contoh pidato

Contoh pidato seringkali dibutuhkan untuk tugas bagi seorang pelajar. Sebagai pelajar, kamu tentu sudah mengenal apa itu pidato.

Namun tidak semua orang paham membuat dan menyusun pidato yang baik dan benar. Kegiatan ini dipraktikkan di depan khalayak ramai.

Pidato yang dipaparkan tersebut adalah suatu ide ataupun gagasan. Di dalam teks pidato terdiri dari isi dan penutup. Sedangkan di bagian isi pidato mengikuti tema yang dipakai, misal hari pahlawan, maka pidato berkaitan dengan pahlawan.

Ada banyak contoh teks pidato dengan macam-macam topik. Sebagai bahan referensi, penulis akan memberikan contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan.

Pengertian Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan membacakan atau mengemukakan sesuatu di depan khalayak umum untuk menyampaikan suatu ide atau gagasan.

Jadi, hal yang disampaikan dalam berpidato adalah sebuah ide atau gagasan. Agar lebih jelasnya kamu perlu memahami berberapa contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan.

Di dalam sebuah teks pidato, hal yang diperlukan adalah pembuka, isi dan yang terakhir adalah penutup.

Di bagian isi pidato, teks pidato juga berbeda-beda menyesuaikan konteksnya. Jika pidato membahas tentang lingkungan, maka isi pidato yang disampaikan adalah hal yang berkaitan tentang lingkungan.

Contoh teks pidato apa saja yang paling sering dibawakan oleh pembaca pidato?

Pidato tentang disiplin, pidato singkat tentang narkoba, pidato perpisahan, pidato singkat tentang kesehatan, pidato tentang kebersihan, pidato tentang pendidikan, pidato tentang hari kartini dan pidato hari pahlawan.

Nah, semua akan penulis sebutkan satu persatu contoh pidato yang informatif menggunakan bahasa Indonesia.

Contoh Poster

1. Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba

contoh pidato

Judul pidato singkat tentang narkoba berisikan teks dengan tema bahaya narkoba. Biasanya kegiatan pidato tersebut seringkali diadakan pada perkumpulan para remaja.

Kandungan teks yang dibahas yaitu seputar bahaya narkoba serta dampai dari penggunaannya yang dilarang.

Agar lebih jelasnya simak contoh pidato singkat tentang narkoba dengan bahasa Indonesia berikut:

Contoh Pidato

Bahaya Narkoba

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati Bapak/Ibu dan adik-adik warga setempat

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wataala, karena atas nikmat dan karunianya kita bisa berkumpul mengikuti acara ini.

Tak lupa pula kita shalawat serta salam kepada baginda tercinta Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam. Semoga tetap tercurah kepada keluarga, para sahabat serta pengikutnya dan kita semua hingga akhir zaman.

Hadirin yang dirahmati Allah Subhanahu Wataala, penggunaan narkoba sangat dilarang karena dapat membahayakan.

Selain dapat membahayakan tubuh, narkoba juga dilarang dalam agama dan aturan negara. Bahaya narkoba tersebut dikarenakan ada kandungan yang dapat membuat penggunanya menjadi kecanduan.

Jika sudah kecanduan dengan narkoba tersebut, maka ketenangan dalam hidup tak dapat dimiliki lagi.

Namun, hanya akan ada kegelisahan yang menghatui diri pengguna narkoba tersebut. Bahkan, jika pengguna narkoba diketahui oleh pihak kepolisian maka akan dikenakan sangsi berupa hukuman sehingga pengguna dapat masuk kedalam penjara.

Dari sekian banyak bahaya yang ada di dalam narkoba, maka jangan sampai kita semua terperangkap. Bagi yang melihat temannya menggunakan narkoba, maka wajib untuk saling mengingatkan atau mungkin menegur kepada kebaikan.

Saat ini, hal yang lebih baik dilakukan adalah melakukan kegiatan positif lainnya dan jauhilah narkoba.

Hadirin sekalian yang dimuliakan, tak banyak kalimat yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini.

Melihat waktu yang diberikan tidak cukup banyak, maka saya meminta maaf atas segala kesalahan dan ucapan yang diucapkan. Saya berharap hadirin semua dapat memaafkan saya dan memakluminya. Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Contoh Pidato Tentang Kebersihan

contoh pidato

Jika judul pidato kebersihan, maka isi teks wajib membahas seputar kebersihan. Berikut contoh pidato kebersihan lingkungan.

