10 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan, Via Email Yang Baik dan Benar

Contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar akan kamu temukan di sini. Daftar riwayat hidup ini jangan kamu anggap sepele yaa.

Selain memberikan informasi dan kualifikasi, daftar riwayat hidup yang menarik dapat menjadi nilai plus bagi kamu dibandingkan pelamar yang lain.

Karena daftar riwayat hidup sangat berpengaruh dalam penilaian HRD. Usahakan buat semenarik mungkin yaa.

Maka dari itu, di sini penulis menyediakan contoh daftar riwayat hidup yang bisa dijadikan referensi.

Yuk, langsung aja bahasa materi tentang contoh daftar riwayat hidup di bawah ini!

Daftar Isi

Apa Itu Daftar Riwayat Hidup?

Daftar riwayat hidup merupakan biodata diri yang isinya mengenai riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan daftar keahlian.

Daftar riwayat hidup dibuat untuk mempromosikan diri kepada HRD agar bisa diterima di perusahaan tersebut.

Daftar riwayat hidup sering digunakan untuk melamar kerja baik di perusahaan Start Up, BUMN, keperluan untuk CPNS dan lain-lain. Dan setiap perusahaan permintaannya pasti akan berbeda-beda.

Daftar riwayat hidup bisa dibuat dengan dua cara, yaitu:

  • Tulis tangan dikertas folio menggunakan bolpoin (pulpen) hitam atau biru yang nantinya akan menjadi bentuk hardcopy, dan
  • Tulis disoftware microsoft word dan akan menjadi bentuk (doc) yang biasanya sering digunakan untuk kepentingan melamar via email (softcopy).

contoh daftar riwayat hidup

Perlu diketahui yaa, daftar riwayat hidup dibuat bukan semata-mata tanpa bertujuan. Supaya kamu tidak semakin penasaran, inilah tujuan pembuatan daftar riwayat hidup:

  • Daftar riwayat hidup atau resume bagi pelamar pekerjaan isinya menggambarkan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Daftar riwayat hidup secara umum dibuat untuk melamar sebuah pekerjaan. Selain itu, bisa untuk keperluan mendaftar beasiswa, seminar, lomba-lomba, magang dan lain-lain.
  • Bukan hanya itu, daftar riwayat hidup juga biasanya digunakan sebagai lampiran pendukung ketika kamu mengirim sebuah tulisan baik ke surat kabar yang berbentuk opini, cerpen atau artikel dalam bentuk buku ke penerbit.
  • Daftar riwayat hidup, bagi perusahaan yang membuka lowongan kerja merupakan cara untuk mempermudah saat mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki hubungan dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

100 Contoh Poster Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Narkoba Paling Berkesan

Daftar Riwayat Hidup

Jarang sekali orang mengetahui, kalau daftar riwayat hidup ternyata ada 2 macam. Sebelum kamu membuat daftar riwayat hidup.

Yuk, kamu pahami dulu. Supaya kamu bisa tahu, daftar riwayat hidup mana yang sebaiknya digunakan:

1. Berdasarkan Urutan Kronologis

Daftar riwayat hidup yang satu ini, sering digunakan oleh kebanyakan orang dan paling menarik bagi HRD.

Jenis daftar riwayat hidup yang satu ini lebih mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis.

Lalu bisa juga digunakan bila kamu mempunyai tipe pekerjaan yang sama sepanjang karir kamu.

Daftar riwayat hidup semacam ini, akan memperlihatkan perkembangan karir kamu (dari tahun ke tahun).

Maka tidak aneh jika daftar riwayat hidup seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya dimulai dari pengalaman kerja paling baru.

2. Berdasarkan Keterampilan

Nah, kalau jenis daftar riwayat hidup ini lebih fokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja.

Jadi, fungsinya itu untuk meyakinkan pihak HRD perusahaan bahwa kamu itu memiliki keterampilan yang dibutuhkan sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Biasanya daftar riwayat hidup ini lebih cocok untuk kamu para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

3. Poin Penting Saat Membuat Daftar Riwayat Hidup

Contoh daftar riwayat daftar hidup memiliki poin penting saat membuat daftar riwayat hidup, berikut akan penulis paparkan secara jelas:

  • Contoh Daftar Riwayat Hidup Berdasarkan Identitas Diri

Identitas diri merupakan hal yang paling utama dituliskan dalam daftar riwayat hidup.

