just About Gathering Knowledge But More So About Learning How to Think”

Tulisan di atas dalam bahasa Indonesianya mempunyai arti “Pendidikan bukan hanya tentang mengumpulkan pengetahuan tapi lebih tentang belajar berpikir.”

2. Contoh Poster Anti Narkoba

contoh poster

Poster ini dibuat dengan tujuan mengajak pembaca untuk menjaga kesehatan diri. Jangan pernah coba lukai kesehatan dengan mengonsumsi narkoba (narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang.

Karena seperti yang kamu ketahui bahwa narkoba sangatlah membahayakan.

Berikut ini contoh poster narkoba:

  • “Jauhi Narkoba untuk Generasi yang Lebih Baik”
  • “Say No To Narkoba”
  • “Jangan Sentuh Narkoba”
  • “Lenyapkan Narkoba”
  • “Kerja Keras Kerja Cerdas Bukan untuk Narkoba”
  • “Dunia Indah Tanpa Narkoba”

3. Contoh Poster Lingkungan

contoh poster

Lingkungan perlu kamu jaga. Seperti yang kamu ketahui bahwasanya lingkungan bisa marah ketika kamu tidak menjaganya.

Marahnya lingkungan yang tidak dijaga bisa menimbukan bencana alam  seperti tsunami, banjir, longsor, dan lain-lain.

Hamper setiap kota atau daerah menempelkan poster tentang lingkungan yang tujuannya untuk menyadarkan masyaraakat akan lingkungan.

Berikut ini contoh poster lingkungan:

  • “Lestarikan Hutan Agar Hidup Kita Nyaman”
  • “Selamatkan Buni dari Kehancurana Pemanasan Global Warming”
  • “Jaga Bumi Kita Tetap Hijau”
  • “Hari Gini Habis Masih Buang Sampah Sembarangan? Inget Umur Ya? Masa Gitu Aja Harus di Kasih Tau Terus?”
  • “Pilih Bumi Selamat atau Bumi Sekarat”

4. Contoh Poster Anti Korupsi

contoh poster

Nyatanya engga hanya di Indonesia yang masih marak adanya korupsi. Korupsi adalah penyelewenangan atau penyalahgunaan uang negara.

Korupsi banyak sekali dilakukan oleh orang-orang yang selalu merasa  kurang. Engga hanya pejabat-pejabat tinggi yang bisa melakukan korupsi, bahkan korupsi bisa dilakukan oleh masyarakat kecil.

Maka dari itu, pembuatan poster anti korupsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengajak orang-orang untuk mencegah tidak melakukan korupsi.

Berikut ini contoh poster anti korupsi:

  • “Ayo Bertindak Lapor Korupsi”
  • “Stop Corruption”
  • “Maju Lawan Korupsi”
  • “Mari Bebaskan Negeri Ini dari Korupsi”
  • Ayo Bangkit! Bersama, Berantas Korupsi Sekarang Juga!!!
  • “Jangan Ambil Hak Kami”

5. Contoh Poster Banjir

contoh poster

Kalian sudah tahu kan penyebab bencana banjir ini ulah tangan siapa? karena ulah manusia. Banjir bisa menewaskan orang. Banjir sering terjadi di berbagai negara.

Bahkan Negara Jepang yang terkenal dengan negara yang bersih saja masih bisa kena banjir loh. Apa lagi negara kita, yang masih susah melakukan hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Makanya banyak si pembuat membuat poster tentang banjir ini untuk mengingatkan untuk menjaga alam.

Berikrut ini contoh poster tentang banjir:

  • “Ayo Bersama-sama Mencegah Banjir”
  • “Cegah Banjir Sebelum Terlambat”

6. Contoh Poster Niaga

contoh poster

Poster niaga adalah poster yang didesain sedemikian rupa dengan tujuan mempromosikan barang dan jasa, agar produk yang kamu tawarkan bisa cepat laku serta mudah didapatkan.

Poster niaga sering disebut juga dengan poster komersial, karena tujuannya untuk kepentingan bisnis.

Berikut ini contoh poster niaga:

  • “Makin Hemat Makan Nikmat Paket Ayam mulai Rp 13 Ribu”
  • “Cintai Ususmu Yakult Setiap Hari”
  • “Apapun Makanannya Minumnya Teh Botol”
  • “Segarkan Dirimu dengan frestea”

7. Contoh Poster Pemanasan Global Warming

contoh poster

Pemanasan global warming yaitu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.

Penyebab pemanasan global warming  ini bisa terjadi pencemaran tanah, perubahan iklim dan lain-lain. Untuk mengatasi pemanasan global warwing bisa kita ingatkan dengan menggunakan poster.

Berikut ini contoh poster pemasaran global warming:

  • “Save the earth”
  • “Stop Global warming”

8. Contoh Poster Tentang Bullying

Tak aneh bukan ketika kamu mendengar kata bullying? Bullying tidak hanya dilakukan oleh anak kecil, bahkan orang dewasa atau orang yang sudah tua saja masih ada yang melakukan bullying loh.