Contoh Pidato

Kebersihan Lingkungan

Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah yang maha kuasa yang telah mengumpulkan kita semua di ruangan ini.

Di pagi yang cerah ini akhirnya kita dapat berkumpul dalam keadaan yang sehat. Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya menyampaikan pidato singkat tentang kebersihan lingkungan.

Ada pepatah yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita semua yaitu, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kebersihan sebuah tempat mencerminkan sikap dan prilaku para penghuninya.

Menjaga kebersihan dianggap hal yang sangat penting. Jika kebersihan lingkungan tak bisa dijaga dengan baik maka dampak buruk akan datang menghampiri.

Tempat yang kotor tentu akan mengundang wabah penyakit. Hal tersebut merupakan hal yang tidak diinginkan setiap orang. Selain itu, sikap kita akan menjadi dampak buruk bagi generasi penerus nantinya.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya berpesan agar semua memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga kebersihan.

Coba bayangkan bagaimana jadinya jika kita semua tidak menerapkan kebersihan di lingkungan sekitar, pasti akan dapat mendatangkan wabah penyakit yang tersebar di lingkungan kita. Perlu untuk kita sadari bahwa sehat itu mahal.

Mungkin sampai disini dulu pertemuan kita kali ini karena mengingat waktu yang singat. Sampai disini dulu pidato pendek yang dapat saya sampaikan.

Saya manusia biasa yang tak luput dari kesahalan. Jadi apabila saya salah dalam menyampaikan teks pidato pendek ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Cukup sekian dan terimakasih.

Sampai Jumpa.

3. Contoh Pidato Tentang Pentingnya Pendidikan

contoh pidato

Siapa di dunia ini yang tidak butuh pendidikan? Setiap orang membutuhkan pendidikan, namun terkadang pentingnya pendidikan masih sering di remehkan.

Sehingga masih dibutuhkan pidato mengenai pendidikan agar masyarakat lebih memahami pentingnya pendidikan.

Berikut di bawah ini salah satu contoh pidato singkat mengenai pentingnya pendidikan.

Contoh Pidato

Pendidikan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama mari kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Karena atas rahmat dan hidayah-Nya saya dapat berdiri dihadapan Bapak Ibu sekalian.

Bapak Ibu yang saya hormati,

Saya berdiri di depan anda semua akan membahas mengenai pentingnya pendidikan. Bapak Ibu sekalian, pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan manusia.

Baik perempuan ataupun laki-laki semua berhak mendapatkan pendidikan. Coba Bapak dan Ibu pikirkan jika Bapak dan Ibu tidak bersekolah atau tidak mendapatkan pendidikan? Pastinya akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan dan menjalani hidup.

Dahulu banyak orang tua bahwa pendidikan tidaklah terlalu penting, terutama bagi anak perempuan tidak usahlah menuntut ilmu sampai tinggi.

Itu merupakan suatu pemikiran yang salah Bapak Ibu sekalian. Persaingan hidup di dunia ini dari hari ke hari terus berlanjut Bapak Ibu sekalian, jika anak lelaki kita tidak mendapatkan pendidikan bagaimana ia memimpin keluarganya?

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Lalu bagaimana juga ia menghidupkan keluarganya di tengah persaingan dunia ini? Dan bagi anak perempuan juga pendidikan merupakan hal yang penting. Seorang perempuan kelak ia akan menjadi ibu bagi anak-anaknya.

Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya, jika seoramg ibu tidak berpendidikan bagaimana ia bisa mengajari anak-anaknya? Apa yang ingin ia berikan pada anak-anaknya?

Ini membuktikan bahwa pendidikan seorang wanita itu juga penting. Selaim itu hadirin sekalian, menuntut ilmu juga adalah ibadah dan mendapatkan pendidikan adalah hak semua orang.

Pendidikan bukan sekedar di sekolah saja tetapi juga dimana saja, kapan saja, dari lahir hingga akhir hayat.

Demikian penjelasan dari saya mengenai pentingnya pendidikan, semoga dengan adanya pidato saya ini lebih membuka pikiran bapak ibu sekalian mengenai pendidikan. Sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Hari Pahlawan

contoh pidato

Pahlawan, siapa disini yang tidak kenal dengan pahlawan? Siapa disini yang tidak mengetahui siapa itu seorang pahlawan?

Pahlawan adalah orang yang memperjuangkan kemerdekaan dan kebahagiaan banyak orang tanpa memikirkan dirinya.