Biasanya identitas diri isinya tentang nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, status pernikahan, email, dan nomor telepon yang aktif.

Note: Buat alamat email, sebaiknya kamu membuat sesingkat mungkin (intinya jangan berlebihan).

Maksud email yang berlebihan itu dengan menambahkan kata-kata seperti ganteng, cantik, dan sebagainya.

Karena biasanya dari format alamat email tersebutlah, perusahaan sudah bisa menilai kualitas diri kamu.

Beberapa di bawah ini contoh email yang baik dan yang berlebihan:

  1. Contoh email yang baik: asepsulaeman@gmail.com
  2. Contoh email yang berlebihan: asepsulaemanganteng22@gmail.com
  • Contoh Daftar Riwayat Hidup Berdasarkan Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan biasanya berisi tentang jenjang pendidikan yang pernah kamu tempuh. Terhitung mulai dari jenjang pendidikan pertama sampai pendidikan yang terakhir (lengkap).

Riwayat pendidikan ada dua macam, yaitu pendidikan formal dan nonformal. Untuk pendidikan nonformal kamu bisa tuliskan berupa kursus atau pelatihan, seperti pelatihan bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan masih banyak lagi.

  • Contoh Daftar Riwayat Hidup Berdasarkan Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja di tuliskan kalau posisi kamu sebagai pelamar pernah bekerja di tempat kerja sebelumnya. Sebaiknya cantumkan saja, meskipun jangka waktunya hanya hitungannya tiga bulan.

Hal ini ditulis untuk meyakinkan perusahaan yang kamu tuju, bahwa kamu memiliki pengalaman kerja. Buat kamu yang belum memiliki pengalaman kerja, tenang saja tidak perlu ada data ini yang harus dituliskan.

  • Contoh Daftar Riwayat Hidup Berdasarkan Pengalaman Organisasi

Pengalaman ini dicantumkan untuk menambah penilaian HRD. Kalau kamu tidak memiliki pengalaman kerja tapi memiliki pengalaman organisasi, maka HRD bisa memberikan penilaian ternyata kamu itu orangnya aktif.

Jadi, pengalaman organisasi ini dituliskan jika pelamar belum pernah mempunyai pengalaman bekerja sama sekali, seperti halnya pada kasus fresh graduate.

Nah, ini biasanya pengalaman kerja diganti dengan pengalaman organisasi yang pernah dilakukan. Baik itu posisi kamu hanya sebagai anggota, sekertaris, atau ketuanya.

4. Contoh Daftar Riwayat Hidup Berdasarkan Keahlian Khusus

Hal ini terbilang sangat penting sekali, terutama saat kamu mencantumkan keahlian yang berhubungan dengan posisi kerja yang dilamar.

Keahlian khusus ini yang akan menjadi salah satu hal pertimbangkan dan senjata lirikan (nilai plus) oleh HRD perusahaan.

Oleh karena itu, tidak semua pelamar mempunyai keahlian sama dengan posisi bidang pekerjaan perusahaan. Misalnya: ahli mengoperasikan microsoft office: excel, word, dan powerpoint dengan baik.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Paling Simple

Perhatikan cara penulisan daftar riwayat hidup menggunakan tulis tangan yang baik, rapi, dan benar.

Supaya daftar riwayat hidup yang kamu buat bisa dilirik oleh pihak HRD dan akhirnya kamu bisa masuk tahap selanjutnya.