Maksud dari bullying yaitu tindakan di mana satu orang atau lebih mencoba untuk menyakiti orang lain, dalam bentuk verbalnya seperti menghina, membentak dan sebagainya.

Berikut ini contoh poster tentang bullying:

  • “Stop Bullying You Are Not Cool”
  • “Stop Bullying Stand Up, Speak Out”
  • “Stand Up Against Bullying”

9. Contoh Poster Donor Darah

Sering melihat poster donor darah kan? Apa kamu pernah ketika sudah melihat poster itu kamu langsung berantusias untuk ikut donor darah juga?

Poster donor darah ini biasanya dibuat dengan maksud untuk mengajak kamu agar mau nyumbangkan darah (orang yang sukarela) untuk disimpan di bank darah  sebagai stok darah.

Poster donor darah dibuat dengan berbagai macam variasi seperti ada yang mencantumkan dengan mendapatkan Doorprize, manfaat, dan lain-lain.

Berikut ini contoh poster donor darah:

  • “Ayo Ikut Donor Darah dan Dapatkan Doorprize”
  • “Donor Darah Akbar”
  • “Aksi Donor Darah”
  • “Selamat Hari Donor Darah”

10. Contoh Poster Afirmasi

Afirmasi adalah penegasan yang positif. Poster afirmasi ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pembaca lewat kata-kata yang dituliskan.

Banyak contoh poster afirmasi yang sering kamu jumpai dan saat kamu membaca kata-kata tersebut  semangatmu langsung membara.

Berikut ini contoh poster afirmasi:

  • “Masa Depanmu Terbentuk oleh Apa yang Kau Lakukan Hari Ini Bukan Besok-Besok”
  • “Hidup hanya sesaat istilah  dengan hal yang memberikan manfaat”
  • “Kesuksesan adalah perjuangan dari kegagalan tanpa kehilangan antusiame”

11. Contoh Poster Tentang Cinta Tanah Air

Poster cinta tanah air dibuat untuk memberi ajakan kepada kamu sebagai pembaca agar bisa mencintai tanah air.

Cinta tanah air menggambarkan sebuah nasionalisme. Dan cinta tanah air bisa berupa contoh kecilnya seperti mencintai produk Indonesia  (bukan produk luar) dan juga  budayanya.

Berikut ini contoh poster cinta tanah air:

  • “Aku Cinta Produk Indonesia”
  • “Membayar Pajak Bukti Cinta Tanah Air”
  • “I Love You Indonesia”

12. Contoh Poster Layanan Masyarakat

Poster contoh layanan masyarakat  bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat layanan masyarakat dari sebuah lembaga atau instansi.

Berikut ini contoh poster layanan masyarakat:

  • “Punya Balita? Ditimbang di Posyandu Yuk..”
  • “Sayangi Buah Hati Anda dengan Campak Imunisasi ke Klinik”

13. Contoh Poster Acara

Poster acara atau kegitan sering kita jumpai, entah di sekolah SD sampai sekarang. Baik acara umum ataupu sebaliknya.

Poster acara biasanya sangat menarik perhatian, apalagi acara musik dengan bintang tamu artis idola para pembaca.

Tapi di sini maksud acaranya sangat bermacam-macam seperti musik, pameran buku, dan lain-lain.

Berikut ini contoh poster acara:

  • “Reuni Akbar 20 Tahun Alulmni 95”
  • “Festival Budaya Sunyaragi”
  • “Music  Festival Guest Star Sheila On 7”
  • “Ice Ace Competetio”
  • “Lomba Poster Tema Health
  • “Jakarta Food Theater”
  • “Diskusi Literasi Bersama Eka Kurniawan’

14. Contoh Poster Bahasa Sunda

Jangan salah kira, poster juga tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris saja.

Poster juga bisa dibuat dengan menggunakan bahasa Sunda. Bahkan poster pilihan desa atau yang lainnya juga ada yang menggunakan bahasa Sunda.

Poster bahasa Sunda ditulis menggunakan aksara sunda loh.

Berikut ini contoh poster bahasa Sunda:

  • “Piceun Runtah Kana Tempatna Generasi Milenial Kudu Eling Kana Kabarsihan”
  • “Pareuman Rokok Saacan Rokok Maehan Maneh”
  • “Rabu Nyunda. Hayu Urang Ngamumule Basa Sunda”

15. Contoh Poster Bahaya Merokok

Sudah kamu ketahui kan kalau merokok itu bahaya untuk kesehatan. Terutama paru-paru. Banyak sekali efek samping dari merokok.

Poster Bahaya merokok dibuat untuk memberi peringatan agar perokok bisa lebih mencintai dirinya dibanding  merusaknya.