Ia rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kesejahteraan banyak orang. Setiap negara, setiap orang, setiap tempat di seluruh dunia ini pasti memiliki pahlawan. Benar bukan? Bagaimana denganmu? Pasti kamu juga mempunyai pahlawan kan?

Di Indonesia, pahlawan sangat dihormati dan sangat dihargai. Kemerdekaan yang Indonesia raih sangat dihargai. Itu semua berkat para pahalawan, maka dari itu di Indonesia dikenal Hari Pahlawan

Berikut di bawah ini salah satu contoh pidato singkat mengenai pahlawan yang biasa disampaikan pada Hari Pahlawan.

Contoh Pidato

Hari Pahlawan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat kepada hadirin semua.

Hadirin sekalian, seperti yang telah hadirin ketahui, sekarang merupakan tanggal 10 November, dan seperti yang telah hadirin ketahui bersama pula bahwa di Indonesia tanggal 10 November ini ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Memang patutlan diingat Hari Pahlawan, karena jasa-jasa pahlawalah dan perjuangan merekalah kita bisa merasakan nikmatnya dan bahagianya hidup dalam kemerdekaan yang bebas dari penjajahan.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya harap anda semua khusunya generasi muda dapat meneladani sifat-sifat para pahlawan. Setidaknya hargailah kemerdekaan ini yang merupakan hasil jeri payah mereka.

Isilah kemerdekaan ini dengan hal-hal positif yang dapat membawa Indonesia lebih maju dan berkembang. Jangan sampai negara imi terjajah kembali karena kelalaian masyarakat yang ada di dalamnya.

Coba hadirin semua bayangkan bagaikana jika kita hidup pada masa penjajahan? Mampukah kita seperti para pahlawan? Relakan kita mengorbankan jiwa raga kita seperti yang dilakukan mereka?

Saya harap apa yang saya ucapkan ini tidak sekedar kata yang sebentar terlintas di pikiran anda, bukan sekedar suara yang masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri.

Namun sebagai pecutan dan peringatan tentang pentingnya karakter dan sifat-sifat para pahlawan pada masyarakat Indonesia setelah kemerdekaan.

Selain itu jangan lupakan jas-jasa pahlawan, berterimakasihlah pada mereka, banyak dari mereka yang berjuang demi kemerdekaan ini namun terasingkan.

Banyak dari mereka yang mengorbankan segalanya demi kemerdekaan namun ia sendiri tidak bisa merasakan nikmatnya kemerdekaan.

Hargailah mereka para pahlawan yang perjuangan dan pengorbanannya sungguh tak ternilai.

Saya kira cukup sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kesalahan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

5. Contoh Pidato Disiplin

contoh pidato

Disiplin merupakan sebuah hal yang sangat penting di dalam kehidupan seseorang. Kedisiplinan seseorang menentukan sifat seseorang itu dalam menjalani kehidupan. Tingkat kedisiplinan seseorang sangat mempengaruhi kehidupan seseorang.

Bagaimana? Apakah kamu sudah memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi?

Di Indonesia tingkat kedisiplinan masih rendah, orang-orang masih belum memikirkan betapa pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan. Sehingga harus terus diingatkan dan dibujuk melalui poster dan pidato.

Di bawah ini merupakan salah satu pidato bertema kedisiplinan. Dengan adanya pidato ini, sekiranya mungkin banyak orang yang sadar akan pentingnya kedisiplinan.

Contoh Pidato

Disiplin

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi,

Hadirin sekalian yang saya hormati, izinkan saya berdiri di depan anda semua untuk saling mengingatkan satu sama lain tentang pentingnya kedisiplinan.

Alasan saya memilih tema ini pada pidato dalam kegiatan kali ini, karena saya mengira bahwa keadaan kedisiplinan masyarakat Indonesia masih berada dalam keadaan kritis.

Kedisiplinan, bagaimana hadirin sekalian memaknai kedisiplinan? Bagaimana hadirin sekalian berpikir dan berdefinisi apa itu kedisiplinan? Pentingkah kedisiplinan dalam kehidupan?

Hadirin sekali, kedisiplinan adalah sesuatu hal yang tak terlihat, hal kecil, sederhana, tak berbiaya namun sangat sulit dilakukan.

Contoh Surat Peminjaman Barang

Saya kira sudah banyak orang dari anak TK hingga orang lanjut usia mengetahui dan lahan apa itu kedisiplinan. Bahkan, ketika ditanya mengenai kedisiplinan mereka mengegahui sangat banyak manfaatnya kedisiplinan bagi kehidupan.