Berikut ini cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan:

  • Siapkan selembar kertas folio bergaris yang bersih. Pada saat akan membuat daftar riwayat hidup, pastikan kertas yang akan kamu gunakan tidak robek atau terlipat.
  • Siapkan bolpoin hitam atau biru dengan kondisi yang bagus (tidak bocor).
  • Mulailah tulis daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan kamu sendiri (murni).
  • Usahakan kamu tidak membuat coretan yang tidak perlu (satu coretan pun tidak boleh), karena hal ini akan membuat daftar riwayat hidup kamu terlihat tidak rapi.
  • Isi daftar riwayat hidup secara berurut, identitas diri di mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tinggal, dan alamat lalu sambung dengan riwayat pendidikan yang berurutan mulai dari SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi.
  • Usahakan untuk jujur saat mengisi informasi yang ada didalam daftar riwayat hidup. Pastikan informasi yang kamu buat itu data asli berdasarkan keadaan kamu sekarang (jujur apa adanya).
  • Kamu juga bisa mengisi pendidikan nonformal (jika ada) pada daftar riwayat hidup beserta periode tahun masuk dan keluar.
  • Tuliskan juga pengalaman kerja yang pernah kamu miliki. Tapi pengalaman organisasi atau kegiatan sukarelawan (volunteer) juga boleh dicantumkan kalau kamu adalah fresh graduate.
  • Siapkan pasfoto terbaru. Ukuran tersebut biasanya 4×3 (foto formal) untuk jaga-jaga saat perusahaan meminta untuk disertakan pasfoto, nanti kamu bisa menempelkannya di bagian pojok kanan atas surat daftar riwayat hidup.
  • Di akhir daftar riwayat hidup, kamu bisa menyertakan tanda tangan di bagian kanan bawah surat daftar riwayat hidup.
  • Jangan lupa untuk teliti kembali, terutama pada ejaan dan tata bahasa. Saat kamu mulai teliti ulang, kamu harus sambil memperhatikan ejaan, gaya bahasa, dan tata bahasa berasal dari setiap kata yang kamu tulis.
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan bahasa sehari-hari atau tidak baku dan bahkan bertele-tele, gunakan bahasa sesuai dengan PUEBI.
  • Dan gunakan kata-kata yang lebih singkat dan lebih efektif.

Cara Membuat dan Mengirimkan Daftar Riwayat Hidup Via Email

Sebelumnya sudah dijelaskan, bahwa daftar riwayat hidup selain diserahkan dalam bentuk berkas secara offline (hardcopy).

Ternyata daftar riwayat hidup juga bisa dikirim secara online melalui email (softcopy).

Kalau kamu sudah terbiasa mengirim surat dan lainnya melalui email, tentu daftar riwayat hidup dan surat lamaran kerja ini bisa dikirimkan dengan sangat mudah.

Berbeda dengan yang pemula pasti akan mengalami kesulitan. Berikut ini tata cara membuat dan mengirimkan daftar riwayat hidup melalui email:

  • Pertama yang harus kamu lakukan, yaitu membuat email dulu (bagi yang belum punya) email. Kalau sudah, kamu tinggal membuka email tersebut.
  • Pada saat mendaftar email, kamu akan dimintai nomer telefon. Dari nomer yang telah diinput tersebut, tunggu pihak google mengirimkan kode verifikasi untuk login kepada nomer tersebut.

Jadi, fungsi dari kode verifikasi sendiri yaitu proses aktivasi email yang didaftarkan.

Nah, setelah email baru atau lama telah aktif dan bisa digunakan, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  • Masuklah atau proses login email
  • Klik bagiantulis
  • Setelah itu, masukkan alamat email tujuan pada kolom kepada
  • Pada bagian kolom perihal atau subjek, kamu bisa menuliskan Nama_Posisi Kerja_Pendidikan (sesuai permintaan perusahaan, karena tiap perusahaan pasti beda-beda)
  • Kemudian pada bagian kolom tulis email, kamu harus memperkenalkan diri dulu secara singkat dan sopan sesuai yang kamu tulis di surat lamaran kerja
  • Selanjutnya masukkan surat lamaran dan juga daftar riwayat hidup atau CV dalam format doc dengan memilih tombol lampirkan file
  • Terakhir seluruh file yang diminta untuk melamar masuk ke email, kamu hanya perlu mengklik kirim

Beberapa poin di atas bisa kamu jadikan rujukan untuk membuat daftar riwayat hidup tulis tangan.

Kalau kamu mengikuti panduan di atas, pastinya akan menghasilkan daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar.