Berikut ini contoh poster bahaya merokok:

  • “Rokok Kamu Membunuh Kamu & Orang Di Sekitar Kamu”
  • “Stop Merokok Ingat Bahayanya”
  • “Di Larang Merokok”
  • “Asap Rokok Jangan Dibagi-bagi”
  • “Berhenti Merokok Sebelum Rokok Membunuh Jantungmu”
  • “Jangan Coba-Coba Merokok”

16. Contoh Poster Air

Poster ini dibuat dengan maksud untuk mengingatkan dan mengajak kamu untuk lebih menghemat air.

Berikut ini contoh poster air:

  • “Hemat Air”
  • “Tutup Keran Air”
  • Save Water. Aku Akan Menjagamu Jika Kamu Mau Menjagaku”

17. Contoh Poster Kampanye

Contoh poster kampanye ditempel saat ketika mendekat ke acara kampanye. Poster kampanye mrerupakan poster yang tujuannya untuk mencari simpati kepada para pembaca dan akhirnya memilihnya.

Jenis kampanye sangat banyak. Bisa kampanye pilkada, pemilu, osis, dan lain-lain.

Berikut ini contoh poster kampanye:

  • “Satu Suara Untuk Perubahan”
  • “Ayo Memilih
  • “Pilkada Serentak”

18. Contoh Poster Film

contoh poster

Poster film adalah poster yang dibuat dengan tujuan mempromosikan suatu film tertentu (film yang akan segera tayang).

Kamu pasti selalu update kan dengan poster film ini? Karen poster film biasanya mudah sekali menarik perhatian pembaca.

Sehinga kamu tertarik dan berencana akan menontonnya dihari pertama penayangan.

Berikut ini contoh poster film:

  • “Sang Pemimpin”
  • “Dilan”
  • “Ayat-Ayat Cinta”
  • “99 Cahaya ”
  • “Ada Apa Dengan Cinta”
  • “Perempuan Berkalung Sorban”
  • “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”
  • “Badai Di Ujung Negeri”

 19. Contoh Poster Wanted

contoh poster

Poster ini biasanya dibuat dengan tujuan menginformasikan kehilangan orang atau sedang melakukan pencarian orang.

Berikut ini contoh poster wanted:

  • “Wanted Perempuan Bernama Sarah”
  • “Dicari Orang Hilang Berusia 70 Tahun”

20. Contoh Poster Kelas

contoh poster

Poster kelas ini biasanya dipajang di dalam kelas dan lomba poster antar kelas biasanya sering kali dilombakan. Poster kelas bertujuan untuk  meningkatkan motivasi siswa yang ada di dalam kelas.

Berikut ini contoh poster kelas:

  • “Kebersihan sebagian daripada iman”
  •  “Jadikan Kelas IPA 2 Lebih Baik Dari Kelas Lain”
  • “Sekolah Adalah Rumah Kedua Kita”
  • “Dilarang Makan Di Dalam Kelas”
  • “Ga Ada Kata Terlambat Untuk Belajar”
  • “Stop Mencontek”
  • “Dilarang Mencoret-Coret Meja ”

21. Contoh Poster Riset

contoh poster

Poster riset bertujuan untuk mempublikasikan sebuah hasil dari riset tersebut.  Contoh poster riset juga bervariasi. Poster riser mengundang para pelaku akademik untuk ikut andil dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut.

Berikut ini contoh poster riset:

  • “Seminar Riset dan Inovasi  Bersama Counder Ruang Guru”
  • “Seminar Hasil Penelian Di UI Tahun 2019”
  • “Seminar Nasional Inovasi Hasil Riset Pengelolaan Kekayaan Intelektual”
  • “Seminar Riset Dan Inovasi COSMOS 2019”

22. Contoh Poster Komik

contoh poster

Poster komik ditunjukkan untuk mempromosikan komik tersebut sehingga yang melihat bisa tertarik membeli.

Berikut ini contoh poster komik”

  • “Komik Tahi Lalat”
  • “Komik Si Juki”

23. Contoh Poster Kesehatan

contoh poster

Banyak orang membuat poster kesehatan dengan tujuan untuk mengingatkan kamu sebagai pembaca untuk menjaga kesehatan tubuh maupun kesehatan mental.

Ajakan ini juga berguna untuk  mengajak kamu agar hidup sehat.

Berikut ini contoh poster kesahatan:

  • “Cegah Covid 19 Dengan Mencuci Tangan Setiap Waktu”
  • “Hidup Bersih Hidup Jadi Sehat dengan jangan lupa cuci Tangan”
  • “Yuk, Buang Sampah Pada Tempatnya”
  • “Ayo Gosok Gigi Agar Mulut Bersih ”

Nah, itulah contoh-contoh poster. Gimana menarik bukan? Bisa kan kamu membuatnya? Tahukan titik letak perbedaannya?

Simpulan dari materi di atas, jadi poster adalah karya seni dalam bentuk desain grafis, yang menggabungkan antara gambar berbentuk ilustrasi.

Gabungan antara huruf, berbentuk kalimat yang bersifat mengajak, mengingatkan dan juga bisa dengan kalimat larangan.

Poster harus diibuat menarik dengan menggunakan kata-kata yang singkat, padat jelas.

Related Posts