Denvan disiplin hidup menjadi lebih teratur. Meski begitu, mengapa banyak orang Indonesia hanya mengetahui dan mengenal teori? Dalam kenyataan lain lagi urusannya?

Inilah yang harus mesti diperhatikan, nampaknya kini bukan teori dan definisi yang harus ditekankan namun kebiasaan dan pelaksaan yang harus lebih diperhatikan.

Masyarakat harus lebih mengatur waktu, terutama pelajar minimal dalam urusan yang kecil saja seperti ibadah tepat waktu, bangun tidur tepat waktu, dan mengerjakan tugas sekolah secara tepat waktu.

Yakinlah dengan menerapkan kedisiplinan hidup akan menjadi lebih teratur.

Sekolah yang dapat saya sampaikan, kurang lebih konon maklum.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

6. Contoh Pidato Bahasa Indonesia

contoh pidato

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional di negara kita. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa, yang merupakan salah satu simbol negara.

Namun meskipun begitu, masih banyak orang yang belum sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Apakah kamu sudah mengetahui bahasa Indonesia yang baik dan benar sepenuhnya? Apakah kamu sudah bisa membedakan kata mana yang baku dam mana yang tidak? Bisakah kamu mencantumkan atau menulis sesuai dengan EYD yang tepat?

Pastinya belum kan? Penulis akui bahwa itu memang sulit bahkan bagi penulis sendiri, namun itu bukan berarti kita terus membiarkan kesulitan itu terus ada bukan? Kita bisa terus belajar untuk menambah ilmu pengetahuan kita.

Dengan adanya salah satu pidato pendek mengenai bahasa Indonesia, diharapkan dapat menambah minat dan keinginan masyarakat Indonesia dalam mengetahui bahasa Indonesia lebih lanjut dan lebih jelas lagi..

Dibawah ini adakah contoh pidato singkat mengenai pentingnya Bahasa Indonesia

Contoh Pidato

Bahasa Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi, dan salam sejahtera bagi kita semua

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat dan rahmatnya kita dapat berkumpul di sini, dengan keadaan sehat walafiat.

Tak lupa shalawat dan salam selalu tercurah kepada Nabi besar kita Muhammad SAW. Kepada keluarganya, sahabatnya, serta umatnya hingga akhir zaman.

Hadirin sekalian,

Izinkan saya berdiri dihadapan anda semua untuk menyampaikan beberapa pesan mengenai pentingnya bahasa Indonesia.

Hadirin sekalian, bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan di negara kita yang tercinta ini. Bahasa Indonesia juga merupakan salah satu simbol negara yang mesti kita jaga dan kita lestarikan.

Saya perhatikan masih banyak penggunaan bahasa Indonesia masih kalah, dan tidak sesuai dengan semestinya. Banyak pula penggunaan bahasa Indonesia yang masih dicampur dengan bahasa daerah.

Melekatnya bahasa daerah dalam masyarakat Indonesia itulah yang membuat sulit untuk menggunakan bahasa Indonesia yang benar.

Baik dari segi pemakaian atau dari segi logat masih banyak kesalahan. Hal inilah yang kedepannya mesti lebih dikurangi.

Jika kita masyarakat Indonesia sendiri menggunakan bahasa Indonesia dengan salah, maka siapa yang akan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar? Apakah bangsa luar? Apakah masyarakat luar?

Saya harap apa yang saya katakan disini dapat disimak dan dipikirkan dengan baik. Kedepannya saya harap penggunaan bahasa Indonesia lebih benar dan lebih baik digunakannya.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kesalahan dan kata yang kurang berkenan. Akhir kata saya ucapkan

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

7. Contoh Pidato Bahasa Jawa

Bahasa Jawa adalah bagian dari bahasa Indonesia. Bukan hanya bahasa Indonesia tetapi bahasa Jawa adalah salah satu bahasa yang populer di Indonesia. Banyak pidato’pidato yang dibuat menggunakan bahasa Jawa.

Berikut ini contoh pidato bahasa Jawa.

Contoh Pidato

Pendidikan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 Para tamu lan Bapak lan Ibu , kula hormati.

Ngidini aku yen arep nyatakake pentinge kejujuran.

sepisanan ayo ndedonga kanggo puji lan syukur ka Gusti anu Agung.

Para tamu lan pimpinan, akeh wong sing nganggep pentinge kejujuran. Kejujuran minangka perkara cilik sing asring dilalekake.