Untuk lebih jelasnya, akan diberikan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar dalam berbagai bentuk dan versi (sesuai kebutuhan perusahaan).

Perhatikan contoh daftar riwayat hidup dibawah ini:

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan, Via Email

Buat Kamu yang sedang mencari bahan referensi daftar riwayat hidup yang benar. Berikut penulis berikan contoh sesuai kebutuhan masing-masing.

Yuk Simak Sekarang!.

1. Contoh Daftar Riwayat Hidup Terbaru

contoh daftar riwayat hidup terbaru

Sekarang zaman serba modern. Di mana daftar riwayat hidup selalu mengalami pembaharuan dari waktu ke waktu. Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup terbaru:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi

Nama : Cici Suci

Tempat, Tanggal, Lahir : Kuningan, 14 Mei 1997

Jenis Kelamin : Perempuan

Status Perkawinan : Belum Menikah

Alamat Email : cicisuci@gmail.com

Alamat Lengkap : Jl. Cidahu No. 112. Desa Cidahu Kecamatan Sumber. Kabupaten Cirebon

No Handphone : 08754353xxxx

Pendidikan Formal

2011-2015 : S1- Universitas Cirebon jurusan Ilmu Politik

2011-2008 : SMAN 1 Mandirancan

2008-2005: SMPN 2 Mandirancan

2005-2000: SD 02 Cidahu

Pengalaman Kerja

  • Desember 2019 – Sekarang di PT. Pharos sebagai Customer Services
  • Mei 2018-July 2019 di Ayam Golek sebagai Kasir

Kemampuan

  • Bahasa Inggris (Aktif)
  • Customer Services
  • Public Speaking

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat sebagai informasi dan bahan pertimbangan atas surat lamaran yang saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Cici Suci)

2. Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

contoh daftar riwayat hidup

Surat daftar riwayat hidup ini dikhususkan bagi pemula. Para pemula biasanya hanya ingin membuat secara simple tetapi mudah untuk dipahami.

Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup fresh graduate:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Data Diri

Nama: Yuli Agustina

Jenis Kelamin: Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir: Sumedang, 26 Agustus 1997

Status: Lulusan 2019 dari Universitas Bandung

Alamat: Jl. Sumedang No. 35, Jatinangor

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Nomor Handphone: 08329340xxx

Email: yuliagustina@gmail.com

Pendidikan

Universitas Bandung – Akuntans i(2015 sampai 2019)

SMA Negeri 1 Sumedang (2012 sampai 2015)

SMP Negeri 2 Tanjung Sari (2009 sampai 2012)

SD Negeri 1 Tanjung Sari (2004 sampai 2009)

Pengalaman Organisasi

  1. OSIS SMA Negeri 1 Sumedang Jabatan Ketua (2013 sampai 2014)
  2. PMR SMA Negeri 1 Sumedang Jabatan Ketua (2012 sampai 2013)

Minat dan Keahlian :

  1. Senang Berkomunikasi dan Bernegosiasi
  2. Dapat menarik minat lawan bicara
  3. Mudah bergaul

Demikian surat ini dibuat dan diberikan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan fotocopy ijazah serta sertifikat keahlian yang saya punya.

Sumedang, 12 Juni 2019

Hormat saya,

(Yuli Agustina)

3. Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Belum Pernah Bekerja

contoh daftar riwayat hidup belum pernah bekerja

Bagi kamu yang belum pernah kerja bisa mencantumkan pengalaman organisasi sebagai tanda bahwa kamu aktif. Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama: Firman Malik

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 23 Mei 1999

Alamat: Jl.Sudirman No 112, Kedunghalang. Bogor Selatan

No. HP: 08214556 898

Jenis Kelamin: Laki-laki

Agama: Islam

Kewarganegaraan: Indonesia

Status: Menikah

Email: firmanmalik@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

SD Negeri 01 Dramaga
MTS 2 Baranang Siang
SMA Negeri 2 Bogor

PENDIDIKAN NON FORMAL

Kursus Pemrograman Web
Kursus Desain Grafis

PENGALAMAN KERJA

2005 – 2008 Desain Grafis Di Percetakan Print-in
2009 – 20017 Admin Web Melati Bobo