Akeh wong sing ujar yen kejujuran iku pancen gampang, nanging bukti kasebut isih akeh tumindak sing ora jujur ing komunitas.

Sampeyan ujar kejujuran iku sawijining perkara sing gampang? Nanging kenapa isih asring rampung? Cukup conto sing gampang yaiku saben tes isih akeh siswa sing ngapusi. Iki mbuktekake tingkat kejujuran sing isih lemah ing masyarakat.

Iki minangka perkara sing kudu dianggep. Ora mung dadi pendhidhikan nanging ingendi karakter bisa dibangun lan ora mung teori.

Muga-muga ing kejujuran mbesuk ing sekolah lan ing masyarakat saya tambah akeh. Elinga, kabeh kejujuran minangka kunci sukses. Mula sepisanan ora ana wong sing ora jujur sedina, dheweke uga bakal tiba.

Yaiku sing dakkandhakake. Iki minangka pesen moral sing bisa dakcritakake kanggo kabecikan urip ing mbesuk.Muga-muga bisa migunani. Nyuwun sewu kesalahan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

8. Contoh Pidato Perpisahan

Perpisahan adalah hal yang pasti dialami oleh setiap orang. Siapa disini yang tidak pernah mengalami perpisahan? Dengan teman? Dengan sahabat?

Semua pasti pernah mengalami perpisahan, baik perpisahan dunia yang bersifat sementara ataupun perpisahan selamanya yaitu kematian.

Momen perpisahan adalah momen yang sangat berkesan bagi kebanyakan orang. Perpisahan adalah momen dimana orang-orang yang selama ini bersama kita kini berpisah dan tidak bersama kita.

Ketika perpisahan pasti ada sebuah pidato perpisahan yang disampaikan dalam sebuah momen perpisahan. Pidato tersebut biasanya berupa kesan-kesan dan ucapan perpisahan.

Di bawah ini, salah satu contoh pada momen perpisahan.

Contoh Pidato

Perpisahan Sekolah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, yang saya hormati dan saya sayangi Bapak/Ibu guru beserta orang tua siswa yang hadiri disini, serta tak luoa teman-teman seperjuangan yamg saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan rahmatnya kita dapat berada di sini, di acara perpisahan sekolah ini.

Tanpa terasa akhirnya kami semua kelas 9 harua pergi sari sekolah yang kitaccintai ini untuk melanjutkan pendidikan.

Di acara perpisahan ini, izinkan saya mewakili teman-teman menyampaikan maaf dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada guru-guru kami tercinta yang telah mendidik kami selama kami bersekolah di sini.

Terimakasih telah mendidik kami selama ini, dan mohon maaf atas segala kenakalan yang kami lakukan selama kami bersekolah di sini.

Kami yakin hati Bapak/Ibu guru sekalian penuh dengan maaf bagi kami semua, dan kepada teman-teman sekalian, terimakasih juga telah berjuang bersama-sama dan maaf jika selama ini ada kata dan perbuatan yang kurang berkenan di hati teman-teman sekalian.

Cukup sekian untaian kata perpisahan yang dapat saya sampaikan, semoga perpisahan ini bukan perpisahan selama-lamanya. Semoga kita masih dapat berjumpa kembali. Terimakasih atas perhatiannya

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

9. Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Judul pidato mengenai kesehatan berisi mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat.

Akhir-akhir ini hal yang sedang ramai diperbincangkan adalah mengenai menyebarnya virus COVID-19.

Dibawah adalah contoh pidato mengenai menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kekebalan tubuh untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Contoh Pidato

Covid-19

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera kepada kita semua,

Semoga kita semua yang berada di sini berada dalam keadaan sehat walafiat. Aamiin

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi karena atas berkat dan rahmatnya lah kita dapat berkumpul disini.

Hadiri sekalian, berdirinya saya di depan anda semua adalah untuk mengingatkan akan pentingnya menerapkan polah hidup sehat. Hadirin sekalian, akhir-akhir ini COVID-19 telah menjadi pandemi di dunia.

Menurut berita yang saya dengar, COVID-19 menang bisa menyerang siapa saja, namun bisa disembuhkan.

Dikatakan bahwa banyaknya kasus kematian karena virus ini adalah karena di dalam diri seseorang tersebut ada penyakit bawaan terutama penyakit paru, jantung, dan diabetes. Ini artinya kuat tidaknya kita menahan virus itu tergantung dari pola hidup kita.