KEMAMPUAN DAN KEAHLIAN
Mampu membuat website dengan bahasa pemrograman PHP
Mampu membuat berbagai desain seperti poster, banner, dan lain-lain

Mampu bahasa Inggris dengan baik (aktif)

Demikian saya buat daftar riwayat hidup ini dengan data yang sebenar-benarnya. Semoga bisa menjadi pertimbangan Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(Firman Malik)

4. Contoh Daftar Riwayat Hidup Dalam Bahasa Inggris

contoh daftar riwayat hidup bahasa inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Kemampuan berbahasa Inggris sering dicari oleh perusahaan sehingga daftar riwayat hidup yang diminta pun harus menggunakan bahasa Inggris.

Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup menggunakan bahasa Inggris:

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DETAILS

Name: Andi Rodiana

Address: Randobawa Ilir Blok Manis. Desa Randobawa – Mandirancan

Date of Birth: Kuningan, May 31th, 1991

Gender: Male

Marital Status: Single

Nationality: Indonesia

Religion: Islam

Cell phone: 08125466xxx

Email: Andirodiana12@gmail.com

EDUCATION

SD Negeri Randobawa

SMP Negeri 2 Mandirancan

SMK 2 Mandirancan

Institut Teknologi Bandung

Professional Experience

Web Design at PT. Sinar Elektro

Fullstack Web Developer at PT. Indonesia Expres

Thus I made this with the correct data. Hopefully this can be taken into consideration regarding this work.

Sincerely,

(Andi Rodiana)

5. Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Paling Singkat

contoh daftar riwayat hidup tulis tangan

contoh daftar riwayat hidup tulis tangan

Daftar riwayat hidup lebih baik dibuat singkat. Hindari kata-kata yang bertele-tele, karena akan membuat HRD jengkel.

Sebab untuk informasi lebih lanjut bisa dijelaskan secara detail pada saat interview. Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup singkat:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Data Diri

Nama: Aida

Jenis Kelamin: Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir: Cirebon, 22 September 1996

Status: Lulusan Terbaru dari Universitas Guna Darma (Administrasi)

Alamat: Depok, Margona 112

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Nomor Handphone: 081123131xxx

Email: aida12@gmail.com

Pendidikan

SD Negeri 1 Depok (1996 sampai 2002)

SMP Negeri 2 Juanda (2002 sampai 2005)

SMA Negeri 1 Depok (2005 sampai 2008)

Universitas Guna Darma -Fakultas Ekonomi (2008 sampai 2012)

Pengalaman Kerja

PT. Garmen sebagai Marketing (2012 sampai 2015)

PT. Mitra Sejahtera sebagai Manager (2015 sampai 2018)

Basa – Basi sebagai Tim Editor ( Agustus 2018 sampai Juni 2019)

Demikian surat daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya juga melampirkan beberapa berkas pendukung untuk bahan pertimbangan lebih lanjut.

Depok, 12 Mei 2019

Hormat saya,

(Aida)

6. Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja di Pabrik

contoh daftar riwayat hidup untuk pabrik

Perusahaan pabrik sering kali merekrut karyawan dengan meminta kandidat melampirkan daftar riwayat hidup dan berkas pendukung lainnya melalui POS.

Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup untuk melamar kerja di pabrik:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

BIODATA DIRI

Nama: Tyas Mesayu

Tempat, Tanggal, Lahir: Gunung Putri, 20 Juni 1998

Alamat: Gunung Putri Blok A. Desa Cibiuk. Kec. Citeureup.Kab Bogor

No Handphone: 0823233xxxxx

Jenis Kelamin: Perempuan

Agama: Islam

Warga Negara: Indonesia

Status: Belum Menikah

Email: Tyasmesayu@yahoo.com

PENDIDIKAN FORMAL

SDN 1 Gunung Putri

SMPN 2 Gunung Putri

SMAN 7 Cibinong

Universitas Airlangga Jurusan Psikolog

PENGALAMAN ORGANISASI

Ketua Paskibra SMAN 7 Cibinong 2013 – 2016

Sekertaris Badan Esekutif Mahasiswa Universitas Airlangga 2013-2015

PENGALAMAN KERJA

PT. Indomie sebagai staff office tahun 2017

Magang Bank BCA sebagai Trainner tahun 2016

KEMAMPUAN DAN KEAHLIAN

Berbahasa inggris dengan pasif

Bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan lancar

Menguasai internet digital marketing

Demikianlah daftar riwayat hidup saya yang saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