Jika kita menerapkan pola hidup sehat bagaimana kita bisa mempunyai penyakit bawaan? Selain itu dengan menjaga pola hidup sehat, daya tahan tubuh kita juga akan semakin kuat untuk menahan virus.

Bagaimana? Benar bukan. Mulai sekarang coba kita tingkatkan pola hidup sehat kita. Rajin mencuci tangan, hindari memegang panca indra jika tangan kotor, rajin berolahraga, dan banyak minum air putih.

Insyaallahjika daya tahan tubuh kita kuat, maka virus pun akan bisa kita lawan dengan kekebalan tubuh.

Kiranya sekian yang saya dapat sampaikan. Ingat juga untuk selalu menjaga kebersihan dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

10. Contoh Pidato Pendek Bahasa Sunda tentang Kartini

Contoh pidato kartini biasanya disampaikan pada hari nasional kartini. Berikut ini contoh pidato Kartini dalam bahasa Sunda:

Contoh Pidato

Kartini

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur alhamdulillah, abdi panjatkeun kehadirat Allah Subhanahu Wataala anu tos mikeun abdi kasehatan serta kakuatan pikeun ngariung di tempat ieu Ibu guru sareng rencang-rencang saparjuangan ayeuna abdi baris berpidato ngeunaan Kartini.

Saha nu teu apaleun Ibu Kartini? Pastina sadayana apal. Anjeunna nyaeta inohong pahlawan wanoja anu memperjuangkeun hak asasi dina kaum wanoja.

Komo, anjeunna ngadegkeun sakola pikeun wanoja. Komo hiji karya na nyaeta buku “habis gelap, terbitlah terang”.

Seep kesusahan pasti aya kemudahan. Anjeunna anu memperjuangkan hak wanoja. Anjeunna menginspirasi abdi utamana kaum wanoja.

Mangka, talatah ti kuring jadilah kartini di mangsa ayeuna tarutama ka rumaja wanoja Indonesia. Merdeka Indonesia.

Sakitu biantara ti kuring, muga-muga tiasa menginspirasi kuring sadayana pikeun berkarya, berinovasi dan berkreasi. Muga mere mangpaat.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

11. Contoh Pidato Pendek Lucu dan Menghibur

Ciri-ciri pidato lainnya juga ada yang bersifat menghibur. Contoh pidato lucu dan menghibur juga dapat disampaikan di khalayak ramai. Berikut contohnya:

Contoh Pidato

Jomblo

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji Syukur marilah kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wataala, karena rahmat dan hidayahnya kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Salawat serta salam tetap tercurah kepada junjungan Nabi Agung Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam, kepada keluarganya, sahabatnya dan kita sebagai umatnya. Aamiin.

Jika berbicara soal remaja, tentu tak jauh dari yang namanya cinta. Mulai dari jatuh cinta, jadian, putus, nyambung lagi, putus lagi, sama halnya dengan lirik lagu putus nyambung. Ternyata tidak  hanya pada makanan yang mempunyai rantai makanan, dalam hal cinta juga demikian.

Seorang yang tidak mempunyai pacar disebut sebagai jomblo. Para jomblo juga disebut sebagai orang yang tidak laku.

Sehingga munculnya taglinenya si Pacoong (pacoong hantu bohongan yang kini hits di twitter) yang menyebutkan kalau “jomblo itu nasib, single itu prinsip”.

Dalam agama islam tidak ada istilah pacaran. Sebab, pacaran merupakan budaya barat yang diadopsi oleh orang yang tidak bertanggung jawab jika mereka memahami asal-usulnya.

Lalu, bagaimana dengan nasib para jomblo? Tentu mereka merasa bersyukur karena Allah telah menjaga dirinya dari perbuatan zina.

Jadi, kepada teman-teman sekalian, rajinlah menabung di warung dan tidak sombong. Sekian pidato ini saya sampaikan. Terlebih dan kurangnya saya mohon maap.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nah, itulah beberapa contoh judul pidato singkat yang menarik dan tidak membosankan dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Sunda.

Pidato-pidato dengan tema tersebut adalah tema pidato yang sering digunakan di kalangan masyarakat saat ini..

Bagaimana menarik bukan? Semoga bermanfaat dan dapat digunakan dalam aktivitas kamu di sekolah, di masyarakat dan di manapun kamu berada.

Jangan lupa untuk selalu menghormati pidato dan menghargai orang yang berbicara. Sebab, kamu akan mendapatkan hal-hal positif dari apa yang disampaikan pembaca pidato tersebut. Apapun yang disampaikan akan menjadi lebih bermanfaat.