(Tyas Mesayu)

7.Contoh Daftar Riwayat Hidup Lulusan SMA Sederajat

contoh daftar riwayat hidup lulusan sma

Daftar riwayat hidup tidak hanya digunakan oleh lulusan dari perguruan tinggi saja. Bahkan lulusan SMA sederajat juga perlu menggunakan daftar riwayat hidup saat akan melamar pekerjaan.

Berikut ini penulis beri contohnya daftar riwayat hidup lulusan SMA sederajat:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Data Diri

Nama: Lisnawati

Jenis Kelamin: Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir: Tasikmalaya, 22 Juni 1995

Alamat: Jl. Ir Suekarno Kasih 2. Blok C. Kota Tasikmalaya

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Nomor Handphone: 081319600xxx

Status: Menikah

Email: lisnawati@gmail.com

Riwayat Pendidikan

2010-2013 SMAN 3 Tasikmalaya

2007-2010 SMPN 4 Tasikmalaya

2001-2007 SDN 2 Cimuncang

1999-2001 TK Alif Ceria

Pendidikan Non-Formal

2014 – 5 bulan kursus bahasa Inggris di English First (Tasikmalaya)

2014 – 3 bulan kursus bahasa Mandarin di Cimuncang

Pengalaman Kerja

2015 Freelance sebagai translator Inggris – Indonesia di PT Sejahtera Maju

2017-2018 sebagai customer services di Kadobox

Kemampuan

  • Kerjasama tim
  • Komunikatif
  • Berjiwa social
  • Microsoft word
  • Microsoft excel
  • Microsoft powerpoint

Demikian surat daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas pendukung lainnya. Atas perhatiannya terima kasih.

Hormat saya,

(Lisnawati)

8. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lulusan SMK

Daftar riwayat hidup ini dibuat oleh lulusan SMK. Lulusan SMK biasanya keterampilannya banyak, karena SMK lebih ke praktik dibanding materi.

Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup tulis tangan lulusan SMK:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Data Diri

Nama: Intan Permata

Tempat, Tanggal Lahir: Solo, 22 Mei 1999

Alamat: Jl. Kemanis, Kelurahan Cikalancing, Kota Solo

Jenis Kelamin: Perempuan

Kewarganegaraan: Indonesia

Agama: Islam

Nomor Handphone: 089697761xxx

Status: Belum Menikah

E-mail: intanpermata@gmail.com

Riwayat Pendidikan

2014-2017 Jurusan Akuntansi SMK Tri Buana

2011-2014 SMPN 2 Solo

2005-2011 SDN 2 Kemanis

2003-2005 TK Bunga 2

Pendidikan Non-Formal

2014 – 5 bulan kursus bahasa Inggris di Tasikmalaya English First

2014 – 3 bulan kursus bahasa Mandarin di Cimuncang

Pengalaman Organisasi

2017 Sekertaris umum OSIS SMK Tribuana

Magang dan Pelatihan

2018 Magang di PT Market Ceria

2016 Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMK Tri Buana

Prestasi

2017 Juara 2 lomba bernyanyi antar kabupaten

2016 Juara 1 Olimpiade Akuntansi SMA/SMK/Sederajat

Pengalaman Kerja

2018 sebagai Staff Akuntan di PT Mitra Indonesia

2017 sebagai Kasir di Indomaret Cabang Solo

Kemampuan

  • Kerjasama tim
  • Komunikatif
  • Berjiwa sosial
  • Microsoft word
  • Microsoft excel
  • Microsoft powerpoint

Demikian surat daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan berkas pendukung lainnya. Atas perhatiannya terima kasih

Hormat saya,

(Intan Permata)

9. Contoh Daftar Riwayat Hidup Umum

Perusahaan juga terkadang ada yang membutuhkan informasi daftar riwayat hidup yang lengkap. Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup lengkap:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama: Ipan

Tempat, Tanggal Lahir: Grogol, 29 Mei 1990

Alamat: Jl.Green Hill, No 12, Tanggerang Selatan

No. HP: 089900776232

Jenis Kelamin: Laki-laki

Agama: Islam

Kewarganegaraan: Indonesia

Status: Belum Menikah

Email: ipan1331@gmail.com

Hobi: Berenang dan tenis meja

KONTAK

Twitter: https//www.twitter.com/ipan/

Facebook: https://www.facebook.com/ipan/

Linkedin: https://www.linkedin.com/ipan12

RIWAYAT PENDIDIKAN

2015-2017 Magister Hubungan Internasional – Universitas Indonesia

2011-2015 S1 – Hubungan Internasional di Universitas Indonesia

2007-2011 MA Negeri 12 Tanggerang

1997-2004 SD Negeri 4 Tanggerang

1994-1997 TK Islam Grogol

PENGALAMAN ORGANISASI

2016-2017 Ketua himpunan alumni mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Indonesia

2015 Sekjen Pergerakan Mahasiswa Indonesia Komisariat Universitas Indonesia

2014 Ketua departmen Humas BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia

2013 Wakil ketua BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia

PENGALAMAN KERJA

2015 – 2017 Bendahara di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia

2013 – 2014 Kedutaan Besar Indonesia di Tiongkok

KEMAMPUAN BAHASA DAN KEAHLIAN
Bahasa Inggris (aktif)

Bahasa Mandarin (aktif)

Bahasa Jepang (pasif)

Leadership

Negoisasi

Kerjasama tim

Demikian saya buat daftar riwayat hidup ini dengan data yang sebenar-benarnya. Semoga bisa menjadi pertimbangan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Ipan)

10. Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja di Perusahaan Media

Daftar riwayat hidup ini sering dicari oleh calon pelamar yang akan melamar ke perusahaan media. Berikut ini penulis beri contoh daftar riwayat hidup di perusahaan media:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama: Adilla Putri

Tempat, Tanggal Lahir: Ciamis, 28 Juli 1995

Alamat: Jl. Darmatunggal, No 11, Yogyakarta

No. HP: 0893435678xx

Jenis Kelamin: perempuan

Agama: Islam

Kewarganegaraan: Indonesia

Status: Belum Menikah

Email: adillaputri@gmail.com

KONTAK

Facebook: https://www.facebook.com/adillaputri12

Linkedin: https://www.linkedin.com/adillaputri

RIWAYAT PENDIDIKAN

2013-2017 S1 – Ilmu Komunikasi di Universitas Gadjah Mada

2010-2013 MA Negeri 3 Yogyakarta

2007-2010 SD Negeri 2 Yogyakarta

2001-2007 TK Islam Terpadu

PENGALAMAN ORGANISASI

2015-2016 Ketua pers mahasiswa Mercusuar Universitas Gadjah Mada

2015 Sekertaris pers mahasiswa di Universitas Gadjah Mada

2014 Staff divisi Humas BEM Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada

PENGALAMAN KERJA

2017 Magang Jurnalistik di Kompas TV

2016 Freelancer Jurnalistik di bagian traveling di Detik Com

KEMAMPUAN BAHASA
Bahasa Inggris (aktif)

Bahasa Mandarin (aktif)

Bahasa Arab (pasif)

KEAHLIAN

Kerjasama tim

Komunikatif

Kritis

Menulis artikel jurnalistik

Demikian saya buat daftar riwayat hidup ini dengan data yang sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Adilla Putri)

Demikian penjelasan tentang contoh daftar riwayat hidup yang seharunya kamu ketahui.

Meskipun contoh daftar riwayat hidup sangat bervariasi tapi setiap perusahaan mempunyai permintaaan yang beda-beda.

Seiring berjalannya waktu, contoh daftar riwayat hidup semakin modern, hal ini bisa dilihat dari kebutuhan perusahaan.

Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pembelajaran yang baik dalam pemahaman contoh daftar riwayat hidup agar HRD bisa mengundang kamu interview dalam waktu yang dekat ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *